Wisata Belitung –  Selain Pulau Bali yang menyajikan destinasi wisata alamnya yang sungguh indah, Pulau Belitung tak mau kalah, pulau ini mmemiliki keindah alam yang luar biasa wisata bahari yang mengagumkan membuat Pulau Belitung banyak di kunjungi wisatawan asing juga.

Salah satu tempat wisata paling favorit di Belitung adalah Pulau Lengkuas, jika di samakan Pulau Lengkuas ini bagaikan Kuta nya Pulau Bali. Keindah alam Pulau Lengkuas di belitung tak di ragukan lagi, selain itu masih banyak juga tempat wisata di belitung yang wajib kalian sambangi, Berikut 20 Tempat Liburan di Belitung.

Baca Juga: 20 Tempat Liburan di Pulau Lombok Terbaru Lengkap Dengan Harga Tiket & Lokas

Pulau Lengkuas

liburan di belitung

Panorama di Pulau Lengkuas

Tak kalah terkenal dari objek-objek wisata di Belitung sebelumnya, Pulau Lengkuas juga memiliki daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah keberadaan sebuah mercusuar peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh meskipun telah berusia lebih dari satu abad. Naik ke puncak mercusuar dan nikmati indahnya panorama laut dari ketinggian tentu jadi pengalaman liburan tersendiri yang sangat berkesan.

Selain itu, destinasi wisata di Belitung ini juga memiliki pantai indah dengan hamparan batu granit yang eksotis. Uniknya lagi, kamu bisa menyebrang ke pulau ini cukup dengan berjalan kaki ketika air laut tengah surut karena kedalaman perairannya yang hanya sekitar 1.2 meter.

Danau Kaolin

liburan di belitung

Air danau kaolin yang berwarna Biru muda dengan daratan yang berwarna putih bersih

Berbeda dengan danau-danau pada umumnya, objek wisata Danau Kaolin yang berada di Belitung ini memiliki permukaan danau berwarna biru menyala berbingkai daratan putih yang kontras.

Jika kamu merupakan penggemar fotografi, tujuan wisata di Belitung satu ini jelas wajib masuk dalam daftar tujuan liburanmu karena bentang alam Danau Kaolin takkan gagal berikan kamu foto-foto instagramable.

Uniknya lagi, danau ini memiliki banyak sekali kandungan mineral yang kerap jadi bahan baku pembuatan kosmetik sehingga banyak yang percaya bahwa mencuci muka atau berenang di danau ini baik untuk kecantikan kulit.

Pantai Penyabong

liburan di belitung

Potret dari ketinggian Pantai Penyabong

Pantai ini dekat dengan lokasi dua buah batu granit raksasa yang dijuluki Bukit Beginde. Di sini Anda menemui pemandangan indah dari pantai berpasir putih dengan airnya yang biru kehijauan. Suasananya cukup tenang mengingat pengunjung di sini belum terlalu ramai.

Anda dapat menikmati bersantai di bawah pepohonan atau berjalan-jalan mengelilingi pantai. Di tempat ini juga terdapat warung makan, sehingga tidak perlu repot membawa bekal untuk makan di sini. Selain itu, pemandangan yang indah dan menyejukkan dari pantai seolah membuat Anda rileks. Di pulau terpencil ini Anda akan menemukan banyak spot foto yang menarik.

Bukit Peramun

liburan di belitung

Pemandangan alam di atas bukit Peramun

Bukit Peramun adalah sebuah destinasi wisata yang terkenal dengan pemandangan dan satwa endemiknya. Pemandangan yang dilihat di sini adalah hamparan pepohonan hijau dengan berbagai fasilitas menarik yang bisa Anda temui di sini. Salah satunya adalah jembatan merah yang menjadi alat penyeberangan menuju desa sebelah, mobil terbang, dan lainnya.

Satwa yang ada di sini yang juga menjadi daya tariknya adalah Tarsius. Hewan mungil lucu bermata besar ini dapat Anda temukan jika berkunjung ke sini. Bukit dengan ketinggian sekitar 129 meter ini dapat didaki selama 30 menit lamanya. Anda dapat menaiki beberapa anak tangga yang akan menuntun Anda ke puncak. Di sini juga terdapat banyak spot foto menarik.

Batu Mentas

liburan di belitung

Salah satu air terjun terindah di belitung dengan kejernihan airnya

Nggak melulu pantai, kamu juga bisa mengunjungi objek wisata Batu Mentas di Belitung yang merupakan bagian dari kawasan Hutan Lindung Gunung Tajam. Berada di kawasan pegunungan, udara di objek wisata Belitung satu ini nggak hanya sejuk namun juga menyegarkan. Hal ini dikarenakan alam di kawasan ini masih sangat terjaga dan asri.

Di kawasan hutan lindung ini juga kamu bisa menemukan berbagai jenis satwa termasuk Tarsius (Cephalus Bancanus Saltator) yang lebih dikenal sebagai Pelile’an oleh warga setempat. Selain itu, objek wisata di Belitung ini juga menjadi kawasan konservasi rusa.

Bukit Berahu

liburan di belitung

Suasana di bukit Berahu

Jika kamu ingin menikmati waktu lebih santai namun ingin tetap bisa menikmati indahnya alam di Belitung, Bukit Berahu bisa kamu jadikan destinasi wisata di Belitung pilihan. Kawasan ini sudah memiliki berbagai fasilitas mulai dari restoran dan juga villa untuk bermalam lengkap dengan sarana rekreasi seperti kolam renang.

Lebih seru lagi karena Bukit Berahu berada di dataran yang lebih tinggi sehingga kamu bisa menikmati indahnya pantai dan laut Belitung dari kejauhan. Ingin bermain pantai? Tak perlu khawatir karena untuk mencapai pantai tersedia akses untuk menuju pantai dengan berjalan kaki.

Wisata Laskar Pelangi

liburan di belitung

Replika tempat syuting film Laskar Pelangi

Jika kamu ingin menikmati waktu lebih santai namun ingin tetap bisa menikmati indahnya alam di Belitung, Bukit Berahu bisa kamu jadikan destinasi wisata di Belitung pilihan. Kawasan ini sudah memiliki berbagai fasilitas mulai dari restoran dan juga villa untuk bermalam lengkap dengan sarana rekreasi seperti kolam renang.

Lebih seru lagi karena Bukit Berahu berada di dataran yang lebih tinggi sehingga kamu bisa menikmati indahnya pantai dan laut Belitung dari kejauhan. Ingin bermain pantai? Tak perlu khawatir karena untuk mencapai pantai tersedia akses untuk menuju pantai dengan berjalan kaki.

Pantai Tanjung Kelayang

liburan di belitung

Pemandangan indah di Pantai Tanjung Kelayang

Satu lagi destinasi wisata pantai di Belitung yang menawarkan panorama khas pantai-pantai di Belitung yang ekstois, Pantai Tanjung Kelayang. Pantai yang berada di sebelah utara dari Pulau Belitung ini memiliki dua bagian pantai yang menawarkan dua panorama indah yang berbeda.

Sisi barat objek wisata Belitung ini dipenuhi gugusan batu granit raksasa yang menawarkan panorama indah yang juga instagramable, sedangkan sisi timur pantai lebih didominasi hamparan pasir putih dan halus yang cocok untukmu bersantai sembari menikmati semilir angin di pantai.

Museum Kata

liburan di belitung

Salah satu tempat wisata edukasi di Belitung

Siapa yang tidak menyukai Laskar Pelangi? Kisah yang tertulis baik di novel maupun di film ini menceritakan tentang anak-anak yang berjuang mewujudkan mimpi mereka. Museum Kata, sebuah bangunan yang berisi koleksi-koleksi dari sang pencipta novel fiksi tersebut, Andrea Hirata.

Museum ini merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia. Didirikan oleh Andrea Hirata sendiri sebagai pengingat untuk mencintai dan menghargai karya sastra baik dari dalam negeri maupun negeri lain. Di

sini Anda dapat melihat koleksi yang menggambarkan isi novel Laskar Pelangi dari awal hingga akhir yang dipajang dalam bentuk foto.

Pantai Serdang

liburan di belitung

Salah satu pantai di belitung yang masih sangat asri & terjaga

Pantai ini merupakan tempat yang cocok untuk melihat matahari terbit. Anda juga dapat melihat pemandangan menyegarkan dari pepohonan pinus yang tumbuh berjejer di pinggir pantai. Terdapat banyak spot foto selfie dengan latar belakang pepohonan atau daerah pantai yang indah.

Ombak di tempat ini cenderung besar, butuh keberanian untuk berenang di Pantai Serdang. Selain itu, pemandangan pantai yang memiliki pasir putih bersih dan air lautnya yang biru sangat mengagumkan. Di sekitar sana terdapat banyak warung makan yang menjajakan dagangannya. Jangan lupa mencicipi kopi di sana, seperti yang diketahui bahwa Kota Manggar dikenal sebagai Tempat 1002 Kopi.

Pulau Lutong

liburan di belitung

Foto di bibir pantai di Pulau Lutong

Pulau dengan semenanjung pasir putih nan halus ini memiliki banyak keindahan yang masih belum diketahui banyak orang. Dengan hiasan air laut yang kehijauan indah dengan batu granit yang ada, Pulau Lutong sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Di sini terdapat banyak pepohonan ketapang dan kelapa yang menghiasi pinggiran pantai. Anda juga bisa berkeliling pulau yang menawan ini perlahan sambil bersantai menikmati waktu liburan.

Pantai Tanjung Tinggi

Panorama alam indah di Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Belitung memiliki ciri khas berupa bebatuan dengan ukuran besar dan berada di pinggir pantai. Para pengunjung biasanya menjadikan batuan tersebut untuk tempat duduk atau pengambilan foto estetik.

Ombak yang halus ditambah dengan pasir putih yang lembut, semakin membuat suasana pantai menjadi sangat menyenangkan. Bahkan hanya sekedar duduk-duduk di pinggir pohon yang ada di pantai ini akan membuat suasana hati membaik.

Tirta Marundang

Pemandian air panas Tirta Marundang

Tirta Marundang, merupakan sebuah destinasi wisata baru yang airnya berasal dari Sungai Marundang. Tempat ini memiliki pesona yang indah alami dengan perairan yang jernih. Saking jernihnya, Anda dapat melihat bebatuan yang ada di dasar kolam ini.

Pesona yang menjadi daya tarik di tempat ini adalah pemandangannya yang asri. Anda dapat menjumpai ikan air tawar berenang lincah di dalam kolam. Suasananya yang sejuk walau di hari panas membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di sana.

Pulau Memperak

Pulau yang di penuhi bebatuan besar Pulau Memperak

Jika Anda punya hobi snorkeling maka tidak boleh melewatkan pulau satu ini. Pulau yang tidak memiliki banyak penghuni ini dilengkapi dengan banyak sekali pantai dan kesempatan untuk bisa melakukan snorkeling bagi para pengunjung. Olahraga air satu ini adalah yang paling disukai dan menjadi andalan pulau ini.

Sayangnya, Anda harus membawa sendiri peralatan snorkeling yang dibutuhkan karena petugas tidak menyediakannya. Nantinya Anda akan menikmati kekayaan biota bawah laut yang tidak ada duanya.

Pantai Nyiur Melambai

Potret nelayan yang memarkirkan kapalnya

Dinamakan sebagai pantai Nyiur Melambai karena pantai ini terkenal dengan hembusan anginnya yang sepoi-sepoi. Hal ini karena di sepanjang pantai terdapat pohon pinus yang menjulang tinggi dan membawa suasana teduh.

Lewat garis pantai yang panjang juga membuat pemandangan pantai ini tampak begitu jelas. Ketika pagi hari, para nelayan berjualan sayuran hasil dari panenan lewat pulau seberang. Pemandangan tersebut juga disukai oleh para pengunjung.

Gusong Bugis

Sunset indah di Gusong Bugis

Di tempat ini terdapat sebuah pantai yang tergabung dengan kawasan hutan bakau yang indah. Anda dapat menikmati pemandangan di sini sambil berlayar di atas perahu yang tersedia di sekitar sana. liburan di belitung

Pemandangan yang paling dinantikan pengunjung di sana adalah ketika matahari tenggelam. Anda dapat menyaksikan fenomena tersebut sambil bersantai di saung yang sudah disediakan. Di sini juga terdapat sebuah jembatan kayu yang digunakan untuk wisatawan menyusuri hutan mangrove sambil bersantai.

Kampong Dedaun

liburan di belitung

Kampong Hijau atau Kampong Dedaunan yang dipenuhi pohon hijau

Kaawasan Kampong Dedaun merupakan kawasan pantai yang sering dijadikan sebagai tujuan utama oleh pengunjung. Pada beberapa sudut pantai, terdapat gazebo-gazebo yang sengaja disediakan untuk bersantai.

Hal yang menarik, setiap pengunjung bisa menyewa perahu kayak dan berkeliling menikmati keindahan pantai. Jangan lupa untuk terus berada di tempat ini saat matahari terbenam karena sangat indah. liburan di belitung

Tanjung Binga

Panorama alam di Tanjung Binga

Wisata Tanjung Binga sering disebut sebagai desa nelayan karena memang dihuni oleh para nelayan. Tanjung ini layaknya surga tersembunyi di Belitung karena menyimpan keindahan yang masih alami. Kondisi tempat wisata ini juga sangat bersih dan asri sehingga liburan akan terasa menyenangkan.

Di bagian tengah tanjung terdapat jembatan kayu dengan gubuk-gubuk kecil. Jika Anda ingin sekedar melepas penat dan menikmati waktu liburan, maka sangat disarankan untuk mengunjungi tempat satu ini. liburan di belitung

Pulau Pasir

Suasana di Pulau Pasir

Sesuai dengan namanya, pulau ini memang terkenal dengan pasir putihnya yang lembut. Bahkan lebih lembut dibandingkan pantai lainnya. Uniknya, di bagian tengah pulau terdapat fenomena yang cukup mengejutkan, yakni adanya pulau kecil di tengah laut. liburan di belitung

Pasalnya, pulau kecil tersebut hanya akan muncul ketika sedang pasang saja dan akan hilang saat surut. Pulau ini secara umum memiliki perairan yang dangkal sehingga pengunjung bisa bebas bermain air.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai 20 Tempat liburan di Belitung yang wajib kalian sambangi saat liburan di Belitung.

Paket Wisata di Belitung

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Belitung