Petik Apel Batu

Destinasi Malang Tiket Masuk Rp25.000 Adventure Level

Kota Batu, merupakan salah satu kota yang paling terkenal di Malang. Bukan tanpa alasan, kota ini memiliki banyak sekali objek wisata yang bisa kamu datangi.

Bahkan kota ini memiliki julukan sebagai kota wisata karena memiliki destinasi liburan yang pas untuk keluarga, teman bahkan rekan.

Selain memiliki objek wisata sejarah, edukasi bagi keluarga, di sini juga menawarkan tentang keindahan alam karena kota Batu sendiri berada dikawasan puncak atau dataran tinggi, sehingga udara yang ada di sini tergolong sangat sejuk bahkan dingin.

Banyak sekali tempat liburan yang menawarkan indahnya alam serta pemandangan di kota Batu, salah satunya adalah Wisata Petik Apel.

Dari semua tempat yang ada dan dijadikan tempat wisata petik apel, kamu bisa memanen buah ini dengan sepuasnya. Bahkan kamu bisa makan langsung di kebunnya.

Selain dapat merasakan langsung nikmatnya memakan buah apel langsung dari pohonnya. Di tempat wisata ini juga memiliki beberapa spot yang bagus untuk dijadikan latar berfoto menarik dan keren.

Sejarah Wisata Petik Apel di Malang

 

Wisata Kota Batu Malang, identik dan terkenal sebagai Kota apel. Sektor pertanian yang terbesar di Kota Batu adalah perkebunan apel.

Dan saat ini perkebunan apel yang tersebar di Kota Batu telah menjadi salah satu obyek wisata favorit, baik untuk pengunjung domestik atau wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Karena buah apel sendiri tida bisa hidup dan berkembang atau berbuah di semua lokasi di Indonesia. Hanya tempat -tempat dengan kondisi tertentu seperti di pegunungan dengan hawa dingin dan sejuk buah ini akan tumbuh dengan maksimal

Memilih destinasi tempat wisata di Malang sebagai sarana refrashing atau liburan tidaklah lengkap jika tanpa mengunjungi wisata agro tourism kebun buah apel.

Tanpa mengunjungi kebun buah apel akan terasa kurang, karena buah apel adalah ikon  dari kota Batu karena disinilah sectra buah apel terbesar di Indonesia.

Walaupun perkembangan dunia pariwisata di malang semakin hari semakin berkembang pesat namun eksistensi kebun apel terus berkembang juga seiring perkembangan waktunya.

Lokasi Wisata Petik Apel di Malang

 

Beberapa lokasi kebuan buah apel yang paling trend untuk di kunjungi di antaranya adalah

Kebun Buah Kusuma Agrowisata, Selain menyediakan kebun buah apel disini anda juga bisa menikmati kebuan buah lainya seperti petuk jeruk, petik strawbery, melihat langsung pengolahan buah apel yang di jadikan beraneka ragam macam olahan dan disini juga terdapat penginapan yang melegenda yaitu hotel kusuma agrowisata.

Wisata ini merupakan destinasi utama untuk paket liburan Malang Batu. Jadi jika kamu menginginkan wisata yang lengkap, kamu bisa memilih untuk ke Kebun Buah Kusuma Agrowisata ini.

Kebun Buah Apel Bumiaji, di kecamatan Bumiaji merupakan wilayah pemerintahan yang paling banyak kebunnya mulai dari sidomulyo, punten, selecta, banaran, gunung sari, punten dan sebagainya.

Namun yang paling trend di area ini dan banyak di kunjungi adalah kebun buah apel Selecta, karena dekat dengan Taman Bunga Selecta.

Kebun Buah Apel Pujon, terletak di barat Kota Batu, kebun buah Madiredo merupakan lokasi petik buah apel yang paling terkenal di Pujon.

Lokasi kebun buah apel pujon dekat dengan berbagai temapt wisata menarik seperti wisata paralayang Malang, Omah Kayu Malang atau Rumah Pohon, cafe sawah, air terjun coban rondo, pasar buah dewi sri, taman pinus bendosari dan sebagainya.

Harga TIket Masuk Wisata Petik Apel di Malang

 

PAX HARGA
2 -10 orang Rp 35.000/orang
11 - 50 orang Rp 30.000/orang
51 - 100 orang Rp 25.000/orang
100 orang up Rp 20.000/orang

 

Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola. Biasanya akan berubah saat waktu musim liburan tiba dan masa panen raya.

Tapi bisa dipastikan jika ada kenaikan atau perubahan harga, harga yang dikenakan tidak akan jauh dari harga di atas.

Fasilitas di Wisata Petik Apel di Malang

 

Fasilitas yang disediakan pada setiap tempat wisata petik apel yang ada di beberapa tempat ini berbeda-beda.

Ada beberapa tempat yang menyediakan fasilitas lain selain memetik buah apel yaitu permainan outbond yang akan menguji adrenalin kamu seperti Flying Fox, ATV, Fun Fishing, Paintball Combat dan masih banyak lagi lainnya.

Namun umumnya, semua wisata petik apel yang ada di Malang ini menyediakan fasilitas umum yang cukup lengkap.

Seperti halnya di tempat wisata lainnya, fasilitas umum yang bisa kamu temukan di wisata petik buah apel ini seperti tersedianya kamar mandi umum yang dekat dengan lokasi petik buah.

Sehingga kamu bisa dengan mudah mencarinya saat sedang berada di kebun buah, dan tidak perlu berjalan terlalu jauh.

Kamu juga bisa dipastikan akan mendapatkan tempat parkir yang cukup luas, bahkan bisa untuk memarkirkan bus rombongan.

Karena wisata petik buah apel ini merupaka wisata favorit yang masih banyak dijadikan wisata kunjungan untuk rombongan banyak orang.

Aktivitas di Wisata Petik Apel di Malang

 

Memetik Sendiri Buah Apel

Di area kota wisata Batu ini ada beragam lokasi untuk memetik sendiri buah apel secara langsung dari pohonnya.

Tentu saja kamu akan di temani oleh pemandu atau tour guide yang mendampingi aktivitas selama di kebun buah ini.

Pemandu tersebut akan menjelaskan proses proses dan cara bertani buah apel dari awal sampai pada fase pemanenannya, termasuk juga pengolahan atau pasca panen yang dilakukan terhadap buah ini.

Prodok – produk olahan buah apel yang beraneka ragam mulai dari keripik apel, selai apel dan berbagai hasil olahan lainnya bisa anda dapatkan sebagai oleh-oleh atau souvenir khas dari kota Batu.

Berfoto dengan latar belakang kebun buah apel yang unik

Selain menikmati kegiatan memetik buah apel secara langsung, dan juga melihat pengolahannya. Di sini kamu juga bisa sekalian berburu foto dengan latar belakang unik.

Yaitu berfoto dengan latar belakang kebun buah apel, ataupun berfoto saat sedang melakukan pemetikan buah apel secara langsung.

Pemandangan yang disuguhkan di kebun buah apel akan menjadi sebuah latar belakang yang selain indah, juga begitu unik dan menarik untuk diabadikan, kemudian dibagian di sosial media.

Jam Operasional Wisata Petik Apel di Malang

 

Untuk jam buka wisata petik apel ini biasanya di buka mulai pagi hari hingga sore hari. Tepatnya pada pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore.

Tentu saja waktu tersebut sudah sangat cukup untuk kamu yang ingin menghabiskan liburan di sini. Karena durasi waktu yang lama tersebut, kamu bisa puas berkeliling dan memetik buah apel di kebuh buahnya langsung.

Kesimpulan

 

Karena buah apel juga memiliki masa panennya. Jadi lebih baik, kamu memesan tempat dulu dan bertanya apakah saat kamu datang nanti, apel yang ada di kebun tujuan mu nanti sudah siap di panen atau tidak.

Hal tersebut perlu kamu perhatikan dan lakukan karena jika tidak, dan kamu mendadak datang tanpa persiapan. Bisa saja kamu datang saat apel di kebun tersebuh belum berbuah, alhasil kamu tidak jadi bisa menikmati wisata petik buah apel ini.

Nah, itu dia beberapa ulasan mengenai Wisata Petik Buah Apel di Malang, yang menjadi wisata wajib yang harus kamu lakukan jika kamu mengunjungi Malang untuk liburan.

Jadi, saat berlibur ke Malang, jangan lupa untuk mampir ke wisata petik buah apel ini ya, agar liburan ke Malangmu menjadi lebih afdol. Selamat berlibur.