Lawang Sewu

Destinasi Semarang Tiket Masuk Rp30,000 Adventure Level

Semarang, ibukota Jawa Tengah, terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya yang menarik. Dari wisata kuliner yang menggoda selera, wisata alam yang memukau, hingga wisata sejarah yang sarat nilai budaya. Salah satu ikon wisata bersejarah di Semarang yang tak boleh dilewatkan adalah Lawang Sewu.

Lawang Sewu, yang dalam bahasa Jawa berarti "seribu pintu", merupakan bekas kantor pusat Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS), perusahaan kereta api Hindia Belanda. Bangunan megah ini didirikan pada tahun 1907 dan menjadi saksi bisu perkembangan kota Semarang selama lebih dari satu abad.

Keunikan arsitektur Lawang Sewu dengan gaya arsitektur Indische Empire dan Art Deco, menjadikannya salah satu landmark paling terkenal di Semarang. Tak hanya itu, Lawang Sewu juga menyimpan cerita-cerita mistis yang menarik untuk ditelusuri. Konon, di gedung ini terdapat banyak penampakan hantu, terutama di malam hari.

Sejarah Lawang Sewu

Lawang Sewu, ikonik dengan julukan "Pintu Seribu", merupakan saksi bisu perjalanan panjang sejarah Semarang. Dibangun di masa kolonial Belanda pada awal abad ke-20, Lawang Sewu awalnya difungsikan sebagai kantor pusat Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS), perusahaan kereta api swasta Hindia Belanda.

Pembangunan Lawang Sewu dilakukan secara bertahap, diawali dengan gedung C pada tahun 1907. Proses pembangunannya memakan waktu panjang dan akhirnya rampung di tahun 1918. Gedung megah ini dirancang arsitek Belanda, Prof. Jakob F. Klinkhamer dan B.J. Ouendan, dengan gaya arsitektur Indische Empire yang kental.

Lebih dari sekadar kantor, Lawang Sewu menyimpan jejak kelam sejarah perjuangan bangsa. Pada masa pendudukan Jepang, gedung ini dialihfungsikan sebagai kantor Kemutai Ikan Kedelapan Tentara Jepang dan penjara bawah tanah.

Banyak kisah pilu dan misteri yang menyelimuti Lawang Sewu, menjadikannya salah satu destinasi wisata sejarah paling populer di Semarang. Kamu dapat menjelajahi berbagai ruangan di Lawang Sewu, seperti museum kereta api, ruang bawah tanah yang mistis, dan menara observasi untuk melihat pemandangan kota Semarang.

Daya Tarik

  • Arsitektur Unik dan Bersejarah

Lawang Sewu terkenal dengan arsitekturnya yang megah bergaya Art Deco dan Neo Klasik. Bangunan ini memiliki 1.000 pintu dan jendela, menjadikannya landmark ikonik di Semarang.

Di dalam, terdapat lorong-lorong panjang dan ruang-ruang besar yang mencerminkan kemegahan masa kolonial Belanda. Pengunjung dapat merasakan sensasi kembali ke masa lampau saat menjelajahi setiap sudut bangunan bersejarah ini.

  • Sensasi Suasana Mistis

Lawang Sewu memiliki cerita kelam tentang penjara bawah tanah yang digunakan pada masa penjajahan. Konon, banyak arwah yang gentayangan di tempat ini, sehingga memberikan sensasi mistis bagi pengunjung.

Bagi pecinta cerita horor, Lawang Sewu adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi dan merasakan atmosfer menegangkan.

  • Spot Foto Vintage dan Klasik

Dengan arsitekturnya yang unik dan antik, Lawang Sewu menjadi spot foto yang instagramable bagi para pengunjung. Banyak spot foto menarik yang bisa ditemukan di sini, seperti lorong-lorong panjang, ruang-ruang besar, tangga melingkar, dan jendela-jendela besar.

Pengunjung dapat berfoto dengan berbagai gaya dan mendapatkan hasil foto yang keren dan klasik.

Lokasi

Lawang Sewu terletak di Jalan Pemuda No. 17, Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya strategis dan mudah diakses dengan berbagai jenis kendaraan. Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, kamu dapat mengikuti petunjuk arah yang tersedia di Google Maps.

Jika kamu ingin menggunakan transportasi umum, kamu dapat naik Trans Semarang BRT koridor 2 atau 5 dan turun di Halte Lawang Sewu. Jarak tempuh dari pusat kota Semarang ke Lawang Sewu sekitar 3-4 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 15-20 menit.

Tiket

Bagi kamu yang tertarik untuk menjelajahi lorong-lorong megah Lawang Sewu dan merasakan sensasi mistisnya, kamu perlu menyiapkan tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk Lawang Sewu terbilang cukup terjangkau, lho!

Untuk wisatawan domestik, kamu hanya perlu membayar Rp20.000 per orang untuk dewasa dan Rp10.000 per orang untuk anak-anak. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, harga tiketnya dibanderol Rp30.000 per orang.

Fasilitas

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Smoking area
  • Ruang menyusui
  • Ruang PPPK
  • Museum
  • Ruang audio visual
  • Ruang tunggu
  • Ruang bawah tanah
  • Menara informasi
  • Taman
  • Kafe
  • Toko souvenir

Jam Operasional

Lawang Sewu Semarang, ikon wisata bersejarah dengan arsitektur megah, buka setiap hari. Jam operasionalnya mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB. Pengunjung terakhir diizinkan masuk pada pukul 18.30 WIB, jadi pastikan untuk mengatur waktu kunjunganmu dengan baik.

Paket Wisata di Semarang

Kami Memiliki Paket Wisata Lainnya yang Menarik di Semarang