Tubing Wringinanom Poncokusumo

Destinasi Malang Tiket Masuk Rp75.000 Adventure Level

Wisata Tubing Wringinanom ini dia salah satu kegiatan ekstrim yang berada di lereng Gunung Semeru yaitu Body Rafting atau Tubing.

Kegiatan ini saat ini menjadi tujuan wisata yang masih tergolong baru di kota Malang yang wajib kamu coba, saat berlibur ke Malang.

Di sana kamu akan disuguhi oleh aliran sungai Amprong yang arusnya begitu deras. Disamping itu, pada hulu sungai juga terdapat Coban Pelangi yang mengalir langsung dari lereng gunung Semeru.

Sebuah pemandangan super indah akan menemani perjalananmu menyusuri sungai dengan melakukan Tubing ini.

Kegiatan ini juga bisa membuat menambah keakraban dengan kerabat, teman atau bahkan rekan kerja.

Wisata Tubing Wringinanom ini juga sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin mengadakan kegiatan bersama rekan kerja untuk merekatkan kebersamaan dan kerjasama tim.

Di jamin selain menantang adrenalin, kegiatan Tubing ini begitu menyenangkan dan bisa menghilangkan stress pekerjaan dan rutinitas harisan.

Bahkan bisa membuat semakin merekatkan hubungan antar keluarga, sahabat bahkan rekan kerja, karena selama perjalanan Tubing, akan banyak membutuhkan kekompakan dan kebersamaan.

Sejarah Tubing Wringinanom

 

Wisata Tubing Wringinanom Poncokusumo adalah olahan destinasi wisata yang berasal dari ide karang taruna setempat. Ide mereka untuk memanfaatkan potensi wisata di daerahnya tersebut ternyata berjalan sukses.

Mereka mendapatkan ide tersebut karena dulunya disana adalah tempat bermain para anak-anak kampung yang berhanyut-hanyutan di aliran sungai dengan menggunakan pelepah pisang.

Ditangan pemuda desa inilah Wisata Tubing Wringinanom Poncokusumo mulai menjadi terkenal secara perlahan.

Lokasi Tubing Wringinanom

 

Lokasi Wisata Tubing Wringinanom Poncokusumo berada pada jarak sekitar 7 km dari pusat kota kecamatan Poncokusumo atau sekitar 3 km dari rest area yaitu Gubuk Klakah, tempatnya para pendaki beristirahat menuju gunung Bromo.

Tepatnya Wisata Tubing Wringinanom Poncokusumo berada di dusun Besuki, Wrininanom, Poncokusumo.

Rute yang bisa kamu lalui untuk mencapai wisata Tubing Wringinanom ini bisa kamu tempuh dari kota malang, menuju ke arah Pasar Tumpang, terus naik ke arah coban pelangi atau ke arah bromo.

Setelah tempat peristirahatan ngadas, kurang lebih 2 Km di kiri jalan ada tempat rafting. Tapi disana hanya untuk rafting, kalau untuk tubing ada di bawah, di Dusun Besuki.

Kalau mau tubing kita harus turun dulu yaitu, kalau dari tumpang, setelah perempatan yang ke kanan ke Poncokusumo, kalau lurus ke arah Coban Pelangi, Bromo, ambil arah lurus.

Kira-kira 10 menit, setelah memasuki gapura Dusun Besuki, Desa Wringinanom, jalannya pelan-pelan, soalnya penunjuk arahnya gak terlalu kelihatan.

Di sebelah kiri jalan ada tulisan kawasan perhutani, wahana wisata tubing, terus di kanan jalan ada tulisannya Ledok Amprong, lansung masuk gang yang terdapat tulisan Ledok Amprong. Hanya satu baris, di tulis di lembar kayu.

Setelah masuk gang, masuk ke perumahan penduduk, terdapat pertigaani, belok kiri, di arah yang ada tulisan ledok amprong.

Sampai di jalan aspal terakhir, dan rumah penduduk terakhir, mulai masuk jalan tanah, cukup lebar untuk mobil, tapi satu arah kalau mobil.

Di kanan sudah nampak perbukitan yang menyejukkan mata. Gak sampai 100 meter, perjuangan menuju ledok amprong di mulai.

Setelah ini jalanan turunan, berupa jalan tanah sampai pintu gerbang tempat wisata. Jika Anda mengendarai motor harus pelan-pelan.

Setelah 5 menit penuh dengan kehati-hatian akhirnya sampai juga di wahana wisata Ledok Amprong, tempat bermain tubing.

Tiket masuk hanya 5 ribu rupiah per orang dengan catatan dapat berubah kapan pun.

Harga Tiket Masuk Tubing Wringinanom

 

Harga tiket masuk untuk bisa menikmati wisata Tubing Wringinanom ini bisa disesuaikan dengan durasi dan fasilitas yang kamu inginkan dan butuhkan.

Untuk lebih lengkap dan jelasnya, kamu bisa melihat keterangan harga lengkap dengan seluruh fasilitas yang akan kamu dapatkan berikut ini.

Harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Namun bisa dipastikan apabila ada perubahan harga, tidak akan jauh dari harga di atas.

Fasilitas di Tubing Wringinanom

 

Fasilitas yang bisa kamu dapatkan di sini tergantung dengan paket yang akan kamu ambi nantinya. Biasanya dalam paket kamu akan mendapatkan snack, makan dan juga minum.

Untuk melakukan kegiatan tubing sendiri, kamu akan mendapatkan fasilitas perlengkapat keamanan yang memadai.

Kamu tidak perlu khawatir dengan perlengkapan keamanan di sini, kamrena bisa dipastikan sudah memenuhi standar keamanan yang ditetapkan.

Kemudian seperti halnya tempat wisata lainnya, di wisata Tubing Wringinanom ini juga terdapat fasilitas umum yang cukup memadai.

Di sana kamu bisa menemukan kamar mandi umum dengan mudah, kamu juga bisa menemukan kamar ganti yang cukup banyak.

Di sana juga disediakan camping ground dan tracking motor trail untuk melengkapi destinasi di wilayah tersebut.

Selain itu, di sekitar kawasan wisata ini terdapat banyak pedagang yang menjual beragam panganan. Mulai dari yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini.

Mengenai harga, Dolaners tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan untuk menikmati Wisata Tubing Wringinanom Poncokusumo pun cukup terjangkau.

Aktivitas di Tubing Wringinanom

 

Tubing

Ditempat ini, terdapat du jalur untuk aktivitas river tubing yang disediakan. Masing-masing memiliki panjang jalur 3 km dan 5 km.

Wisata tubing ini dilakukan dengan memanfaatkan aliran dari Sungai Amprong yang cukup deras. Para pengunjung akan dibekali dengan perlengkapan keamanan selama mencoba aktivitas river tubing di tempat ini.

Instruksi yang diberikan oleh instruktur sebelum berangkat menyusuri aliran sungai juga wajib diperhatikan demi keamanan bersama.

Sebelum memulai aktivitas tubing, dengan menggunakan tub dan peralatan keamanan, para pemandu akan membawa pengunjung menyusuri perbukitan untuk menuju pada titik awal meluncur.

Nah, saat kalian mengikuti kegiatan tersebut nantinya adrenalin kalian akan segera terpacu ketika mulai meluncur ke sebuah aliran sungai yang sangat deras.

Biasanya rute luncuran dibuka sampai 500 m dulu demi keamanan, namun jika ingin lebih pengelola dari karang taruna di wilayah tersebut siap memfasilitasi.

Kuliner

Bagi kamu yang ingin berlibur ke wisata adrenalin Wisata Tubing Wringinanom Poncokusumo tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena pihak wisata biasanya telah mengyertakan fasilitas makan siang dalam setiap paket rafting yang dijual.

Selain itu, di sekitar kawasan Tubing Wringinanom Poncokusumo terdapat banyak pedagang yang menjual banyak macam makanan.

Mulai dari yang sekedar cemilan ringan, makanan berkelas dengan harga tinggi, hingga beragam pilihan minuman pun ada tersedia di wisata satu ini.

Mengenai harga, anda tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan untuk menikmati Wisata Tubing Wringinanom Poncokusumo pun cukup terjangkau.

 

Jam Operasional Tubing Wringinanom

 

Untuk kamu yang berminat mengunjungi wisata Tubing Wringinanom ini bisa mengunjunginya pada hari dan jam-jam berikut ini.

Senin-Kamis: 09.00-15.00 WIB

Jumat: 08.00-15.00 WIB

Sabtu-Minggu: 07.00-15.00 WIB

Jam buka dapat berubah sewaktu waktu tergantung pihak pengelola wisata. Jadi pastikan sebelum anda berangkat menuju ke lokasi, anda sudah melakukan survey dengan browsing apakah waktu tersebut wisata ini buka atau tidak.

Kesimpulan

 

Waktu terbaik mengunjungi wisata Tubing Wringinanom ini adalah saat pergantian dari musim hujan ke musim panas, karena saat itu debit air sungai dalam kondisi yang pas untuk melakukan Tubing.

Tidak terlalu deras dan juga tidak telalu kering. Meskipun sungai yang akan dilalui wisata Tubing ini tidak mengalami surut parah saat musim kemarau, tapi air sungai saat pergantian musim ini adalah yang terbaik.

Jika kamu ingin menikmati wisata Tubing ini, jangan lupa datanglah dengan orang-orang terdekatmu, keluarga, teman, sahabat atau bahkan rekan kerja. Karena kegiatan ini akan semakin seru jika dilakukan bersama banyak orang.

Nah, itu dia sekilas mengenai wisata Tubing Wringinanom yang ada di Poncokusumo, Malang. Bagi kamu yang suka wisata ekstrim, tempat ini sangat Labiru rekomendasikan.

Karena di sini kamu bisa menguji nyali serta berjuang melawan arus yang deras. Jadi, tunggu apalagi? Jika kamu berlibur ke Malang, jangan lupa mampir ke wisata Tubing Wringinanom ini ya.

Paket Wisata di Malang

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Malang