Pantai G-Land

Destinasi Banyuwangi Tiket Masuk Rp15,000 Adventure Level

Pantai G-Land atau biasa juga disebut Pantai Plengkung adalah salah satu tempat yang paling disukai oleh wisatawan asing ketika berkunjung ke Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini dianggap sebagai salah satu surga yang tersembunyi bagi para peselancar di dunia. Hal ini sebab Pantai Plengkung terkenal dengan ombaknya yang tinggi dan menantang. Ombaknya memanjang, tinggi, dan berkecepatan tinggi sehingga sangat cocok untuk berselancar.

Sejarah Pantai G-Land

Sebutan PantaI G-Land untuk Pantai Plengkung ternyata tidak langsung ada. Banyak versi  mengapa pantai ini akhirnya disebut Pantai G-Land.

Versi pertama yaitu huruf "G" berasal dari Grajagan yang merupakan teluk di kawasan pantai ini. Berikutnya huruf “G” dari kata "Green" karena Pantai Plengkung adalah hutan hijau dengan hamparan hutan tropis dan hutan dataran rendah yang masih asri di sekelilingnya. 

Selain itu, huruf "G" berasal dari "Great", yang menggambarkan ombak pantai yang besar dan panjang yang sangat disukai oleh para peselancar. Pendapat lain menyebut Pantai Plengkung "G-Land" karena bentuknya pantai melengkung mirip dengan huruf "G". Meskipun artinya berbeda keindahan dan esensi liburan di pantai tetap sama.

Daya Tarik

Spot Surfing Terbaik Dunia

Setelah Hawai, Pantai G-Land menjadi salah satu spot surfing terbaik dunia. Ombak di Pantai Plengkung tinggi, panjang, dan berkecepatan tinggi. 

Selain itu, berdasarkan tinggi dan rendahnya ombak, ombak tersebut dibagi menjadi tiga kategori yang bisa digunakan oleh peselancar pemula hingga profesional. 

Ombak Besar dan Konsisten

Ombak Pantai Plengkung memiliki kekuatan besar dan konsisten. Dalam satu hembusan ombak ada tujuh gulungan. Hal ini karena Samudera Hindia yang membawa hasil pengaruh  arus Antartika. 

Sudut teluk membuat ombak menjadi sempurna untuk peselancar. Ketinggian ombak bisa mencapai 4-8 meter yang biasanya hanya ada di hawai dan Afrika. Waktu terbaik kedatangan ombak adalah dari April hingga September.

Kombinsi Warna Pantai yang Indah

Pantai G-Land Banyuwangi memiliki kombinasi warna yang indah dan mempesona apabila dilihat dari atas menggunakan drone. Ada pepohonan hijau, hamparan laut biru yang luas, pasir pantai yang halus dan putih, dan bebatuan karang yang memiliki bentuk unik.

Dengan kombinasi ini, pantai ini memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Keindahan juga dapat dinikmati wisatawan dengan melakukan berbagai aktivitas di laut seperti diving dan snorkeling.

Rute

Banyuwangi dan Pantai Plengkung berjarak sekitar 71,9 kilometer dan membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. Untuk sampai ke Pantai Plengkung, pengunjung dapat menggunakan jalur darat maupun laut. Dengan menggunakan transportasi umum seperti bus dari Banyuwangi ke Kalipait. 

Selanjutnya, harus pergi dengan mobil menuju Pos Pancur dan harus parkir mobil. Ada dua cara untuk pergi ke G-Land dari Pos Pancur. Pertama berjalan kaki ke Pantai G-Land yang berjarak sekitar 9 km dan pilihan lainnya menyewa kendaraan khusus yang disediakan Taman Nasional Alas Purwo.

Untuk jalur laut dimulai dari pusat Banyuwangi lalu menuju Grajagan. Dari tempat tersebut bisa menyewa speedboat untuk menyeberangi teluk Grajakan dan menuju Pantai G-Land.

 

Lokasi

Pantai G-Land berada di Taman Nasional Alas Purwo. Kamu dapat memulai perjalanan dari pusat Kota Banyuwangi dan kemudian menuju Kaliapit. Selanjutnya, dapat menuju Pasar Anyar dan Triangulasi. Selanjutnya, kamu akan menuju Pancur. Dari sana, kamu bisa langsung menuju Pantai G-Land.

Kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil, hanya diizinkan sampai Pancur. Dari Pancur ke Pantai G-Land dapat berjalan kaki, sepeda, atau mobil angkutan khusus Pancur-Plengkung

 

Untuk jalur laut bisa mulai dari Kota Banyuwangi, lalu berkendara ke Grajagan. Dari situ, kamu bisa menyewa speed boat untuk menyeberangi Teluk Grajagan untuk langsung menuju Pantai G-Land.

Tiket

Tiket masuk untuk wisatawan lokal dan mancanegara berbeda. Untuk WNI diberikan harga tiket Rp15.000 dan WNA Rp150.000. 

Terdapat biaya tambahan untuk parkir kendaraan. Untuk mobil tiket parkirnya Rp5.000 sedangkan motor Rp3.000.

Fasilitas

Apabila kamu berkunjung ke pantai G-Land terdapat beberapa fasilitas yang bisa kamu gunakan dan sewa. Fasilitas umum seperti toilet, area parkir, penginapan, dan rumah makan.

Sedangkan untuk kamu yang ingin menyewa sepeda untuk berkeliling bisa menyewa seharga Rp20.000. Apabila ingin sewa pink up agar lebih banyak yang bisa dibawa perlu sewa sebesar Rp250.000.

Aktivitas

Surfing

Surfing adalah salah satu yang harus kamu coba saat di Pantai G-Land. Rekomendasi ini khusus untuk mereka yang memiliki minat surfing dan ingin meningkatkan kemampuan.

Jika belum mahir bermain surfing, dapat dengan bantuan instruktur surfing profesional.

Oh iya, tidak perlu bingung jika tidak memiliki peralatan surfing. Banyak tempat untuk menyewa peralatan surfing, termasuk papan selancar dan pakaian.

Bersepeda

Selain surfing, bersepeda adalah pilihan menyenangkan lainnya. Bersepeda di sepanjang pantai yang indah akan membuatnya lebih istimewa. 

Kamu dapat bersepeda hingga jalur menuju Alas Purwo dan bebas menggunakan sepeda pribadi atau sewa. Kamu hanya perlu membayar uang sewa Rp20.000,00 untuk satu jam jika ingin mencoba sepeda sewaan. 

Hunting Spot Foto

Siapa yang tidak tergiur untuk mengambil foto atau selfie dengan latar pantai yang indah?  Kamu bisa juga memotret peselancar juga.

Hasil jepretan kamu pasti akan tuai pujian jika menggunakan bidikan angle yang tepat. Apalagi jika timing shot yang tepat.

Sunset yang Indah

Kamu dapat tinggal di pantai ini hingga sore hari. Salah satu momen yang paling dinanti di pantai ini adalah menjelang senja. 

Pesona senja yang tertangkap mata tidak kalah indahnya dengan pantai lain. Jangan lupa untuk mengabadikan momen indah tersebut untuk menjadi kenangan indahmu.

Jam Operasional

Wisata pantai ini buka dari Senin hingga Minggu, selama hari libur nasional juga. Jam operasional resmi berlangsung dari jam 07.30 hingga 16.00 WIB.

Jadi, kamu bisa datang di hari apa saja untuk sekedar mundur sebentar dari rutinitas harian yang melelahkan. Mengajak teman atau keluarga akan semakin membuat kebahagiaanmu lengkap.

Paket Wisata di Banyuwangi

Kami Memiliki Paket Wisata Lainnya yang Menarik di Banyuwangi