Pura Mangkunegaran

Destinasi Solo Tiket Masuk Rp29,999 Adventure Level

Surakarta atau Solo memiliki beberapa objek bersejarah yang dapat dikunjungi, salah satunya adalah Pura Mangkunegaran. Kompleks istana yang megah ini berfungsi sebagai kediaman resmi Adipati Mangkunegaran.

Sejarah 

Pura Mangkunegaran di Solo, Jawa Tengah, memiliki sejarah panjang yang erat kaitannya dengan Perjanjian Salatiga. Perjanjian ini ditandatangani pada 17 Maret 1757 oleh Raden Mas Said dan Sunan Pakubuwana III, disaksikan oleh VOC dan perwakilan Sultan Hamengkubuwana I.

Perjanjian ini menandai berdirinya Pura Mangkunegaran dan mengangkat Raden Mas Said sebagai penguasa Mangkunegaran I. Ia memerintah wilayah Kedaung, Honggobayan, Matesih, Gunung Kidul, Kedu, Sembuyan, dan Pajang sebelah utara, dan berhak tinggal di Pura Mangkunegaran.

Meskipun di bawah Kasultanan dan Kasunanan, Mangkunegaran merupakan kerajaan otonom dengan wilayah luas dan tentara sendiri sejak 1757 hingga 1946.Pada September 1946, Mangkunegara VIII melepas hak istimewanya dan bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Revolusi sosial di Solo Surakarta (1945-1946) membuat Mangkunegaran kehilangan kedaulatannya.

Daya Tarik Wisata

  • Tour keliling 
  • Spot Photo yang Instagramable
  • Menyantap sajian khas Mangkunegaran

Aturan dan Tips Berkunjung

  • Disarankan datang pada hari rabu/sabtu karena terdapat latihan gamelan dan tari yang dapat dinikmati.
  • Saat memasuki Pendopo Ageng dilarang menggunakan alas kaki dan untuk yang mengenakan topi harap dilepas sampai keluar dari Pendopo Ageng. 

Lokasi Pura Mangkunegaran

Pura Surakarta ini beralamat di Jalan Ronggowarsito, Kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah. Karena terletak di pusat Kota Solo, hal ini menjadikan Pura Mangkunegaran sebagai tempat yang mudah diakses bahkan dengan jalan kaki. Jika tidak ingin jalan kaki wisatawan dapat menggunakan transportasi umum seperti Batik Solo Trans.

 

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk Pura Mangkunegaran tergolong cukup terjangkau untuk suatu destinasi bersejarah, karena harga tiketnya hanya sekitar Rp 30.000,00 untuk wisatawan lokal. Tetapi harga tersebut belum termasuk untuk biaya pemandu (sukarela).

Fasilitas Pura Mangkunegaran

Untuk memasuki PuraMangkunegaran diwajibkan bersama tour guide, hal ini dimaksudkan agar kita mengetahui seluk beluk dari Pura Mangkunegaran dan dapat mengetahui tata aturan yang berlaku di Pura Mangkunegaran. Selain itu dengan didampingi tour guide kita juga dapat mengetahui sejarah Pura Mangkunegaran.

Selain tour guide, didalam Pura Mangkunegaran terdapat beberapa toko souvenir yang menawarkan beberapa item seperti dupa khas Mangkunegaran, batik tulis, wayang, dan sebagainya.

 

Aktivitas Pura Mangkunegaran

Tour keliling Pura Mangkunegaran

Dengan membeli tiket masuk dan didampingi tour guide, wisatawan diarahkan untuk menjelajahi wilayah Kraton Mangkunegaran. Di wilayah Kraton Mangkunegaran sendiri terdapat beberapa bangunan meliputi Pendopo Ageng, Pringgitan, Dalem Ageng, Museum, Taman Sriwedari, Bangal Witana, dll. Dan kesemua bangunan tersebut memiliki sejarah yang menarik untuk diketahui.

Menikmati pertunjukan seni budaya

Di hari-hari tertentu Pura Mangkunegaran mengadakan acara budaya seperti pertunjukan gamelan, pertunjukan tari, dan wayangan. Informasi acara-acara tersebut dapat diketahui melalui akun resmi Pura Mangkunegaran maupun mencari informasi langsung di Kraton Mangkunegaran.

Terdapat banyak spot foto

Pura Mangkunegaran memiliki bangunan yang setiap sudutnya bisa dijadikan spot foto. Hal ini tidak mengherankan karena arsitektur dari Pura Mangkunegaran yang terbilang sangat menarik dan didampingi beberapa properti cantik yang bahkan memiliki umur yang sudah tua.

Menikmati sajian khas Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran belum lama ini tepatnya pada januari 2023 mendirikan Taman Pracima Tuin. Ini bukan taman biasa karena didalamnya terdapat restoran yang menyajikan makanan khas Mangkunegaran. Untuk menikmati sajian khas Mangkunegaran ini diperlukan reservasi terlebih dahulu.

Jam Operasional 

Kraton Mangkunegaran dibuka untuk umum dengan jadwal: Senin, selasa, rabu, jumat, sabtu, minggu : 09.00 - 15.00 WIB dan Senin wage dan kamis : 09.00 - 14.00 WIB. Jadi disarankan untuk kalian datang pada waktu operasionalnya, yaitu pada siang hari.

Paket Wisata di Solo

Kami Memiliki Paket Wisata Lainnya yang Menarik di Solo