Tumpeng Menoreh

Destinasi Yogyakarta Tiket Masuk Rp50,000 Adventure Level

Salah satu tempat terindah di Yogyakarta untuk menikmati sunrise dan sunset adalah Tumpeng Menoreh. Berdiri di atas bukit Menoreh, restoran ini berbentuk heksagonal, seperti namanya, hampir menyerupai tumpeng dari kejauhan.

Lalu, pada Mei 2021, musisi Erix Soekamti resmi membangun dan membuka puncak bukit ini yang terletak di Desa Ngargoretno, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Tumpeng Menoreh adalah sebuah kawasan wisata alam yang terletak di perbukitan Menoreh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Kawasan ini menawarkan berbagai keindahan alam yang memukau, seperti panorama pegunungan, hutan pinus, dan persawahan hijau yang luas.

Untuk mencapai destinasi wisata ini, pengunjung dapat melakukan perjalanan darat dari pusat Kota Yogyakarta. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam tergantung pada kondisi lalu lintas. Rute yang paling umum adalah melalui Jalan Godean menuju Kecamatan Kalibawang, dan dilanjutkan dengan mengikuti petunjuk menuju Tumpeng Menoreh.

Daya Tarik Tumpeng Menoreh

Kawasan ini merupakan restoran yang merepresentasikan kawasan wisata yang meningkatkan potensi wisata Gelangprojo. Ada pemandangan Pegunungan Menoreh yang sangat bagus dari tempat ini dan ada bukit mirip tumpeng di dekatnya. Karena letaknya di atas bukit, pemandangan dari tempat ini sangat indah, terutama saat matahari terbit dan terbenam. Bahkan di malam hari, pengunjung bisa melihat kelap-kelip lampu kota dari atas. Pada siang hari, pengunjung dapat menikmati berbagai kuliner sambil menikmati pemandangan tiga gunung utama di Jawa yaitu Merapi, Merbabu dan Sindoro-Sumbing. Terakhir, tempat ini juga memiliki lift setinggi 100 kaki yang membawa pengunjung menuju Tumpeng Ayu.

Anda bisa mendapatkan pemandangan dan pengalaman berbeda saat menaiki lift yang membawa pengunjung naik turun bukit ini. Agar kita bisa menikmati pemandangan dengan nyaman, musim kemarau adalah waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini. Tidak lupa pengunjung disarankan untuk membawa baju hangat jika ingin menikmati suasana matahari terbit karena suhu dini hari di tempat ini cukup dingin.

Rute dan Lokasi Tumpeng Menoreh

Lokasi wisata Tumpeng Menoreh sendiri tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta yaitu berada di perbatasan Kabupaten Kulon Progo, Purworejo, dan Magelang, atau lebih tepatnya di Sumbersari, Ngargoretno, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

Akses jalan menuju kawasan wisata ini, bisa dibilang mudah namun memiliki tanjakan yang cukup ekstrem untuk dilalui oleh kendaraan roda dua maupun empat. Sehingga jika ingin berkunjung kesini, disarankan untuk menggunakan kendaraan dengan kondisi yang prima dan pengendara juga harus menguasai medan tanjakan tersebut.

Rute yang paling aman untuk menuju Tumpeng Menoreh adalah melewati jalur nglinggo karena memiliki ruas jalan yang lebar dan tanjakan yang landai. Sedangkan untuk wisatawan yang berasal dari arah Yogyakarta ingin memilih rute yang relatif aman lainnya, bisa melewati jalur Purworejo dan Suroloyo.

 

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan pemandangan dan suasana alam yang sejuk, pengunjung harus membayar untuk memasuki kawasan Tumpeng Menoreh. Harga tiket masuk Rp 50.000 per orang sudah termasuk voucher makan senilai Rp 25.000 yang dapat ditukarkan di restoran. Meski buka 24 jam, waktu terbaik adalah sebelum matahari terbit dan terbenam.

Menu makanan yang ada di tempat wisata ini tentu sangat beragam. Mulai dari menu nusantara seperti sayur lodeh, garang asem, opor ayam, dan sebagainya. Sistem di resto Tumpeng Menoreh bersifat prasmanan dengan harga Rp.25.000 per orang dan jika ingin tambah dengan menu yang lain, akan dikenakan biaya tambahan.

Fasilitas Tumpeng Menoreh

Fasilitas yang disediakan tentu sudah memadai dan dikelola dengan baik melalui pemberdayaan masyarakat di lingkungan sekitar. Mulai dari segi area parkir yang luas, mushola, toilet yang bersih dan nyaman, serta spot foto yang instagramable.

Banyaknya spot foto yang tersedia disini membuat wisatawan yang datang memiliki pengalaman sekaligus kenangan yang tak terlupakan. Sehingga jika berkunjung kesini, jangan lupa untuk mengabadikan setiap sudut yang ada di kawasan Tumpeng Menoreh.

 

Aktivitas Tumpeng Menoreh

Trekking

Pengunjung dapat menjelajahi perbukitan Menoreh dengan trekking melalui berbagai jalur yang tersedia.

Bersepeda

Pengunjung dapat bersepeda di tengah hutan pinus yang asri.

Camping

Pengunjung dapat berkemah di alam terbuka dan menikmati suasana malam yang tenang di Tumpeng Menoreh.

Kuliner

Pengunjung dapat mencicipi berbagai kuliner khas Yogyakarta di Tumpeng Menoreh, seperti gudeg, sate Klathak, dan wedang ronde.

Spot Foto

Tumpeng Menoreh menyediakan berbagai spot foto yang instagramable, seperti gardu pandang, ayunan, dan berbagai instalasi lainnya yang dirancang untuk memaksimalkan keindahan latar belakang alam.

Kegiatan Outdoor

Pengunjung juga dapat menikmati berbagai kegiatan outdoor seperti trekking, camping, dan hiking di sekitar area Tumpeng Menoreh.

Jam Operasional Tumpeng Menoreh

Jam operasional Tumpeng Menoreh biasanya dari pukul 05.00 pagi hingga 18.00 sore. Jam buka yang dimulai sangat pagi memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan matahari terbit yang menakjubkan, sedangkan penutupan di sore hari memungkinkan pengunjung untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam sebelum tempat ini ditutup.

Namun, selalu baik untuk memeriksa kembali informasi terbaru tentang jam operasional melalui situs resmi atau media sosial Tumpeng Menoreh, karena jam buka dapat berubah tergantung pada kondisi cuaca atau kebijakan pengelola.

Paket Wisata di Yogyakarta

Kami Memiliki Paket Wisata Lainnya yang Menarik di Yogyakarta