Pantai Parangtritis

Destinasi Yogyakarta Tiket Masuk Rp10.000 Adventure Level

Deskripsi Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai yang pekat dengan aura mistisnya. Pantai ini mempunyai tebing batu yang menjulang begitu tinggi serta berdiri dengan dramatis di tepi pantai.

Pantai Parangtritis dipenuhi dengan pasir vulkanik hitam dan berkilauan di bawah sinar matahari. Ditempat yang begitu nyaman ini, kamu bisa mendengarkan gemuruh ombak yang begitu besar dengan air lau yang menyentuh kaki.

Sesudah membayar tiket masuk, kamu langsung dapat melepaskan pandangan ke arah hamparan luas pasir dan pantai, sambil menikmati es kelapa muda yang banyak dijajakan di warung pinggir pantai.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan pantai dengan menyewa kereta kuda atau kuda tanpa kereta untuk membawamu berjalan-jalan di bagian timur pantai hingga barat.

Sembari berkuda, kamu akan melihat jika pantai ini dikelilingi bukit karang yang tinggi, seperti siap melindungi daratan Selatan Kota Yogya ini.

Masih banyak lagi kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini, bahkan kamu bisa melakukan kegiatan ekstrem seperti paralayang. Menikmati keindahan pantai dari ketinggian.

Pantai ini juga akan sangat cantik mempesona saat senja mulai menyapa, apalagi pemandangan di senja di pantai ini memiliki keindahan special yang tidak akan bisa kamu dapatkan di pantai lainnya.

 

Sejarah Pantai Parangtritis

 

Jika berbicara tentang sejarah dan cerita tentang pantai ini, kamu pasti akan mendengar nama Nyi Roro Kidul. Bahkan cerita penampakan Nyi Roro Kidul ini pun sering berkembang di masyarakat.

Pesona keindahan pantai ini memang tidak bisa terlepas dari legenda yang sudah terkenal di masyarakat Indonesia.

Pantai Parangtritis diyakini menjadi bagian dari perwujudan kesatuan trimurti untuk Daerah Istimewa Yogyakarta. Yakni benda, ikon ataupun lainnya yang sangat melekat dengan sisi mistis kota Jogjakarta.

Trimurti terdiri dari Gunung Merapi yang mempunyai elemen api, Pantai Parangtritis yang mempunyai elemen air dan Keraton Jogja berperan sebagai penyeimbang keduanya, dan letak semuanya itu membentuk garis lurus dari utara ke selatan daerah Jogja.

Selain cerita di atas, berkembang pula Misteri pantai ini di masyarakat setempat, bahkan wisatawan dari luar pun percaya, jika Pantai Parangtritis adalah pintu gerbang Istana Kerajaan Laut Selatan, yang merupakan bagian dari daerah kekuasaan Ratu Selatan yang dipimpin oleh Nyai Roro Kidul.

Sehingga seringkali menjadi perbincangan masyarakat, apabila ingin ke Pantai terfavorit di Yogyakarta ini disarankan untuk tidak menggunakan baju berwarna hijau, karena dapat ditarik masuk ke laut oleh penguasa laut selatan.

Keberadaan kerajaan Mataram yang sekarang turunannya adalah Kraton Yogyakarta memang tidak bisa dilepaskan oleh Nyi Roro Kidul.

Dimana menurut cerita yang berkembang di masyarakat pada jaman dahulu Panembahan Senopati sebagai raja Mataram Islam yang pertama melakukan pernikahan dengan Nyi Roro Kidul sebagai penguasa laut selatan, pernikahan tersebut memang tidak biasa karena berasal dari dua dunia yang berbeda.

Namun hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga wilayah sekitar Jawa tetap aman dari segala ancaman dan rintangan yang berbahaya.

Terlepas dari semua cerita sejarah dan mitos yang ada dari Pantai Parangtritis ini, pantai ini menyimpan begitu banyak pesona yang sayang jika kamu lewatkan.

 

 

Lokasi Pantai Parangtritis

 

Parangtritis sendiri terletak di kecamatan kretek, Bantul, Yogyakarta. Dimana dalam perjalanan menuju pantai parangtritis bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam dari Malioboro.

Jarak Malioboro ke pantai ini sekitar 28 km. Lokasi ini dapat dicapai lewat sebuah desa bernama Kretek. Yakni desa yang letaknya dipinggir jalan Parangtritis.

Saat Anda berada di posisi luar kota, ambil rute jalan melalui Jl. Parangtritis, ikuti arah tersebut menuju ke selatan hingga sampai ke Pantai Parangtritis.

Rute inilah yang paling cepat dan lancar, bagi para wisatawan yang belum begitu mengenal seluk-beluk jalanan menuju wisata Pantai Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772.

Apabila ingin emnggunakan angkutan umum, kamu cukup menumpang dengan jurusan Giwangan-Pantai Parangtritis.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

 

Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Parangtritis, kamu tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam. Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang.

Fasilitas di Pantai Paranngtritis

 

Di pantai parangtritis juga tersedia vila dan hotel dan harganya lumayan murah. Untuk sekelas penginapan harga dibandrol mulai dari 25.000 permalam dan untuk villa serta hotel harga mulai dari 300 ribu sampai dengan 2 juta rupiah.

Jika kamu berkesempatan berwisata di pantai selatan ini, kamu wajib untuk mengunjungi candi gembirawati.

Jarak dari pantai ke candi gembirawati sekitar 100 sampai 200 meter yang bisa kamu tempuh dengan sepeda motor dan berjalan kaki untuk memanjat tebingnya.

Sesampai diatas kamu tidak hanya menemukan candi gembirawati tapi kamu juga akan melihat laut lepas pantai selatan yang membentang sejauh mata memandang.

Aktivitas Wisata di Pantai Parangtritis

 

Bermain ombak

Sama halnya dengan kegiatan yang bisa dilakukan di pantai lainnya, di sini kamu juga bisa bermain dengan deburan ombak dipinggir pantai.

Tapi karena ombak di pantai ini terkenal besar, kamu dilarang untuk bermain ombak hingga ketengah laut. Bahkan untuk mandi di pantai ini saja kamu tidak disarankan.

Meskipun demikian, menikmati suara deburan ombak, sambil duduk dipinggir pantai saja rasanya sudah menenangkan.

Kamu juga bisa bermain kejar-kejaran dengan ombak di sini, sampai ombak mengenai kakimu, kamu akan merasakan kesegeran air di atas pasir pantai. Menciptakan sensasi tersendiri yang akan menghibur hati.

Kamu juga bis amenikamati berbagai macam menu makanan dan jajanan yang dijajajkan di pinggir pantai sembari menikmati gulungan ombak.

Telinga yang mendengar suaranya akan terasa begitu sejuk serta menikmati hembusan angin di kulit, semakin melengkapi suasana menyenangkan di sini.

Bermain motor ATV

Salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan selanjutnya di Pantai Parangtritis ini adalah bermain motor ATV.

Karena ukurannya yang cukup luas, membuat Pantai ini menawarkan aktivitas tidak terbatas bagi para pengunjungnya, dan bermain motor ATV ini salah satunya.

kamu bisa mengelilingi pantai dengan menggunakan motor ATV ini, sambil menikmati suasana pantai, kamu juga bisa melihat seberapa ahli kamu menggunakan motor ATV ini.

mengelilingi pantai dengan motor ATV sembari mendengar deburan ombak, serta hempasan angin laut yang lembut, akan membuat waktu di pantai ini terlewati tanpa terasa.

Naik andong

Selain ATV, ada cara lain lagi yang bisa kamu lakukan di sini untuk menikmati suasana pantai dan pesonanya yang seakan tidak ada habisnya.

Menaiki Andong, kegiatan yang hanya bisa kamu temukan dan kamu akukan di Pantai Parangtritis. Kamu akan diajak berkeliling pantai menggunakan Delman khas Jogja.

Berkeliling sambil duduk diatas Andong, memiliki sensasi tersendiri yang pasti akan membuatmu semakin menikmati, suasana sepesial di Pantai Parangtritis ini.

Apalagi jika kamu menaiki andong ini di waktu senja menyapa. Kamu akan merasakan keindahan senja yang syahdu yang mungkin, tidak akan kamu dapatkan lagi selain di sini.

Bermain pasir

Pantai Parangtritis ini memiliki pasir yang cukup lembut untuk kamu jadikan area bermain yang cukup menyenangkan.

Kamu bisa membuat rumah-rumahan dari pasir mantai ini, atau sekedar menguru diri ke dalam pasir pantai. Kamu juga bisa membuat kolam buatan, yang nantinya akan diisi oleh air laut saat ombak menghampiri lubang yang kamu buat.

Cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menikmati pantai ini, tapi memiliki efek yang menyenangakan untuk kesegaran mental dan pikiran.

Menikmati sunset

Pantai Parangtritis juga sangat terkenal dengan keindahan pemandangan saat senja menyapa, saat matahari berjalan kembali menuju persinggahannya.

Sunset di pantai ini memang sangat indah sekali. Saat kamu sekali mendapatkan dan menikmatin keindahannya, kamu akan dibuat kembali lagi untuk menyaksikannya lagi, dan lagi.

Seakan memiliki magnet tersendiri, keindahan sunset di pantai ini memiliki pantulan keindahan yang tidak bisa lagi dipungkiri.

Saat kamu mengabadikannya, akan terlihat indah dari mana saja. Sebuah pemandangan suguhan alam yang begitu mempesona, memanjakan mata, untuk kemudian mensyukurinya.

Jam Operasional Pantai Parangtiritis

 

Untuk jam operasional pantai ini mulai dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Tapi tidak sedikit para wisatawan yang memilih berkunjung dimalam hari untuk menikmati gemuruh ombak yang syahdu.

Jadi, pantai ini sebenarnya bisa kamu kunjungi 24 jam. Tapi perlu diingat, jika berkunjung di malam hari, harus tetap behati-hati.

Kesimpulan

 

Keindahan Pantai Parangtritis ini memang tidak bisa diragukan lagi, itulah mengapa pantai ini masih menjadi pantai paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun macanegara.

Saat paling tepat mengunjungi pantai ini adalah di sore hari saat cuaca cerah. Karena kamu akan mendapatkan pemandangan yang menakjubkan, dari senja di pantai selatan.

Jadi, kapan libura ke Pantai Parangtritis ini?