10 Tips Travelling Saat Berpuasa Ramadhan

Banyak orang di bulan puasa ini menunda liburan karena berbagai faktor. Biasanya faktor tersebut berupa takut kelelahan, takut kerepotan mencari tempat buka dan makanan untuk sahur dan lain sebagainya.

Padahal jika disiapkan dengan baik semua permasalahan tersebut bisa diatasi. Kamu pun berkesempatan untuk menggunakan hari liburmu di bulan puasa dengan mencari pengalaman wisata baru. Tidak melulu tiduran di rumah untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Berikut tips travelling saat berpuasa, bisa membantumu tetap nyaman walaupun sedang berpergian ?

Baca Juga :Tips Solo Traveling Bagi Wanita Yang Ingin Healing

1. Rencanakan Jadwal Sebaik-Baiknya

Credit Photo : Google

Admin sarankan jika kamu ingin travelling di bulan puasa, maka carilah destinasi wisata yang mayoritas muslim karena akan mudah bagi kamu untuk mencari tempat berbuka puasa. Dan pilihlah destinasi yang mudah dijangkau transportasi agar kamu tidak perlu berjalan jauh atau kesusahan untuk mengakses destinasi wisata tersebu

2. Pilih Destinasi Yang Tepat Supaya Puasamu Tidak Terganggu, Sebaiknya Tak Memilih Tujuan Dengan Cuaca Ekstrem (Terlalu Panas Atau Dingin).

Air Terjun Kedung Pedut (Cr : Google)

Jangan memilih destinasi dengan cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin dikarenakan akan memicu kamu untuk dehidrasi lebih cepat. Admin sarankan memilih tempat yang beriklim sejuk.

3. Menyiapkan Makanan Dan Minuman Darurat Di Dalam Tas Untuk Berbuka Atau Sahu

Credit Photo : Alodokter

Sebaiknya kamu menyiapkan makanan dan minuman cadangan untuk berbuka puasa. Hal tersebut untuk berjaga-jaga jika kamu tidak menemukan tempat berbuka disaat maghrib telah tiba. Begitu pula jika kamu sedang sakit di perjalanan dan tidak memungkinkan untuk berpuasa, maka makanan dan minuman tersebut akan sangat membantumu.

4. Mengunduh Aplikasi Yang Memberikan Update Waktu Berbuka, Sahur, Dan Salat Supaya Tidak Ketinggalan

Credit Photo : Google

Jika kamu berwisata di beda kota atau beda negara, maka kemungkinan perbedaan waktu sholat, sahur dan berbuka juga akan berbeda. Maka dari itu kamu perlu update info mengenai waktu-waktu penting tersebut. Untuk memudahkan mu, kamu bisa mengunduh aplikasi update waktu di Playstore atau IOS mu.

5. Jangan Sampai Melewatkan Sahur Karena Bisa Mengganggu Perjalanan

Credit Photo : Inews

Kamu bisa merasa cepat Lelah, kelaparan dan kehausan jika kamu melewatkan sahur. Tentu saja halt er sebut akan membuatmu tidak nyaman selama travelling.

6. Rencanakan Waktu Yang Tepat Untuk Berpergian Seperti Memulai Perjalanan Setelah Berbuka atau Sebelum Sahur

Credit Photo : okezone.com

Jika kamu berpergian ke tempat yang jaraknya cukup jauh, maka admin sarankan agar kamu pergi di jam setelah berbuka atau sebelum sahur dikarenakan pada jam-jam tersebut perutmu sudah terisi dan stamina mu sedang full sehingga kamu tidak akan kelaparan di perjalanan.

7. Riset Dahulu Soal Masjid Terdekat Di Setiap Destinasi Wisatamu.

Credit Photo : Wikipedia

Seringkali seorang muslim jika berpergian kerepotan untuk mencari tempat sholat. Untuk mengantisipasinya maka kita harus check terlebih dahulu apakah destinasi yang akan kita kunjungi terdapat fasilitas masjid/ mushola. Jika tidak ada apakah ada masjid/ mushola di sekitar destinasi tersebut. Hal ini agar kamu tidak kebingungan dan kelelahan mencari masjid di destinasi wisata yang kamu kunjungi.

8. Berikan Informasi Kepada Pihak Hotel Bahwa Kamu Sedang Berpuasa, Sehingga Sarapan Bisa Dialihkan Pada Jam Sahur

Credit Photo : Agoda

Kamu bisa menginformasikan pihak hotel agar sarapanmu dialihkan pada jam sahur sehingga jatah sarapanmu tidak akan terbuang sia-sia karena kamu tidak memakannya.

9. Saat Ramadan, Banyak Masjid Memberikan Makanan Gratis Untuk Sahur Dan Berbuka

Credit Photo : Llifepal

Keuntungann lainnya jika kamu berlibur di tempat yang mayoritas muslim, kamu bisa dengan mudah mencari tempat berbuka puasa. Apalagi aka nada banyak masjid yang memberikan makanan gratis. Disamping kamu bisa menghemat budget makan, kamu juga bisa bertemu dengan sesama muslim lainnya di masjid tersebut. Syukur-syukur ada traveller juga yang tujuannya sama denganmu, kamu bisa mendapatkan teman di perjalananmu ?

10. Hindari Jalan-Jalan Di Tempat Dengan Jalur Ekstrem Dan Di Bawah Terik Matahari Yang Menyengat, Supaya Gak Semakin Dehidrasi

Credit Photo : Google

Sama seperti point No. 2. Admin sarankan agar kamu berwisata di tempat yang sejuk sehingga tidak mudah membuatmu dehidrasi. Ditambah juga jalanan yang panas akan membuatmu merasa pusing dan tidak nyaman apalagi jika dilakukan saat sedang berpuasa.

Itu tadi 10 Tips Travelling Saat Berpuasa Ramadhan. Semoga dapat membantu merencanakan liburan puasa mu yaa.. selamat berlibur ?

 

 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda