Taman Safari Solo

Destinasi Solo Tiket Masuk Rp75,000 Adventure Level

Pernahkah kamu membayangkan melihat langsung hewan-hewan liar dari berbagai penjuru dunia, seperti singa, harimau, gajah, dan jerapah, tanpa harus pergi jauh ke luar negeri? Atau, ingin mengenalkan anak-anak dengan flora dan fauna yang beragam dengan cara yang menyenangkan dan edukatif? Taman Safari Solo, jawabannya! Destinasi wisata edukatif dan rekreasi nomor satu di Solo ini menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi seluruh anggota keluarga. 

Berada di area seluas 13,9 hektar, Taman Safari Solo menghadirkan berbagai wahana seru dan menarik yang akan membuat liburanmu semakin berkesan. Taman Safari Solo merupakan kebun binatang modern yang menawarkan pengalaman interaksi satwa yang tak terlupakan. Di sini, kamu dan keluarga dapat melihat berbagai jenis satwa dari seluruh dunia, mulai dari mamalia, reptil, hingga burung.

Di Taman Safari Solo, kamu bisa merasakan sensasi safari ala Afrika dengan mengikuti tur keliling menggunakan mobil pribadi. Saksikan langsung berbagai hewan liar dari dekat dan pelajari fakta-fakta menarik tentang mereka. Taman Safari Solo adalah pilihan tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Perpaduan edukasi dan rekreasi yang ditawarkan di sini akan membuat liburanmu semakin berkesan.

Daya Tarik

Komodo Island

Di sini, kamu bisa melihat langsung komodo, kadal raksasa yang merupakan salah satu satwa endemik Indonesia. Komodo Island menghadirkan habitat alami komodo, lengkap dengan bebatuan dan vegetasi yang sesuai. Pengunjung dapat mengamati komodo dari jarak aman dan mempelajari informasi menarik tentang satwa ini melalui papan informasi dan edukasi yang tersedia.

Primate Island

Di pulau ini, kamu dapat mengamati berbagai jenis primata dari dekat, seperti orangutan, lemur, dan monyet ekor panjang. Keunikan pulau ini terletak pada konsep habitat terbuka yang memungkinkan pengunjung melihat primata beraktivitas secara alami. Pengunjung dapat memberi makan primata dengan makanan yang telah disediakan, seperti pisang dan kacang-kacangan. Selain itu, pertunjukan primata yang edukatif dan menghibur juga menjadi agenda menarik yang sayang untuk dilewatkan. 

Snack Corner

Snack corner di Taman Safari Solo menawarkan daya tarik yang tak boleh dilewatkan. Beragam pilihan makanan ringan dan minuman, dari jajanan tradisional khas Solo hingga kudapan kekinian, tersedia untuk menemani momen berwisata kamu. Suasana nyaman dan asri di taman yang teduh, dikelilingi pepohonan rindang dan kicauan burung, menambah keseruan bersantap. Pemandangan satwa liar yang sesekali terlihat di kejauhan menjadikan snack corner ini bukan sekadar tempat mengisi perut, tetapi juga menawarkan pengalaman bersantap yang unik dan menyenangkan.

Area Pentas Satwa

Di area ini, pengunjung dapat menyaksikan berbagai pertunjukan menarik yang menampilkan bakat dan kecerdasan satwa, seperti atraksi anjing terlatih, kelincahan burung pemangsa, hingga pertunjukan lumba-lumba yang memukau. Pertunjukan ini tidak hanya menghibur, tetapi juga edukatif, membantu pengunjung belajar tentang perilaku dan habitat satwa. Menyaksikan pertunjukan satwa di Taman Safari Solo merupakan pengalaman tak terlupakan, khususnya bagi anak-anak, membantu mereka mengenal satwa lebih dekat dan menumbuhkan rasa cinta terhadap hewan.

Lokasi Taman Safari Solo

Lokasi Taman Safari Solo terbilang strategis dan mudah diakses dari berbagai penjuru kota Solo. Berada di Jalan Ir. Sutami No.109, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit dari pusat kota Solo untuk mencapainya. Kondisi jalan menuju Taman Safari Solo pun terbilang baik dan mulus, sehingga kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, motor, atau bus dengan nyaman.

Jika kamu tidak memiliki kendaraan pribadi, tak perlu khawatir! kamu dapat menggunakan transportasi umum seperti Bus Batik Solo Trans (BST) koridor 1 jurusan Terminal Tirtonadi-Palur dan turun di halte Taman Safari. Selain itu, ojek online dan taksi juga tersedia untuk mengantar kamu ke Taman Safari Solo dengan mudah dan cepat. Adapun mengenai durasi perjalanan menuju Taman Safari Solo tergantung dari pilihan moda transportasi dan titik keberangkatanmu, Apabila kamu menggunakan BST maka durasi perjalananmu sekitar 30-40 menit dari pusat Kota Solo, sedangkan jika kamu menggunakan ojek online atau taksi maka kamu akan sampai di Taman Safari Solo sekitar 20-30 menit dari titik keberangkatan pusat Kota Solo.

 

Harga Tiket Masuk Taman Safari Solo

Harga tiket masuk Taman Safari Solo dibedakan berdasarkan hari dan jenis tiket yang dipilih. Apabila kamu memilih tiket reguler weekday yang berlaku pada hari biasa (Senin - Jumat) maka anak-anak usia 2-6 tahun dengan tinggi badan maksimal 120 cm dikenai biaya Rp45.000 dan dewasa seharga Rp55.000. Adapun jika kamu memilih tiket reguler weekend (Sabtu - Minggu) maka bagi anak-anak dikenakan harga tiket Rp60.000 dan dewasa Rp75.000.

Selain tiket reguler weekday dan regular weekend, kamu juga bisa memilih tiket premium weekday dan premium weekend. Pada tiket premium weekday (Senin - Jumat), anak-anak usia 2-6 tahun dengan tinggi badan maksimal 120 cm dikenai biaya Rp65.000 dan dewasa seharga Rp90.000. Sedangkan tiket premium weekend (Sabtu - Minggu), anak-anak dikenai harga Rp80.000 dan orang dewasa Rp110.000.

Perbedaan antara tiket reguler dan tiket premium terletak pada manfaat atau benefit yang didapat. Jika membeli tiket reguler, maka tiket tersebut telah mencakup tiket masuk kawasan solo safari, pertunjukkan edukasi satwa, dan interaksi satwa. Adapun jika kamu memilih tiket premium, maka kamu akan mendapat benefit yang sama dengan benefit tiket reguler ditambah dengan benefit mendapat welcome drink & souvenir, akses premium makude restoran, dan buggy car (makunde menuju pintu keluar).

Fasilitas di Taman Safari Solo

Taman Safari Solo merupakan destinasi wisata edukatif dan rekreasi terfavorit di Solo. Taman ini menawarkan berbagai fasilitas lengkap untuk menunjang kenyamanan dan pengalaman pengunjung. Dengan fasilitas lengkap dan beragam aktivitas menarik, Taman Safari Solo menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan.

Pengunjung dapat memarkirkan kendaraannya di area parkir luas yang tersedia, baik untuk roda dua maupun roda empat. Taman Safari Solo juga menyediakan toilet bersih, mushola nyaman, dan area bermain aman dan menyenangkan untuk anak-anak. Pengunjung dengan disabilitas pun tak perlu khawatir, karena taman ini menyediakan akses dan fasilitas ramah disabilitas seperti jalur khusus, toilet, dan kursi roda.

Taman Safari Solo juga tak luput memanjakan lidah para pengunjungnya. Beragam pilihan restoran dan kafe dengan menu makanan dan minuman yang bervariasi tersedia di taman ini. Pengunjung juga dapat membeli souvenir khas Taman Safari Solo di toko souvenir yang tersedia.

Untuk menunjang pengalaman berkeliling taman dengan nyaman, Taman Safari Solo menyediakan kereta wisata yang senantiasa siap mengantar pengunjung berkeliling. Dengan adanya kereta wisata tersebut maka akan memudahkan pengunjung berkeliling taman. Di Taman Safari Solo, juga disediakan klinik kesehatan untuk mengantisipasi adanya situasi darurat yang tak terduga.

 

Aktivitas di Taman Safari Solo

Petting Zoo

Petting Zoo di Taman Safari Solo merupakan salah satu aktivitas favorit para pengunjung, terutama anak-anak. Di area ini, pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan berbagai hewan jinak yang menggemaskan. Hewan-hewan yang ada di Petting Zoo antara lain kelinci, kambing kerdil, kura-kura darat, dan kuda poni.

Pengunjung dapat memberi makan dan membelai hewan-hewan tersebut. Hal ini tentu memberikan pengalaman yang menyenangkan dan edukatif bagi anak-anak untuk mengenal hewan lebih dekat. Selain itu, Petting Zoo juga menyediakan area khusus untuk menunggangi kuda poni, yang pastinya akan disukai oleh anak-anak.

Interaksi Satwa

Taman Safari Solo menawarkan pengalaman tak terlupakan melalui aktivitas Interaksi Satwa. Pengunjung dapat merasakan sensasi langsung berdekatan dan bahkan memberi makan berbagai hewan lucu dan menggemaskan. Di area Petting Zoo, anak-anak dapat bersenang-senang dengan kelinci, kura-kura, domba, dan kuda poni. Aktivitas ini membantu mereka belajar tentang hewan dan menumbuhkan rasa cinta terhadap alam.

Pengalaman Interaksi Satwa tak berhenti di Petting Zoo. Pengunjung juga berkesempatan berinteraksi dengan hewan eksotis seperti burung kakatua, ular piton, dan linsang air. Di bawah pengawasan keeper yang berpengalaman, pengunjung dapat belajar tentang perilaku dan ciri khas hewan-hewan ini. Momen memberi makan dan berfoto bersama hewan-hewan eksotis ini menjadi kenangan tak terlupakan bagi seluruh keluarga.

Interaksi Satwa bukan hanya tentang kesenangan, tetapi juga edukasi. Keeper yang ramah dan profesional akan mendampingi pengunjung selama interaksi dan memberikan informasi menarik tentang hewan-hewan tersebut. Pengunjung dapat belajar tentang habitat, makanan, dan perilaku hewan, serta upaya konservasi yang dilakukan untuk menjaga kelestarian mereka. Interaksi Satwa di Taman Safari Solo merupakan kegiatan edukatif dan menyenangkan yang dapat menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian terhadap hewan dan alam.

Edukasi Satwa

Taman Safari Solo menyediakan berbagai program edukasi satwa yang menarik, seperti Keeper Talk, Animal Show, Feeding Time, dan Meet and Greet. Pengunjung dapat mendengarkan penjelasan dari para keeper tentang perilaku, habitat, dan makanan hewan, menonton atraksi hewan yang menarik, memberi makan hewan secara langsung, dan berfoto serta berinteraksi langsung dengan hewan jinak. Aktivitas edukasi satwa di Taman Safari Solo memiliki banyak manfaat bagi pengunjung, seperti meningkatkan pengetahuan tentang satwa dan habitatnya, menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang terhadap satwa, serta meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kelestarian alam.

Satwa Tunggang

Di Taman Safari Solo, terdapat sebuah aktivitas seru yang dapat dicoba oleh pengunjung, yaitu satwa tunggang. Aktivitas ini memungkinkan pengunjung untuk merasakan sensasi menunggangi berbagai jenis hewan jinak yang telah dilatih dan dijaga kesejahteraannya. Beberapa jenis hewan yang tersedia untuk satwa tunggang di Taman Safari Solo antara lain kuda, poni, dan unta. Kuda dan poni cocok untuk ditunggangi oleh anak-anak maupun orang dewasa, sedangkan unta lebih cocok untuk orang dewasa dan remaja.

Setiap jenis hewan memiliki area tunggangnya sendiri dengan rute yang telah ditentukan. Pengunjung akan didampingi oleh pawang yang berpengalaman untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama aktivitas berlangsung. Selain itu, pawang juga akan memberikan informasi dan edukasi tentang hewan yang ditunggangi.

Jam Operasional

Bagi kamu yang berencana mengisi waktu luang untuk berlibur bersama keluarga ke Taman Safari Solo, kamu perlu untuk mengetahui jam operasional Taman Safari Solo agar momen liburan kamu semakin maksimal. Taman Safari Solo buka setiap hari tanpa terkecuali. kamu bebas memilih hari yang sesuai dengan kesibukan dan waktu luang keluarga untuk menjelajahi peternakan, berfoto dengan berbagai hewan, dan menikmati berbagai aktivitas seru di tempat ini.

Adapun terkait jam operasional Taman Safari Solo, terdapat perbedaan jam berdasarkan harinya yaitu pada hari Senin hingga Jumat  Taman Safari Solo buka dari pukul 08.30 WIB hingga 16.30 WIB. Sedangkan pada hari Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional Taman Safari Solo buka lebih awal, yaitu dari pukul 08.00 WIB hingga 16.30 WIB.

Paket Wisata di Solo

Kami Memiliki Paket Wisata Lainnya yang Menarik di Solo