Traveling memiliki dampak positif bagi diri sendiri, terutama untuk kesehatan mental. Dengan traveling, kita dapat menjernihkan kembali pikiran dan meningkatkan kebahagiaan.

Traveling, baik secara solo dan kelompok tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Traveling secara kelompok dianggap lebih seru daripada sendirian, karena kita akan memiliki partner untuk berbagi cerita dan berbagi peengalaman. Namun, seseorang yang suka solo traveling biasanya bertujuan untuk menenangkan hati dan pikiran tanpa perlu berinteraksi dengan orang lain. Tidak adanya teman perjalanan akan membuat kita merasa lebih bebas dalam membuat jadwal perjalanan dan melakukan apa saja hal yang kita sukai.

Traveling solo juga memiliki kekurangan diantaranya biaya perjalanan lebih mahal karena ditanggung sendiri, tidak ada teman untuk mengambil foto dan perjalanan Anda akan menjadi lebih sepi.

Namun, dibalik kekurangannya, manfaat seperti melatih kemandirian, melatih untuk mengatur keuangan sendiri, dan menjadi lebih percaya diri bisa kita rasakan. Secara langsung kita dilatih agar siap menghadapi tantangan.  Selain itu, solo traveling juga bisa menjadi salah satu terapi healing bagi kita yang ingin melepas penat sejenak dari kesibukan sehari-hari. Bagi perempuan yang ingin mencoba solo traveling untuk healing, berikut beberapa tips menarik berikut ini :

Baca Juga : Tips Solo Traveling

 

  1. Mencari Informasi Destinasi yang Akan Kita Kunjungi

Informasi tersebut mulai dari kota tujuan tempat kita akan berwisata, bagaimana daerah sekitar tempat tersebut, cuaca di daerah tersebut, serta budaya penduduk setempat. Kita juga bisa mencari informasi terkait pukul berapa yang ramai dan sepi di daerah tersebut. Dikarenakan kita bepergian sendirian, kita harus sebisa mungkin untuk menghindari ‘jam sepi’ agar lebih aman untuk bepergian.

 

  1. Menghitung Budget

Setelah menentukan kota tujuan untuk berwisata, kita harus menghitung budget yang kita punya. Tujuan dari menghitung budget ini adalah agar kita dapat bepergian sesuai dengan kemampuan. kita harus menyesuaikan budget yang kita punya dengan hotel tempat menginap, tempat wisata yang akan dikunjungi, dan berapa lama kita akan bepergian.

 

  1. Memesan Tiket Perjalanan

Setelah menghitung budget, kita dapat langsung membeli tiket perjalanan. kita bisa memilih untuk naik pesawat, kereta, atau bus. Transportasi perjalanan yang akan kita gunakan dapat menyesuaikan budget yang kita punya. Kita bisa membeli tiket secara online agar mendapat promo-promo menarik sehingga dapat mengurangi biaya akomodasi.

 

  1. Memilih Hotel dan Destinasi Wisata

Kita dapat memilih hotel dan destinasi wisata sesuai dengan budget. Kita dapat membaca review-review hotel di daerah yang akan dikunjungi, lalu ketika hotel yang diincar sudah sesuai dengan apa yang diharapkan, kita dapat langsung memesan hotel tersebut. kita juga dapat membaca dari berbagai sumber terkait destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di daerah tersebut.

 

 

  1. Menyiapkan Barang Bawaan

Hal ini adalah yang paling penting. Sebelum bepergian kita harus menyiapkan barang bawaan, mulai dari pakaian, peralatan mandi, kartu identitas, dan lainnya. Jangan lupa menyiapkan pakaian-pakaian yang kece selama bepergian. Pakaian yang bagus juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih ceria dan bahagia.

 

  1. Membuat Rencana Cadangan

Kita harus mempunyai rencana cadangan ketika ingin bepergian. Jangan hanya terpaku dengan satu rencana. Buatlah rencana cadangan berdasarkan kendala-kendala yang mungkin terjadi, seperti cuaca yang tidak mendukung, kemacetan, dan lainnya.

Demikian tips solo traveling untuk wanita yang cocok untuk healing. Semoga dengan tips ini travelingmu lancar dan menyenangkan. Selamat liburan?

Credit Photo : Google Picture

Baca Juga :

 

Paket Wisata di Bali

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bali