Gumuk Pasir Parangkusumo

Destinasi Yogyakarta Tiket Masuk Rp5.000 Adventure Level

Yogyakarta merupakan kota yang selalu memiliki ciri khas dan keunikannya sendiri. Baik itu dari masyarakatnya, dari budayanya hingga destinasi wisatanya. Salah satu keunikan destinas wisata di Jogja yang tidak dimiliki daerah lain di Indonesia bahkan di dunia adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Gumuk Pasir Parangkusumo adalah suatu gundukan pasir yang biasanya terletak di dekat pantai yang terbentuk secara alami dalam jangka waktu yang lama.

Hal yang membuat istimewa adalah Gumuk Pasir Parangkusumo ini hanya terdapat 2 di dunia. Yaitu di Mexico dan satu lagi ada di kawasan Pantai Parangkusumo Bantul Yogyakarta. Gumuk Pasir Parangkusumo ini merupakan fenomena alam yang sangat langka dan mengagumkan dan saat ini menjadi destinasi wisata favorit di Jogja.

Saat kamu mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo ini, kamu akan merasakan seperti sedang berada di padang pasir atau seperti sedang berada di gurun pasir yang sangat luas. Yang umumnya berada di belahan bumi timur tengah. Fenomena terbentuknya Gumuk Pasir Parangkusumo ini memakan waktu yang cukup lama yaitu dari aktivitas beberapa gunung yang ada di sekitar Yogyakarta.

Seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu hingga akhirnya tempat tersebut terbentuk menjadi gundukan pasir dan menjadi salah satu tempat wisata yang unik.

 

Sejarah Gumuk Pasir Parangkusumo

Gundukan pasir yang ada di Gumuk Pasir Parangkusumo ini berasal dari letusan abu vulkanik gunung yang terbawa oleh aliran Sungai Opak dan Sungai Progo yang mengalir hingga ke Pantai Parangtritis. Abu vulkano tersebut kemudian akan terbawa oleh ombak dan terombang-ambing hingga terkikis dan berubah menjadi butiran-butiran halus. Setelah abu vulkanik yang telah berubah menjadi butiran halus tersebut akhirnya menepi ke pantai.

Karena proses yang terjadi secara terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga terbentuklah gundukan pasir yang terkumpul di daratan sepanjang pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Hingga kini Gumuk Pasir Parangkusumo semakin hari semakin melebar dan tinggi. Ini di akibatkan oleh tiupan angin secara terus menerus yang ada di daerah tersebut.

Karena adanya proses alam unik yang ada di Gumuk Pasir Parangkusumo membuat selain dijadikan tempat wisata, juga dijadikan sebagai objek penelitian. Bahkan terdapat sebuah rencana yang dibuat oleh Unesco World Heritage dengan memasukan Gumuk Pasir Parangkusumo sebagai fenomena alam yang unik. Dan hanya ada satu-satunya di Asia Tenggara.

Saking uniknya, pasir yang ada di tempat ini merupakan pasir bertipe barchans. Dimana pasir tipe tersebut seharusnya hanya bisa terbentuk di daerah yang memiliki iklim kering,. Tapi pasir tersebut bisa ada di Yogyakarta yang beriklim basah atau tropis.

Karena proses terbentuknya pasir tersebut terjadi terus menerus, hingga kini Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki luar sekitar 2 km. Mulai dari muara Pantai Parangtritis hingga Pantai Depok.

Karena daerah Gumuk Pasir Prangkusumo hanya dipenuhi pasir saja membuat tempat tersebut memiliki suhu yang ekstrim. Dimana pada siang hari suhu bisa sangat panas dan terik, sedangkan ketika malam hari. Suhu beruah menjadi sangat dingin, persis yang biasanya terjadi di Gurun Pasir, Mesir.

 

 

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo

 

Alamat atau lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo ini berada di dekat Pantai Parangtritis,. Yaitu di Jalan Pantai Parangkusumo. Lokasi tersebut berjarak sekitar 1-2 jam perjalanan dari kota Yogyakarta. Tepatnya di Jalan Pantai Pangkusumo, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Cara menuju ke lokasi dari tempat wisata ini, kamu bisa memulai perjalanan dari Jogja menuju ke selatan melalu jalan Parangtritis. Di sepanjang jalan nanti ikuti saja jalan utama sampai kamu menjumpai pintu masuk atau loket masuk ke Pantai Parangtritis.

Tapi sebelum sampai ke pintu masuk Pantai Parang tritis kamu harus belok kanan arah ke Pantai Depok . Dan setelah itu kamu tinggal mengikuti jalan hingga di depan gerbang masuk Pantai Depok. Sampai sebelum gerbang masuk Pantai Depok, kemudian kamu harus belok ke kiri ke arah Gumuk Pasir Parangkusumo.

Setelah belok kiri, nantinya kamu akan melewati pepohonan cemara yang seolah-olah menyambut kedatanganmu. Dari tempat ini, kamu sudah bisa melihat gumuk pasir di tepi jalan.

 

Hargat Tiket Masuk Gumuk Pasir Parangkusumo

 

Sebelum kamu bisa bermain dan menikmati keunikan tempat wisata ini. Kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 5.000 rupiah per orang.

Untuk yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir sebesar 3.000 untuk motor, 10.000 untuk mobil, dan 20.000 untuk bus atau travel.

 

Fasilitas di Gumuk Pasir Parangkusumo

 

Berbicara mengenai fasilitas yang ada di Gumuk Pasir Pasir Parangkusumo ini, karena lokasinya yang berdekatan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Maka selain arah akses ke tempat ini yang mudah, fasilitas yang ada di tempat ini juga cukup memadai.

Di sini kamu bisa menjumpai fasilitas umum seperti tempat parkir yang cukup luas, pos penjagaan, toilet, dan Mushola. yYang bisa dengan mudah kamu temukan dan memudahkan para wisatawan.

Bahkan di sini kamu juga bisa menemukan klinik kesehatan, warung makan, dan toko souvenir dan oleh-oleh hingga penginapan yang berada tidak jauh dari arena wisata Gumuk Pasir Prangkusumo ini.

Selain itu, di tempat ini juga terdapat sebuah museum yang berisikan pengetahuan mengenai fenomena yang bisa membentuk gumuk pasir seperti saat ini. Dan juga Laboratorium yang biasanya digunakan untuk kegiatan penelitian.

 

Aktivitas di Gumuk Pasir Parangkusumo

 

Ada banyak hal bisa dilakukan di tempat wisata unik ini, di mana selain menikmati keindahan alam yang ada di sekitar Gumuk Pasir Parangkusumo ini. Kamu juga bisa melakukan beberapa kegiatan seperti berikut ini.

Berseluncur di Gumuk Pasir Parangkusumo

Berseluncur di laut mungkin sudah banyak orang yang merasakan sensasinya. Tapi bagaimana jika berseluncur di atas gundukan pasir? Kegiatan yang masih sangat jarang bisa kamu lakukan ini bisa kamu lakukan di Gumuk Pasir Parangkusumo. Dengan sandboarding atau papan seluncur dari atasan gundukan pasir.

Kamu bisa merasakan sensasi berseluncur dari gundukan pasir setinggi 5 hingga 15 meter sejauh 200 meter. Sandboarding sendiri menggunakan peralatan yang hampir mirip dengan skateboard, seperti helm, pelindung siku dan lutut dan papan seluncur.

Hanya saja papan yang digunakan untuk sandboarding tidak menggunakan roda. Melainkan hanya menggunakan penampang sebelah bawah papan yang dibuat sangat halus dan dilapisi lilin. Agar papan bisa meluncur dengan mulus.

Untuk kamu yang masih pemula dengan hal seperti ini, tenang saja. Karena pihak pengelola biasanya akan memberikan panduan dan mengarahkan ke jalur seluncuran yang tidak terlalu tinggi. Kemudian jika sudah mulai lancar, akan di arahkan ke gundukan yang lebih tinggi. Untuk bisa menikmati Sandboarding ini para pengunjung harus membayar sebesar 100 ribu rupiah untuk bermain sepuasnya.

Meskipun terbilang cukup mahal, tapi hal tersebut akan terbayar dengan sensasi yang akan kamu dapatkan ketika berseluncur di pasir. Selain berseluncur di pasir untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan sekitar tempat ini. Bisa dengan menyewa ATV untuk menemani berkeliling.

Berfoto di spot foto yang unik

Untuk kamu yang suka berfoto, di tempat ini memiliki banyak spot dan tempat yang menarik yang bisa kamu jadikan tempat berfoto. Salah satu letak spot unik adalah tulisan Gumuk Pasir yang cukup besar. Selain sebagi ikon bahwa kamu sedang berada di tempat wisata ini, spot ini banyak digemari karena foto yang dihasilkan juga cukup unik.

Selain itu juga ada spot foto ayunan dengan batang pohon yang begitu estetik ditambah lagi dengan keindahan padang pasir yang luas. Bahkan di sini kamu bisa berfoto hanya dengan berdiri di tengah gumuk pasir saja. Sudah bisa menghasilkan hasil jepretan yang unik dan menarik.

Menikmati Matahari Terbenam

Karena lokasi yang dekat dengan pantai Parangtritis. Sehingga di sini kamu juga bisa menikmati sunset khas Jogja yang begitu mempesona.

Keindahan matahari tenggelam dari sini akan ditemani dengan hamparan padang pasir yang begitu luas. Menghadirkan sebuah panorama apik dan menarik.

Apalagi kamu bisa menikmatinya sambil di temani dengan ikan bakar yang bisa kamu pesan di warung makan yang dekat dengan tempat tersebut.

Foto Prewedding

Untuk kamu yang akan melakukan Prewedding dan ingin mencari tempat yang cukup unik dan menarik. Gumuk Pasir ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Di mana hamparan pasir yang sangat luas di tambah bukit-bukit yang ada di sana, akan membuat foto preweddingmu menjadi semakin istimewa dan memberikan kesan unik.

 

Jam Operasional Gumuk Pasir

 

Tempat wisata unik Gumuk Pasir Parangkusumo ini buka setiap hari mulai dari jam 6 pagi hingga jam 7 Malam.

Jadi kamu bisa mengunjunginya dengan jangka waktu yang cukup lama, dan menikmati keindahan Gumuk Pasir ini bisa di waktu pagi dan malam hari.

 

Kesimpulan

 

Untuk kamu yang datang ke tempat wisata ini di siang hari, sebaiknya kamu menggunakan topi. Karena pada siang hari udara di sekitar tempat ini sangat panas layaknya di padang pasir dan untuk melindungi mata dari tebaran pasir, gunakan juga kacamata.

Untuk kamu yang suka berfoto berlatar belakang matahari terbenam atau sunset, bisa mendatangi tempat ini pada waktu sore hari atau saat senja akan tiba.

Karena selain cuaca yang sudah tidak terlalu panas, kamu akan melihat sunset berlatar belakang pasir yang sangat indah.

Jadi, saat kamu berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa untuk ke sini ya. Selamat berlibur.