Taman Pintar Yogyakarta

Destinasi Yogyakarta Tiket Masuk Rp20.000 Adventure Level

Taman Pintar Yogyakarta merupakan tempat bermain dan belajar untuk anak yang disediakan pemerintah kota Yogyakarta sebagai sarana pembelajaran pengetahuan dan motivasi siswa dan generasi selanjutnya.

Taman Pintar ini dikelola oleh Pemerintah Yogyakarta, selain sebagai tempat edukasi, tempat ini juga sebagai sarana bermain yang seru dengan fasilitas yang modern.

Taman Pintar terletak diatas tanah seluas 1,2 hektar dengan berbagai wahana seru didalamnya. Ada kurang lebih 13 ruangan untuk wisatawan bisa belajar dan bermain.

Permainan paling populer yang diminati pengunjung adalah Gedung Oval, Planetarium dan Teater 4D. Tapi, semua wahana yang ada di sini, semuanya memiliki nilai bagus untuk pengetahuan dan imajinasi.

Tempat bermain yang berada di sebelah timur jalan Malioboro ini menyediakan berbagai wahan permainan yang mendidik sekaligus membuat semua orang yang berkunjung ke Taman Pintar ini akan merasa senang.

Bangunan ini menampilkan nuansa modern dan tradisional yang mempunyai keindahan tersendiri. Selain dibentuk sebagai rumah belajar, taman ini memiliki banyak wahana lainnya yang juga bisa kamu dapatkan saat mengunjunginya.

Sejarah Taman Pintar Yogyakarta

 

Awalnya Taman Pintar Yogyakarta ini didirikan atas persetujuan Walikota Yogyakarta Herry Zudianto SE yang dibangun diatas tanah dengan luas 12.000 m2.

Pengunjung yang berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta bisa mencoba dan melihat hasil karya dari sebuah inovasi dan teknologi permainan yang menarik dan mendidik tersebut.

Taman Pintar ini didirikan karena terinspirasi dari berdirinya pusar peragaan iptek yang ada di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

Bangunan Taman Pintar dulunya adalah bekas pusat pembelanjaan dan mulai dilakukan pembangunan pada tahun 2004.

Setelah tahap pembangunan selesai Taman Pintar diresmikan pada 20 Mei 2006 oleh Menteri Pendidikan.

Tetapi, pemerintah dan daerah berusaha mengembangkan tampat belajar serta bermain ini karena mereka menganggap tempat tersebut adalah tempat yang mendidik.

Oleh sebab itu, mereka melanjutkan pembangunan tahap kedua dan diresmikan pada tanggal 9 Juni 2007 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Pembangunan Taman Pintar Yogyakarta berlanjut ke tahap ketiga dan diresmikan ulang pada tanggal 16 Desember 20019 oleh Presiden Susilo Bambang Yodhoyono.

Pembangunan utama didirikan Taman Pintar menurut pemerintah adalah untuk mendukung program pembelajaran regular disekolah untuk mengasah aktivitas anak dini dengan harapan akan banyak inovator teknologi yang muncul di Indonesia.

Lokasi Taman Pintar sangat strategis karena letaknya di dekat Taman Budaya, Benteng Vredeburg, dan Gedung Agung.

Di belakang Taman Pintar juga terdapat toko -toko buku yang menyediakan berbagai macam buku fiksi maupun non fiksi.

Taman Pintar Yogyakarta ini dibangun untuk anak sekolah dan mahasiswa. Pemerintah berharap dengan adanya taman ini, anak-anak dapat belajar banyak hal di Taman Pintar ini.

Di dalam Taman Pintar Yogyakarta terdapat berbagai macam wahana yang ada di beberapa gedung. Terdapat 3 gedung utama di Taman Pintar Yogyakarta diantaranya wahana di gedung kotak.

Di dalam gedung kotak terdapat 10 zona yaitu zona replika candi Borobudur, zona koleksi kersi, zona koleksi tokoh wayang, zona batik, zona air untuk kehidupan, zona pengolahan minyak gas dan bumi, dan masih banyak lagi zona lainnya.

Kemudian ada wahana di Gedung Oval. Terdapat 12 wahana yang bisa di nikmati wisatawan yaitu zona cuaca iklim dan gempa, zona argo, zona kehidupan pada zaman purba, generator pedal, TV trainer, xona teknologi komunikasi, dan masih banyak lagi.

Dan yang terakhir adalah wahana di gedung Memorabilia. Terdapat 3 wahana di gedung ini yang berisi tentang sejarah Kasultanan Kraton, Tokoh Pendidikan, dan Kepustakaan Kepresidenan.

 

 

 

Lokasi Taman Pintar Yogyakarta

 

Lokasi Taman Pintar Yogyakarta ini berada disamping benteng vanderburg Jogja, bagi kamu orang Jogja pasti sudah langsung bisa menebak dimana lokasinya. Tapi jika kamu bukan dari Jogja pasti bertanya tanya.

Lokasi tepatnya berada di Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Atau bisa juga kamu lihat di google maps.

Taman Pintar Yogyakarta tempatnya benar benar strategis, karena berdekatan dengan tempat tempat ramai yang ada di Jogja.

Tempat tempat ramai tersebut meliputi, alun alun jogja, Nol KM, jembatan sayidan, Pasar Bringharjo, dan kawasan Malioboro.

Harga Tiket Masuk Taman Pintar Yogyakarta

Tarif Umum

 

Klasifikasi Tiket Oval - Kotak Memorabilia (semua usia) PAUD Barat/Timur (Usia Pra TK / TK) Planetarium Rumah Batik
Rumah Gerabah
Anak Umum Rp. 8.000,- Rp. 2.000,- Rp. 15.000,- Rp. 5.000,-
Dewasa Umum Rp. 15.000,- Rp. 15.000,- Rp. 5.000,-

 

 

 

Tarif Rombongan Sekolah (siswa dan guru sekolah formal)*

Klasifikasi Tiket Oval - Kotak Memorabilia
(semua usia)
PAUD Barat / Timur
(usia praTK / TK)
Planetarium
Rombongan sekolah
(siswa dan guru)
Minimal jumlah 20 orang
Rp. 8000 per orang Rp. 2000 per orang Rp. 15.000 per orang

 

Tarif Umum (wahana Gedung Kotak Lt. 3)*

Klasifikasi Tiket Teater 3D Kreatifitas Presenter TV
Lukis Kaos  Lukis Gerabah
Anak Umum Rp. 15.000 Rp. 30.000 Rp. 10.000 Rp. 10.000
Dewasa Umum Rp. 20.000 Rp. 40.000 Rp. 10.000 Rp. 10.000

 

Keterangan:

  • Tarif rombongan sekolah hanya berlaku untuk kunjungan Selasa - Sabtu (tidak termasuk Hari Minggu / libur).
  • Mendaftarkan kunjungan dengan mengirimkan surat pemberitahuan kunjungan dari sekolah (bisa melalui faksimili) dan membawa surat tersebut pada saat hari kunjungan dilakukan.
  • Tiket / kelebihan tiket yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan dan tiket hanya berlaku untuk 1 (satu) hari.

 

Fasilitas di Taman Pintar Yogyakarta

 

Sebagai lokasi rekreasi yang ramai kunjungan, tentu pengelola sudah menyiapkan berbagai fasilitas umum yang membuat pengunjung lebih nyaman.

Beberapa fasilitas yang bisa ditemui antara lain, ATM center, Lahan Parkir, Toilet, Mushola, Foodcourt, Ruang Kesehatan, Pusat Informasi, Layanan Pengunjung, Lift Khusus difable, Ruang Audio Visual, Exhibition Hall.

Dengan fasilitas ang begitu lengkap, kamu tidak perlu khawatir jika memerlukan sesuatu, karena pihak pengelola Taman Pintar Yogyakarta ini telah menyiapkan semuanya.

Aktivitas di Taman Pintar Yogyakarta

 

Di area taman pintar ini kamu bisa melakukan beraneka ragam kegiatan, mulai dari bermain hingga melakukan pengamatan secara langsung.

Hal ini karena di dalam tempat wisata ini, memiliki banyak macam wahan yang bisa dikunjungi oleh semua pengunjung, berikut daftar wahana yang ada.

  • Wahana di Gedung Kotak

Di dalam gedung kotak ini, para pengunjung akan menemui 10 macam xona, yaitu zona koleksi keris, zona batik, zona air untuk kehidupan, zona otomotif, zona replica candi Borobudur, zona pengolahan susu, zona eraga turbulensi, zona planning city, dan zona pengolahan minyak gas dan bumi.

Di masing-masing zona, pengunjung bisa melihat berbagai macam aktivitas yang terkait, identic dengan masing-masing zona tersebut.

  • Wahana di Gedung Oval

Gedung Oval ini merupakan gedung yang berisikan semua macam mengenai ilmu sains, di mana kamu bisa melakukan penelitaian secara langsung di dalam gedung ini.

Banyak sekali wahana ang ada di gedung ini, totalnya terdapat 12 wahana yang bisa dinikmati di gedung Oval ini.

Seperti zona teknologi komunikasi, tv trainer, zona cuaca iklim dan gempa, terowongan ilsi, pojok kreasi sains, aquarium air tawar, zona nuklit, ICT melihat bumi, zona kehidipan purba, generator pedl. Generator Van De Graaf dan zona nuklir.

  • Wahana di Gedung Memorabilia

Sama seperti dengan namanya, yaitu gedung Memorabilia merupakan gedung yang berisi mengenai perjalanan atau sejarah yang ada di Indonesia.

Untuk itulah di dalam gedung ini memiliki 3 macam zona, yaitu zona tokoh pendidikan yang berisikan mengenai siapa saja tokoh yang berjasa di dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Zona selanjutnya adalah zona sejarah Kraton yang berisikan mengenai sejrah apa saja yang ada di dalam Kraton Yogyakarta dari awal berdirinya hingga saat ini.

Dan yang terakhir adalah zona kepustakaan kepresidenan yang berisikan tentang biografi para presiden yang pernah memimpin bangsa Indonesia dari awal kemerdekaan hingga saat ini.

  • Gedung Planeterium

Sesuai dengan namanya yaitu Planeterium, di mana gedung ini memiliki fungsi untuk memberikan pembelajaran mengenai ilmu tata surya dan antariksa melalui pertunjukan sebuah film.

  • Gedung Paud

Gedung ini merupakan gedung pertama kali yang didirikan di taman pintar ini, di mana gedung paud ini dibagi menjadi dua bagian yaitu Gedung Paud Barat dan Gedung Paud Timur.

Gedung Paud Barat digunakan untuk memberi edukasi anak TK, sedangkan Gedung Paud Timur digunakan untuk memberikan edukasi untuk anak Pra-TK.

  • Kampung Kerajinan

Kampung kerajinan ini merupakan area yang dibuat khusus untuk melatih tingkat kreativitas yang dimiliki oleh anak-anak, di kampung kerajinan ini para pengunjung bisa melakukan berbagai macam kegiatan.

Seperti membatik, membuat dan melukis menggunakan gerabah, melukis koas dan masib banyak lagi yang bisa dilakukan di gedung ini.

  • Playground

Terdapat juga sebuah Playground yang berada di depan gedung kotak, dimana wahana ini disediakan sebagai ruang publik yang memiliki beragam alat peraga gratis dan tentu saja akan membuat pengunjung lebih menikmati waktu saat di sedang berada di sini.

Jam Operasional Taman Pintar Yogyakarta

 

Selasa - Minggu pukul 09.00 - 16.00 WIB.

Senin Tutup (Kecuali Hari Libur Nasional)

Kesimpulan

 

Untuk kamu yang berinat ingin berkunjung ke tempat wisata edukasi ini dengan rombongan sekolah, sebaiknya mengikuti beberapa prosedur yang telah di tetapkan oleh pihak pengelola, seperti berikut ini.

  • Setelah sampai di tempt lokasi taman pintr ini segera pergi menuju ke tempat pengelola sambil membawa surat pemberitahuan kunjungan dari sekolah.
  • Jumlah minimal rombongan adalah 20 orang yang terdiri dari murid dan guru. Untuk itu sebaiknya membawa rombongan lebih dari ketentuan yang ada.
  • Untuk hari libur nasional dan hari minggu, pendaftaran rombongan tidak dapat berlaku atau bisa dikatakan, rombongan akan masuk secara normal.

Tapi, untuk kamu yang ingin mengunjungi taman pintar ini bersama keluarga kecil saja, di sarankan kamu mengunjunginya saat hari biasa atau weekdays, karena saat hari libur atau akhir pekan, taman pintar ini akan sangat ramai dikunjungi.

Nah, itulah keseruan yang bisa kamu dapatkan data mengunjungi taman pintar Yogyakarta ini. Tentu saja akan menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan, karena pengunjung bisa mendapatkan ilmu baru saat sedang berwisata.

Jadi, jika kamu berlibur ke Yogyakarta, jangan lupa untuk mengunjungi Taman Pintar Yogyakarta ya, dijamin kamu tidak akan menyesal mengunjunginya.