Pulau Rinca

Destinasi Labuan Bajo Tiket Masuk Rp5,000 Adventure Level

Pulau Rinca merupakan pulau yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo beserta Pulau Komodo dan Pulau Padar yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Rinca bersama dengan Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Gili Motang merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO.

Pulau ini memiliki luas 198km2. Pulau yang menjadi salah satu bagian dari gugusan pulau di kepulauan komodo ini, ternyata merupakan habitat asli komodo dengan populasi terbanyak kedua setelah Pulau Komodo.

Meskipun luasnya lebih kecil dibandingkan Pulau Komodo, akan tetapi populasi komodo disini lebih mudah ditemui dibandingkan di Pulau Komodo sendiri. Hal ini karena tempatnya yang belum terjamah oleh banyak wisatawan.

Populasi komodo (veranus komodoensis) di Pulau Rinca terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pada Maret 2024, total Komodo yang teridentifikasi sejumlah 1.427 ekor. Jumlah ini bertambah 169 ekor dibanding dengan tahun sebelumnya.

Bukan hanya komodo, di pulau ini hidup juga berbagai jenis binatang seperti babi liar, kerbau, dan burung.

Sejarah

Pulau Rinca telah dihuni manusia selama berabad-abad. Bukti arkeologi menunjukkan bahwa manusia telah tinggal di pulau ini sejak zaman prasejarah. Pada abad ke-19, Pulau Rinca menjadi tempat berburu bagi para pedagang Eropa. Taman Nasional Komodo didirikan pada tahun 1980 untuk melindungi Komodo dan habitatnya.

Lokasi

Pulau Rinca terletak di sebelah barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau ini dapat diakses dengan perahu dari Labuan Bajo, Flores.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk ke Taman Nasional Komodo adalah Rp 300.000 per orang untuk wisatawan domestik dan Rp 2.000.000 per orang untuk wisatawan mancanegara. Tiket ini termasuk akses ke Pulau Rinca dan Pulau Komodo.

Fasilitas

  • Pintu masuk dan loket: Di pintu masuk taman nasional, terdapat loket untuk membeli tiket dan mendapatkan informasi tentang pulau.
  • Pos jaga: Pos jaga terdapat di beberapa titik di pulau untuk memastikan keamanan pengunjung.
  • Jalur trekking: Terdapat beberapa jalur trekking yang dapat dilalui pengunjung untuk menjelajahi pulau.
  • Tempat penginapan: Terdapat beberapa tempat penginapan di pulau, seperti resort dan homestay.
  • Restoran dan kafe: Terdapat beberapa restoran dan kafe di pulau yang menyajikan berbagai macam makanan dan minuman.

Aktivitas

  • Trekking: Trekking adalah salah satu aktivitas yang paling populer di Pulau Rinca. Pengunjung dapat menjelajahi pulau dan menikmati pemandangan alam yang indah.
  • Bertemu Komodo: Pulau Rinca adalah tempat yang tepat untuk melihat Komodo di habitat alaminya. Pengunjung dapat mengikuti tur trekking dengan pemandu yang berpengalaman untuk melihat Komodo.
  • Snorkeling dan diving: Pulau Rinca memiliki terumbu karang yang indah yang dapat dijelajahi dengan snorkeling dan diving. Pengunjung dapat melihat berbagai macam ikan dan biota laut lainnya.
  • Berjemur: Pulau Rinca memiliki pantai berpasir putih yang indah di mana pengunjung dapat berjemur dan bersantai.
  • Menikmati pemandangan: Pulau Rinca menawarkan pemandangan alam yang indah yang dapat dinikmati dari berbagai titik di pulau.

Jam Operasional

Taman Nasional Komodo buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

Paket Wisata di Labuan Bajo

Kami Memiliki Paket Wisata Lainnya yang Menarik di Labuan Bajo