Tempat Liburan di Lombok– Destinasi Wisata Lombok terkenal dengan keindahan alamnya, mulai dari pantai, pulau, bukit, hingga air terjun. Tak hanya itu, Pulau Lombok juga memiliki keragaman budaya dan kearifan lokal yang menarik untuk di telusuri.

Nah buat kalian yang pengen liburan ke Lombok daripada was-was liburan ke luar negeri, lebih baik jalan-jalan ke negeri sendiri yang tak kalah cantiknya. Berikut 20 Rekomendasi tempat liburan di lombok paling indah dan populer yang menunggu untuk kamu sambangi.

Gili Trawangan

Tempat Liburan di Lombok

Pemandangan alam di Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah destinasi wisata lombok yang sangat populer. Saking terkenalnya, Gili Trawangan bahkan masuk dalam dafter destinasi wisata top Asia dan pulau yang paling diminati di Asia. Keindahannya memang bagaikan surga. Fasilitasnya pun lengkap dan punya segudag aktivitas seru untuk wisatawan dengan gaya backpacker hingga premium.

Garis pantainya pun menakjubkan lengkap dengan pasir putih halus dan perairan biru kehijauan. Di pulau ini kendaraan bermotor di larang sehingga wisatawan bisa keliling pulau sambil naik sepeda atau cidomo (kereta kuda).

Aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di Gili Trawangan lainya seperti snorkeling, transparan kayaking, diving, surfing, hingga pesta di atas boat. Wisata kuliner di sini juga oke banget karna banyak restoran yang menyajikan berbagai makanan khas indonesia & dunia.

Pink Beach

Tempat Liburan di Lombok

Sunset indah di Pantai Pink

Pink Beach Lombok adalah tempat liburan terbaru di lombok yang sangat populer. Keindahaannya membuat banyak wisatawan menjadikan sebagai destinasi yang wajib dikunjungi saat liburan di lombok.

Pantai indah di lombok sebenarnya bernama Pantai Tangis. Tapi karena memiliki pasir berwarna pink, maka lebih di kenal sebagai pantai pink, warna pink dari pasirnya sendiri berasal dari alga dan serpihan karang berwarna merah yang bercampur dengan pasir putih.

Lokasi pink beach di lombok cukup terpencil dan aksesnya kurang bersahabat. Ada dua akses yang bisa kamu pilih untuk munuju ke sini, yaitu jalur darat dan jalur laut. Keduanya sama-sama menantang. Selain keindahan pantainya, Pink Beach juga terkenal dengan kehidupan bawah lautnya yang cantik. Jangan lewatkan snorkeling dan diving selama liburan di Pantai Pink ini yah.

Rumah Pohon Gangga

Tempat Liburan di Lombok

Spot berfoto epic di Rumah Pohon Gangga

Wisata Rumah Pohon Gangga memiliki konsep serupa dengan Taman Wisata Pusuk Sembalun, yakni gardu pandang yang berada di ketinggian. Rumah Pohon Gangga berada di Desa Gangga Mumas, Lombok Utara.

Di tempat ini kamu juga bisa memanjakan matamu dengan pemandangan serba hijau. Lokasinya yang dekat dengan air terjun juga jadi satu hal yang menambah keelokan Rumah Pohon Gangga. tempat liburan di lombok

Pantai Senggigi

Tempat Liburan di Lombok

Suasana asri di pantai Senggigi

Pantai Senggigi menjadi ikon, sekaligus magnet wisata utama bagi Lombok. Tempat wisata pantai pasir putih sepanjang 10 kilometer yang membentuk teluk ini berada dekat dari Mataram. Kamu dapat berkendara menempuh perjalanan sekitar 40 menit saja. Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini, sama halnya seperti di Pantai Kuta, Bali.

Di Pantai Senggigi, kamu bisa bermain pasir, berenang, menyaksikan matahari terbenam, hingga snorkeling untuk melihat pemandangan karang bawah laut yang mengagumkan. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas di sekitar pantai, seperti plecing kangkung dan ayam taliwang. tempat liburan di lombok

Gili Petelu

Tempat Liburan di Lombok

Potret Gili Patelu dari ketinggian

Gili Patelu atau pulau tiga adalah spot wisata lombok yang keindahannya sudah begitu terkenal. Lokasi wisata lombok ini semakin populer karena dekat dengan Pink Beach lombok alias Pantai Tangis.

Kelebihan dari Gili Patelu Lombok adalah pemandangan bawah lautnya yang masih alami. Terumbu karang serta biota lautnya masih terjaga. Air lautnya pun jernih berwarna biru tosca.

Aktivitas faavorit di pulau kecil ini tentu saja snorkeling. Arus bawah laut juga relatif stabil dan tenang. Namun, kamu harus hati-hati menaruh barang-barang karena di pulau ini banyak monyet liar.

Bukit Selong

Tempat Liburan di Lombok

Panorama alam yang menakjubkan di Bukit Selong

Bukit Selong atau Bukit Beleq berlokasi di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Dari atas Bukit Selong, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat yakni bukit-bukit yang indah, serta hamparan sawah yang berwarna-warni. tempat liburan di lombok

Gili Meno

Tempat Liburan di Lombok

Sebuah pulau kecil yang masih asri dan nyaman di huni Gili Meno

Gili Meno berada di barat daya Lombok, tepatnya di antara Gili Air dan Gili Trawangan. Kamu bisa mengakses pulau kecil ini dengan speedboat dari Bali atau kapal umum dari Senggigi. Selain untuk tempat berlibur, Gili Meno cocok dijadikan sebagai destinasi honeymoon karena suasana yang tenang dan intim.

Saat berada di sini, kamu pun bisa berjemur, berenang, dan menyelam di perairan yang jernih. Jika tak ingin bermain air, kamu bisa berkunjung ke penangkaran penyu untuk melihat para induk menetaskan tukik (bayi penyu).

Pantai Kuta Mandalika Lombok

Tempat Liburan di Lombok

Selain Bali, Lombok juga punya kuta

Bukan hanya Bali, Lombok juga punya pantai kuta lombok mandalika mulai dikenal masyarakat karena bentang alamnya yang masih alami serta legenda Putri Mandalika.

Air lautnya begitu jernih, sampai-sampai terumbu karang bisa terlihat dari permukaan. Di sini banyak aktivitas yang bisa di coba, seperti banana boat, berselancar, windsurfer, hingga paralayang.

Bagi kamu yang mau mengajak anak-anak dan keluarga liburan di lombok, wajib mengunjunginya pantai ini. Bermain-main di pantai luas dengan ombak yang tenang pasti sangat menyenangkan.

Air Terjun Madu

Tempat Liburan di Lombok

Penampakan Air Terjun Madu

Tak jauh dari Bukit Selong, kamu bisa sekalian menyambangi Air Terjun Madu. Lokasinya masih di daerah Sembalun, tepatnya di Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Ketinggian air terjun ini mencapai sekitar 20 meter. Airnya segar dan berwarna hijau kebiruan. Dari kejauhan, air terjun ini telah memancarkan keindahannya, sehingga menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan.

Gili Air

Tempat Liburan di Lombok

Penginapan terapung di Gili Air

Ingin mengunjungi pulau kecil yang terletak paling dekat dengan Lombok? Gili Air adalah pilihan yang tepat. Gili Air merupakan tujuan wisata yang lebih sunyi dibanding Gili Meno dan Gili Trawangan. Pulau kecil ini cocok untuk kamu yang mencari ketenangan di tengah alam.

Di sini, kamu bisa menikmati keindahan pasir putih sambil duduk di bawah pepohonan rindang. Untuk pengalaman yang lebih seru, menyelami laut dan melihat “surga” di bawah laut merupakan hal yang patut kamu lakukan di Gili Air.

Narmada

Tempat Liburan di Lombok

Taman yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani

Narmada adalah sebuah kecamatan yang terletak di Lombok Barat, tepatnya di bawah kaki Gunung Rinjani. Kawasan ini dikenal wisatawan karena keberadaan taman raja seluas hampir tiga hektar yang cantik. Bangunan yang sudah dibangun sejak tahun 1700an ini bernama Taman Narmada.

Taman ini berada di Desa Lembuak atau sekitar 10 kilometer di sebelah timur Mataram. Di dalamnya, terdapat kolam tirta (pemandian air pada zaman dahulu) dan pura yang dibangun sebagai replika dari keagungan Rinjani. Tujuannya, agar raja yang sudah sepuh tak perlu lagi pergi jauh mendaki gunung untuk melakukan berbagai acara kesucian

Taman Narmada cocok dikunjungi untuk kamu yang ingin ingin tahu kehidupan para raja di Lombok pada masa lalu. Saat berkunjung ke sini, kamu bisa masuk ke sebuah pura yang di dalamnya terdapat air suci. Kamu pun boleh membasuh wajah dan beberapa bagian tubuh dengan air tersebut.

Air Terjun Benang Kelambu

Tempat Liburan di Lombok

Salah satu air terjun terbaik yang ada di Pulau Lombok

Selain Mangkusakti, salah satu air terjun eksotis lainnya yang wajib kamu kunjungi adalah Air Terjun Benang Kelambu. Objek wisata alam ini berada di Aik Berik, Lombok Tengah yang dapat ditempuh selama 1 jam berkendara dari Mataram.

Air Terjun Benang Kelambu terbagi atas beberapa aliran yang bersebelahan dan jatuh di antara hutan belantara. Air terjun ini dinamakan “Benang Kelambu” karena air yang mengalir bak benang tipis berukuran kecil. Oleh karena itu, gemercik air yang terdengar halus dapat menenangkan jiwa dan raga. Destinasi wisata ini cocok untuk kamu yang ingin menyendiri dan melepas penat.

Air Terjun Mangkusakti

Tempat Liburan di Lombok

Air terjun yang sangat unik, Air Terjun Mangkusakti

Di tengah hutan kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Sembalun, terdapat air terjun setinggi 30 meter yang mengalir di antara batuan tebing menawan bernama Air Terjun Mangkusakti. Aliran air ini merupakan bagian dari Sungai Kokoq Puteq yang sumber airnya berasal dari Segara Anak. Tepat di bawah air terjun ini, kamu juga bisa berenang di kolam alami yang jernih dengan warna biru toska yang menyejukkan mata.

Bukit Pergasingan

Tempat Liburan di Lombok

Seperti berada di atas awan

Salah satu spot terbaik untuk mengagumi kemegahan Rinjani tanpa harus mendaki hingga ke puncaknya adalah di Bukit Pergasingan. Bukit di sebelah timur Rinjani ini semakin terkenal di kalangan para pendaki maupun wisatawan. Bukit Pergasingan berada di Sembalun, Lombok Timur.

Untuk mencapai bukit ini, kamu membutuhkan waktu perjalanan sekitar 4 jam dari Kota Mataram. Jalur pendakian tak begitu sulit karena kamu akan disediakan ratusan anak tangga yang menuntun ke atas bukit. Selain berfoto dengan latar belakang Rinjani yang menjulang megah, kamu juga bisa menyaksikan kecantikan matahari terbit langsung dari tempat ini.

Taman Nasional Gunung Rinjani

Pemandangan alam di Taman Nasional Gunung Rinjani

Di area sekitar 40.000 hektar, berdiri kokoh gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, yaitu Gunung Rinjani. Terdapat dua jalur pendakian resmi untuk mencapai gunung dengan ketinggian 3.762 mdpl ini. Kamu dapat memilih jalur Senaru di Lombok Utara atau Sembalun di Lombok Timur.

Gunung Rinjani menawarkan pemandangan luar bisa yang menjadi favorit para wisatawan, mulai dari lereng hingga ke puncak tertingginya, yaitu Puncak Dewi Anjani. Jika Semeru memiliki Ranu Kumbolo, di Rinjani ada Segara Anak. Ingin mencoba pengalaman berkesan lainnya? Kunjungi pemandian air panas alami yang berada tak jauh dari Segara Anak.

Segara Anak

Panorama alam segara anak yang menakjubkan

Nama Segara Anak pasti sudah tidak asing lagi, terutama bagi para pendaki Gunung Rinjani. Tempat ini merupakan favorit para wisatawan yang ingin bermalam saat melakukan pendakian. Danau vulkan dengan kedalaman 230 meter ini, dulunya merupakan bekas kawah letusan gunung yang kemudian tergenang air, hingga berubah menjadi danau.

Segara Anak memiliki air berwarna biru laut yang sangat indah di atas ketinggian 2.000 mdpl. Di sekitar danau, kamu juga bisa melihat panorama Gunung Barujari yang sering disebut sebagai “gunung di atas gunung”. Barujari merupakan anak gunung dari Rinjani dan masih aktif hingga saat ini.

Pantai Tanjung Aan

Salah satu pantai terindah yang letaknya berdekatan dengan pantai kuta mandalika

Destinasi wsata lombok memang menyimpan banyak surga tersembunyi, salah satunya adalah Pantai Tanjung Aan. Tempat wisata terbaru di lombok ini tergolong masih sepi dan lebih banyak dikunjungi wisatawan asing.

Pantai yang terletak di kawasan mandalika, lombok tengah ini memiliki laut biru kehijauan yang jernih. Pasir putihnya pun lembut sehingga cocok dijadikan primadona wisata lombok.

Keindahan semakin terpancar karena tanjung aan dikelilingi oleh perbukitan hijau yang tidak terlalu tinggi. Wajib deh hukumnya jalan-jalan ke sini, apalagi alamnya masih asri.

Jaraknya pun tak terlalu jauh dar bandara internasional lombok. Bermain air, berselancar, berjemur, hingga menyelam, semuanya bisa kamu lakukan di pantai tanjung aan lombok.

Pantai Sekotong

Pantai yang terkenal akan ke indahan bawah lautnya

Nah Pantai Sekotong terdapat di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, sekitar 60 km dari Kota Mataram. Pantai ini dikelilingi oleh perbukitan yg melingkar tidak jauh dari tepi pantai.

Lautnya yang biru serta pantainya yang putih menjadikan tempat ini sebagai obyek wisata di pulau lombok yang wajib dikunjungi. Pantai sekotong ini masih sangat asri, bebas polusi dan belum banyak dijamah oleh wisatawan.

Gili Nanggu

Salah satu gili yang banyak di kunjungi wisatawan manca negara

Gili Nanggu berada di Selat Lombok atau di pesisir barat Pulau Lombok. Secara administratif, pulau ini berada di wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Di Gili Nanggu terdapat pantai cantik dengan hamparan pasirnya yang putih serta lautnya yang biru. Suasana alamnya yang hening, membuat pulau ini menjadi pilihan yang tepat bagi para pasangan yang ingin berbulan madu. Matahari tenggelam merupakan momen yang paling indah di pulau seluas sekitar 8 hektar ini.

Air Terjun Sendang Gile

Potret air tejun tertinggi di Lombok

Berlokasi di Lombok Utara, Air Terjun Sendang Gile berjarak sekitar 60 km atau 3 jam perjalanan dari kota Mataram. Berada di kawasan Desa Senaru, Air Terjun Sendang Gile adalah pintu masuk awal pendakian Gunung Rinjani.

Karena memiliki sumber air yang sama dengan air di Taman Narmada, air di Air Terjun Sendang Gile juga dipercaya dapat membuat Anda awet muda bila Anda gunakan untuk mandi atau membasuh muka.

Untuk dapat menikmati air awet muda di Air Terjun Sendang Gile, Anda harus menaiki sekitar 200 anak tangga terlebih dahulu.

Itulah 20 tempat wisata di lombok terbaik yang bisa kallian kunjungi.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda