Tour Jogja – Gunung Merapi, pesona alam yang memukau di Yogyakarta, menyuguhkan panorama tak terlupakan dari berbagai sudut pandang. Bagi para pencinta petualangan dan keindahan alam, kami telah merangkum 5 rekomendasi spot Merapi view terbaik untuk menikmati keelokan gunung ini. Siapkan diri Anda untuk terpesona oleh keagungan alam yang memukau!

Lokasinya di mana saja, ya? Maka dari itu, mari kita cek lokasi spot Merapi view terbaik pada ulasan berikut ini. 

Bukit Klangon

Spot Merapi View Terbaik di Yogyakarta

Credit: Glagaharjo

Bukit Klangon merupakan spot Merapi view yang lokasinya berada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bukit Klangon terletak pada ketinggian 1.200 MDPL dan berjarak sekitar 4 kilometer dari Gunung Merapi sehingga kepulan asap sangat jelas terlihat. Selain menikmati panorama Merapi, wisatawan dapat melakukan aktivitas seperti berkemah di hamparan bukit dengan udara dingin dan sejuk.

Bukit Klangon beroperasi setiap hari mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB bagi wisatawan non camping. Wisata camping ini dibuka selama 24 jam. Wisatawan perlu menyiapkan retribusi tiket masuk sebesar Rp4.000 dan retribusi bagi yang ingin camping sebesar Rp15.000. Adapun tiket parkir kendaraan motor sebesar Rp3.000 dan parkir kendaraan mobil sebesar Rp5.0000. 

Ekowisata Kalitalang

Spot Merapi View Terbaik di Yogyakarta

Credit: Orami[dot]com

Kali Talang merupakan spot Merapi view yang berlokasi di Desa Belantere, Kec. Kemalang, Kab. Klaten, Jawa Tengah. Kali Talang berada pada ketinggian 1.160 MDPL dan berjarak sekitar 31 kilometer dari kawasan Gunung Merapi. Meskipun terlihat jauh, spot Merapi view di Kali Talang tidak kalah cantiknya dengan spot di daerah lainnya. Wisatawan dapat menggunakan teropong untuk menyaksikan eksotisme puncak serta kawah Gunung Merapi. 

Kali Talang terletak di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sehingga pengelola menarifkan tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Fasilitas yang ditawarkan adalah spot foto dan jembatan kayu yang langsung menghadap ke arah Gunung Merapi. Selain itu, tersedia warung sederhana serta area parkir.

Tankaman Natural Park

Credit: Nawacitaspot[dot]com

Tankaman Natural Park merupakan area hutan rakyat yang terletak di Dusun Kaliurang Timur atau berada di lingkar ujung utara Yogyakarta. Tankaman Natural Park berjarak sekitar 7 kilometer dari puncak Merapi. Hal tersebut menjadikan Tankaman Natural Park menjadi salah satu spot Merapi view terbaik karena bentang alam yang tampak jelas terlihat serta kesejukan udara pegunungan yang menyehatkan tubuh.

Pengelola Tankaman Natural Park menerapkan konsep pay as you wish atau membayar seikhlasnya. Tankaman Natural Park menawarkan berbagai aktivitas wisata dengan tarif yang berbeda, seperti camping dikenakan tarif sebesar Rp25.000 per orang, trekking sebesar Rp160.000 per orang, rekreasi dengan menyewa pendopo sebesar Rp450.000. Tankaman Natural Park beroperasi setiap hari kecuali selasa mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Plunyon Kalikuning

Credit: IDN Times

Plunyon Kalikuning adalah objek wisata yang sekaligus menjadi salah satu spot Merapi view terbaik di Yogyakarta. Plunyon Kalikuning berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi atau tepatnya di Kedungsriti, Umbulharjo, Cangkringan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berada di ketinggian 800 MDPL dan berjarak sekitar 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi. 

Wisatawan yang akan mengunjungi Plunyon Kalikuning cukup membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang pada hari kerja dan sebesar Rp7.500 pada hari libur. Untuk menjaga keamanan dan keselamatan, wisatawan dibebankan asuransi jiwa sebesar Rp2.000. Adapun biaya lainnya seperti tiket parkir kendaraan motor yaitu Rp2.000 dan mobil sebesar Rp5.000. Plunyon Kalikuning buka setiap hari kecuali senin mulai pukul 07.00 – 16.00 WIB.

Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem

Credit: Atourin

Bunker Kaliadem merupakan objek wisata alam yang ikonik di Yogyakarta. Selain menjadi objek wisata, Bunker Kaliadem seringkali menjadi spot Merapi yang berlokasi di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berjarak sekitar 4,5 kilometer dari puncak Merapi. Tak heran jika keindahan panorama lereng Gunung Merapi dan bentang alam tampak jelas terlihat.

Bunker Kaliadem beroperasi setiap hari selama 24 jam. Aktivitas yang ditawarkan kepada wisatawan adalah bunker tour, trekking ke hutan pinus, berfoto, mengelilingi bunker dengan jeep. Wisatawan cukup membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang dan tiket parkir kendaraan motor sebesar Rp5.000 dan mobil sebesar Rp10.000. Tersedia penawaran paket Lava Tour Jeep dan penyewaan motor trail dengan harga yang beragam.