Pantai Sadranan

Destinasi Yogyakarta Tiket Masuk Rp10,000 Adventure Level

Deskripsi Singkat Pantai Sadranan

Pantai ini merupakan tipe pantai dengan pasir melandai, sehingga kamu bisa menyaksikan pemandangan pantai yang cukup menarik di pantai ini.

Paduan air laut yang begitu bening dan jernih, dengan warna biru kehijauan, seakan memanggilmu untuk segera berenang dan menyelelam untuk menjelajahinya.

Selain didominasi oleh pasir putih yang sangat halus seperti tepung, Pantai Sadranan juga memiliki batu karang besar yang ditumbuhi tanaman dan bahkan pohon lebat.

Membuat pemandangan di pantai ini tidak kalah indah dengan pemandangan pantai yang ada di Sulawesi, Bali, ataupun Papua.

Pantai Sadranan memang memiliki batu karang yang sangat sedikit sekali dibanding dengan pantai-pantai lainnya yang berada di pesisir selatang Gunung Kidil.

Itulah mengapa pantai ini menjadi spot favorit untuk snorkeling atau diving, karena penyelam tidak perlu khawatir akan terlukai oleh batu karang tersebut.

Ditambah lagi dengan banyaknya pasir putih yang lebih mendominasi pantai, sangat cocok untuk bersantai atau berjalan-jalan santai, sambil menikmati keindahan pemandangannya.

Pantai ini terbilang sangat sepi dan tenang, karena letak pantai ini berada ditengah pantai populer, yaitu pantai Indrayanti dan Pantai Krakal.

Pantai ini memang tidak seterkenal pantai tersebut, sehingga masih sedikit yang mengunjungi pantai ini. Sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati keindahan pantai, dengan ketenangan dan jauh dari keramaian.

 

Sejarah Pantai Sadranan

Seperti beberapa tempat lainnya di indonesua, umumnya nama yang diberikan pada sebuah lokasi memiliki sejarahnya tersendiri.

Begitu juga dengan pantai Sadranan. Nama ‘Sadranan’ yang terkenal sampai sekarang berasal dari kata “Nyadran”. Nyadran merupakan sebuah ritual sedekah laut.

Ritual ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat sekitar kepada Sang Maha Pencipta. Pantai Sadranan bukan hanya sekedar pantai untuk tempat mencari nafkah bagi masyarakat sekitar, tetapi juga menjadi salah satu sarana untuk kegiatan religi.

Pantai ini sempat mengalami bencana, yaitu tebingnya yang runtuh pada Rabu, 17 Juni 2015. Kejadian ini menimbulkan setidaknya ada 6 orang korban, 2 orang selaman dan 4 orang lainnya meninggal.

Pantai Sadranan yang terletak di kabupaten Gunung Kidul ini merupakan salah satu pantai di wilayah Yogyakarta yang tidak kaah menarik dan indah dari pantai-pantai lainnya.

Walau akses menuju pantai ini cukup sulit untuk ditempuh, terlebih untuk wisatawan yang baru pertama kali memasuki wilayah pantai Sadranan.

Lokasi Pantai Sadranan

Pantai Sadranan merupakan salah satu pantai di Yogyakarta yang tepatnya terletak di Dusun Pulegundes II di Desa Sidoharjo, Kabupaten Gunung Kidul.

Berada satu kompleks dengan pantai-pantai lain di Gunungkidul, hanya saja akses menuju kesana tidak semulus dengan pantai-pantai lain di Gunungkidul.

Pantai Sadranan sendiri ada di sebelah timur dari Pantai Krakal, dimana pantai ini hanya dibatasi dengan beberapa bebatuan karang yang kecil-kecil.

Untuk menuju ke Pantai ini, kamu tidak perlu khawatir akan tersesat karena arah jalan yang menuju kawasan pantai-pantai di Gunungkidul sudah tertata dengan baik beserta rambu-rambu dan papan petunjuknya.

Sedangkan titik awal menuju pantai tersebut bisa ditempuh dari Solo, Yogyakarta, dan Klaten menggunakan kendaraan pribadi.

Disarankan memang untuk menggunakan kendaraan pribadi jika ingin ke Pantai Sadranan ini, mengingan kendaraan umum di sana masih sangat jarang dan terbatas.

Rute pertama jika kamu dari kota Yogyakarta adalah langsung saja menuju ke arah Gunungkidul melewati jalan Wonosari, setelah sampai di kota Wonosari, setelah pasar Wonosari, ambil kanan ke arah pantai Baron.

Setelah sampai di Pantai Baron masih ketimur lagi, nanti di kanan jalan sudah ada papan nama menuju ke Pantai Sadranan.

Rute dari Solo sendiri bila ingin melewati Yogyakarta, maka harus melewati jalan raya penghubung Solo dan Klaten, yaitu Jalan Solo-Jogja.

Tapi rute melalui Yogyakarta ini akan cukup jauh dan berliku, cocok untuk kamu yang ingin mampir terlebih dahulu di sekitaran Yogyakarta.

Rute dari Klaten sendiri adalah seperti berikut. Piyungan-Patuk-Sambipitu-Lanud TNI Gading-Siyono-Bundaran Tugu BPD-Wonosari-Jalan Baron-Tanjungsari.

Dari Tanjungsari sudah sangat dekat, kemudian kamu akan menemukan sebuah pos yang menagih tiket masuk menuju kawasan wisata Pantai Gunungkidul.

Memasuki pos pertama kali, kamu akan disambut dengan Pantai Krakal, jika ditelusuri terus, kamu akan sampai di Pantai Sadranan.

Dari Klaten kamu juga bisa menggunakan jalur alternatif yang sedikit lebih cepat, tapi tidak melewati Yogyakarta. Jadi rute ini khusus untuk kamu yang tidak ingin mampir dulu di Jogja dan langsung menuju Pantai Sadranan.

Rute alternatifnya sebagai berikut. Cawas-Semin-Watukelir-Karangmojo-Tanjungsari. Dari Tanjungsari, kamu akan langsung menemukan kompleks pantai-pantai di pesisir selatan Gunungkidul dengan mudah.

Sedangkan untuk alternative lainnya adalah melewati Sukoharjo, dengan rute sebagai berikut. Solo-Sukoharjo-Tawangsari-Semin-Watukelir-Karangmojo-Tanjungsari.

Untuk lebih jelas lagi, kamu bisa menggunakan google maps dan mengikuti arahan lansgung dari palikasi super canggih tersebut.

 

Harga Tiket Masuk Pantai Sadranan

Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Sadranan ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 10.000 rupiah.

Untuk kamu yang membawa kendaraan akan ditambah dengan tariff parkir sebesar 2.000 rupiah untuk kendaraan roda dua dan 5.000 rupiah untuk kendaraan roda empat.

Fasilitas di Pantai Sadranan

Meskipun tempat terpencil, fasilitas di Pantai ini cukup memadai, termasuk penginapan.

Disepanjang pesisir pantai ini ada gazebo dan saung kecil yang tersebar, kamu bisa menyewa fasilitas gazebo dan saung tersebut untuk beristirahat atau makan.

Harga penyewaan saung dan gazebo tersebut beragam, tergantung berapa orang yang akan menyewanya, kisarannya antara 10.000 hingga 25.000 rupiah saja.

Fasilitas lainnya adalah adanya penyewaan peralatan snorkeling, dimana seperti yang sudah diketahui, bahwa Pantai Sadranan merupakan spot terfavorit untuk snorkeling atau diving.

Saat sedang berkunjung ke pantai ini juga kamu tidak perlu khawatir kelaparan seelah bermain air, karena di pantai ini sendiri tersedia beberapa tempat makan atau angkringan yang menyediakan berbagai masakan khas Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Tidak hanya itu, para nelayan di sini pun ada ang menyewakan perahunya ke beberapa pengunjung untuk keperluan memancing atau menyelam.

Seperti kebanyakan destinasi wisata lainnya, di Pantai Sadranan ini juga ada fasilitas umum seperti toilet, kamar bilas, dan juga mushola yang bisa kamu gunakan untuk kelancaran kegiatan bersenang-senang selama berada di Pantai ini.

Sedangkan bagi yang ingin menginap ada juga beberapa penginapan dekat pantai berupa hotel, resort, homestay, bahkan guest house dengan harga murah per kamarnya.

Yang menjadi ciri khas bagi penginapan sekitar sini adalah bentuknya yang eksotis layaknya sebuah pondok dengan atap bambu asli.

Jarak penginapan dari wliayah pantai biasanya berkisar 10 KM atau lebih, ada juga yang terletak di atas perbukitan sehingga menyajikan landscape pemandangan pantai dan bukit yang cantik.

 

Aktivitas di Pantai Sadranan

Snorkeling

Snorkeling menjadi salah satu kegiatan favorit di pantai ini. Jernihnya air serta pemandangan bawah laut yang eksotis membuat pantai ini terkenal juga dengan snorkelingnya.

Di sini kamu tidak perlu repot membawa peralatan snorkeling sendiri karena di pantai Sadranan sendiri sudah tersedia jasa penyewaan alat-alat snorkeling serta pemandunya.

Ada beberpa lokasi snorkeling yang bisa dipilih, dua di antaranya adalah di Watu pecah dan Kali Senggoro.

Hanya saja, pada saat melakukan snorkeling tetap harus berhati-hati karena memang ombak di pantai Sadranan ini cukup besar.

Waktu yang paling baik untuk melakukan aktivitas snorkeling ini adalah pada saat air laut surut yaitu sore atau pagi hari.

Camping

Pantai Sadranan merupakan salah satu lokasi yang cocok untuk melakukan kegiatan camping. Terdapat area khusus untuk melakukan camping dan api unggun.

Di sini juga ada penyewaan peralatan untuk camping seperti tenda dan karpetna, yang cukup untuk 4 orang. Jadi kamu tidak perlu repot membawa dari rumah.

Saat kamu bermalam di sini kamu akan bisa merasakan indahnya matahari terbenam serta suasana pagi hari yang indah di pantai ini.

Bermain Perahu Kano

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di Pantai ini adalah mendayung perahu kano. Jadi tak perlu ke Pantai Pandawa Bali, kamu bisa berkano ria di pantai ini.

Rasakan asiknya mendayung di laut biru sembari menikmati hempasan ombak dan pemandangan bukit-bukit karang yang mengelilingi pantai.

Biaya sewa untuk menggunakan perahu kano ini adalah Rp 50 ribu per jam.

Menikmati sunset dan sunrise

Menikmati sunset dan sunrise di pantai adalah sebuah kemewahan yang selalu banyak orang cari. Dan pantai ini adalah salah satu spot sempurna untuk berburu sunset dan sunrise.

Jadi jangan lewatkan untuk mengambil gambar di tempat ini untuk diupload ke sosial media kamu ya.

Berjemur di tepi pantai

Bagi kamu yang menyukai aktivitas berjemur, Pantai Sadranan menyediakan jasa sewa paying yang berderet di tepi pantai dengan harga 30.000 rupiah per jamnya.

Jam Operasional Pantai Sadranan

Tempat wisata Pantai Sadranan ini tidak memiliki jam operasional khusus. Artinya kamu bisa mengunjungi pantai ini selama 24 jam, setiap hari dari Senin sampai Minggu.

 

Kesimpulan

Walau letak Pantai Sadranan cukup tersembunyi, tapi keindahan alam yang disajikan tidak kalah dari Pantai lainna.

Pantai Sadranan termasuk pantai yang kaya akan pemandnagan alam yang indah. Air lautnya jernih dan dipenuhi dengan karang-karang di dalamnya.

Pantai dengan pasirnya yang putih, ombaknya cukup besar, dan suasana senja saat matahari terbenam yang sangat menawan.

Keindahan alam pantai ini juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta foto pemandangan.

Selain itu, cukup banyak juga yang menjadikan lokasi pantai ini sebagai lokasi foto pre wedding.

Saat kamu berkunjung ke Yogyakarta nanti, pantai ini merupakan salah satu pantai yang harus kamu kunjungi. Jadi, kapan ke sini?

Paket Wisata di Yogyakarta

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Yogyakarta