Pura Paling Tekenal di Bali – Bali adalah sebuah Provinsi di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Hindu. Dengan banyaknya penduduk beragama hindu, maka sudah pasti akan ada banyak pura yang berada disana. Ketika kamu berkunjung di Bali, maka kamu akan disambut dengan berbagai macam pura baik pura kecil yang berada di pinggir jalan atau pura-pura besar yang terkenal.

Pura-pura ini tidak hanya menjadi fasilitas untuk beribadah umat Hindu, melainkan juga digunakan untuk tempat berwisata wisatawan lokal dan asing dikarenakan bentuk bangunannya yang unik dan menjunjung tinggi ke aestethic an. Berfoto dengan berlatar belakang Pura menjadikan fotomu lebih unik dan instagramable.

Seperti apa pura-pura tersebut? Berikut 5 Pura Paling Tekenal di Bali yang Bikin Kamu Terpesona!

  1. Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu Bali

Pura Luhur Uluwatu (Cr : Google)

Pura Luhur Uluwatu Bali

Pura Luhur Uluwatu dari Atas (Cr : Google)

Wah tidak asing banget kan saat kamu mendengar namanya? Pura ini adalah salah satu pura paling terkenal di Bali! Hampir setiap wisatawan yang datang ke Bali akan berkunjung ke Pura Luhur Uluwatu.

Lokasi pura terletak di atas sebuah bukit karang dengan ketinggian sekitar 97 meter di atas permukaan laut. Karena lokasi pura yang berada di atas tebing batu karang, maka pura ini di beri nama Uluwatu, yang dalam bahasa Sanskerta berarti puncak batu karang.

Letaknya yang diatas tebing karang membuat kita akan memandang luasnya Samudra Hindia. Pemandangan ini sangat indah apalagi jika kita melihat sunset dari atas sini. Kamu akan sangat terpukau!

Selain keindahan pemandangan yang diberikan, saat sore hari kamu juga akan dijamu oleh tari Kecak yang sangat spektakuler. Dijamin liburanmu di Pura Luhur Uluwatu akan menjadi Best Moment in Your Life ?

 

  1. Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot (Cr : Google)

Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot (Cr : Google)

Sama seperti Pura Luhur Uluwatu, Pura Tanah Lot sangat terkenal hingga mancanegara. Pura ini dibangun pada dua tempat yang berbeda. Satu pura terletak di atas bongkahan batu besar, dan satunya lagi terletak di atas tebing yang menjorok ke laut.

Pada saat air laut pasang, pura akan kelihatan di kelilingi air laut. Di bawahnya terdapat goa kecil yang di dalamnya ada beberapa ular laut. Sedangkan pada saat air laut surut, kamu akan dapat berjalan mendekati lokasi pura.

Waktu favorit untuk berkunjung yaitu pada sore hari menjelang matahari terbenam. Siluet pura yang diperlihatkan sangatlah cantik.

Baca Juga :

  1. Pura Ulun Danu Berantan

Pura Ulun Danu Berantan

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul (Cr : Google)

Pura Ulun Danu Berantan

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul (Cr : Google)

Tak ketinggalan dengan Pura Luhur Uluwatu dan Pura Tanah Lot, Pura Ulun Danu Berantan juga menjadi pura terkenal yang berada di Bali. Pura Ulun Danu Beratan berada di Danau Beratan, Candikuning, Baturiti, Tabanan Regency, Bali. Merupakan sebuah pura dan candi air besar di Bali. Candi utama air lainnya menjadi Pura Ulun Danu Batur. Kompleks candi ini terletak di tepi barat laut Danau Bratan di pegunungan dekat Bedugul, Kabupaten Tabanan.

Pura Ulun Danu Beratan berjarak sekitar 70 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai dan kurang lebih 50 km dari pusat kota Denpasar.

Pemandangan dari tepi Pura Ulun Danu Beratan ini sangat indah! Udara yang segar dan cuaca yang sejuk membuatmu betah untuk berlama-lama di tempat ini.

 

  1. Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul (Cr : Google)

Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul (Cr : Google)

Tirta Empul adalah nama sebuah pura Hindu yang terletak di desa Manukaya, kecamatan Tampak Siring, kabupaten Gianyar Bali. Keunikan arsitektur dan adanya mata air pada area dalam pura, membuat pura Tirta Empul menarik banyak kunjungan wisatawan. Baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik.

Keunikan utama dari pura Tirta Empul terdapat pada mata air alami yang berada di dalam area pura. Air dari mata air ini di gunakan oleh masyarakat pemeluk agama Hindu, untuk pemandian menyucikan diri dan memohon tirta suci. Dewa yang di puja di Pura Tirta Empul adalah dewa Indra.

Selain pura Hindu, di tempat wisata Tampak Siring terdapat istana kepresidenan yang di dirikan oleh presiden pertama Indonesia, IR Soekarno sebagai tempat peristirahatan beliau saat berkunjung ke Bali. Istana Tampak Siring di bangun dari tahun 1957 – 1960.

  1. Pura Agung Besakih

Pura Agung Besakih

Pura Agung Besakih (Cr : Google)

Pura Agung Besakih

Pura Agung Besakih (Cr : Google)

Pura Agung Besakih Karangasem adalah Pura terbesar umat beragama hindu di Bali. Di area Pura ini tidak hanya terdapat satu Pura, tetapi banyak Pura. Karena begitu banyaknya terdapat Pura dalam satu wilayah, maka Pura Besakih Bali adalah Pura terbesar di Indonesia.

Pura Agung Besakih di Bali sudah terkenal sampai ke macanegara, begitu banyak wisatawan asing atau domestik yang berwisata ke tempat ini. Saking besarnya Pura ini, Pura Agung Besakih mendapat nama sebagai ibunya dari Pura di Bali.

 

Nah itu dia 5 Pura paling terkenal di Bali. Jika kamu berkunjung ke Bali, pastikan kamu datang ke salah satu pura tersebut karena tidak afdol rasanya jika kamu ke Bali tapi tidak mengunjungi Pura-pura yang merupakan ciri khas utama Bali. Selain itu masih banyak pura-pura lain yang tidak kalah cantik, stay tune di blog LABIRU yaa agar wawasan pariwisatamu bertambah ?

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda