Merencanakan liburan tentunya harus disesuaikan dengan siapa yang akan berliburnya. Merencanakan liburan untuk keluarga tentu berbeda jika kita berlibur dengan kawan-kawan kita. Dan kali ini Labiru Tour akan memberikan beberapa tips untuk kamu semua yang ingin liburan bareng keluarga. Karena liburan keluarga ini perpaduan antara orang dewasa dan anak-anak. Dimana baik orang tua maupun anak-anak harus sama-sama senang ketika berlibur. Berikut beberapa tipsnya.

Pilih Destinasi Wisata Yang Tepat

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan destinasi wisata. Dimana ini merupakan hal paling penting jika kita ingin merencanakan liburan bersama keluarga. Karena tidak mungkin kita memilih destinasi wisata seperti Patpong, Bangkok. Yang mana wisata itu hanya khusus untuk orang dewasa. Walaupun beberapa destinasi wisata populer juga belum tentu cocok untuk wisata keluarga. Dan juga sebaliknya, jika kita memilih destinasi wisata yang khusus hanya untuk anak-anak. Para orang tua bisa mati gaya ketika berlibur karena nantinya akan hanya jadi penonton.

tips-liburan-keluarga

Pilihla destinasi wisata dimana anak-anak dan orang tua bisa menikmatinya. Seperti wisata di Jakarta seperti Dufan, naik bianglala bisa jadi pilihan yang tepat karena orang tua dan anak-anak bisa sama-sama menikmati. Jika di Jogja, Kamu bisa pilih wisata Goa Pindul. Dimana orang tua dan anak-anak bisa menikmati cave tubing dengan rasa aman dan seru. Atau jika kamu berlibur ke Bunaken. Bisa mencoba naik perahu yang bawahnya dilapisi kaca. Ini juga destinasi wisata yang bisa dinikmati oleh orang tua maupun anak-anak.

Sesuaikan Minat Anak dan Orang Tua

Setiap orang punya minat tersendiri ketika berlibur. Coba definisikan minat dari masing-masing orang tua dan anak agar nanti bisa disesuaikan dengan itinerary liburan. Jika kita sudah mengetahui minat dari masing-masing, maka kita akan mudah menyusun itinerary ketika liburan nanti. Contoh, jika nanti kelurga banyak berminat pada wisata yang berbau petualangan. Cave tubing di Goa Pindul atau rafting di Sungai Elo. 2 Wisata itu cocok untuk keluarga dan juga ada sensasi petualangannya. Atau jika keluarga memiliki minat wisata sejarah, bisa mengunjungi Candi Prambanan atau Candi Malioboro. Penyesuaikan ini bisa diatur ketika kita menyusun itinerary liburan keluarga kita.

Perhatikan Faktor Anak

Orang dewasa lebih mudah menyesuaikan diri daripada anak-anak. Maka dalam menyusun liburan keluarga, sebaiknya kita lebih mementingkan faktor anak. Mulai dari minat si anak, stamina, serta persiapan jika si anak kelelahan. Peralatan P3K serta obat-obatan untuk si anak harus benar-benar dipersiapkan sebelum berangkat liburan.

Utamakan Interaksi Dan Komunikasi

Ketika berlibur bersama keluarga, utamakan interaksi antara si anak dan orang tua. Mungkin jika orang dewasa senang berlibur ke objek wisata seperti museum, dimana mereka bisa melihat sejarah masa lalu. Tapi mungkin si anak tidak peduli akan hal itu, lebih baik rencanakan liburan dengan sedikit aktifitas dan ada interaksi dan komunikasinya. Misal, berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta. Dimana sang anak bisa mencoba berbagai permainan ilmiah. Dan nantinya akan ada interaksi antara si anak dan orang tua.

Libatkan Semua Orang

Didalam liburan keluarga tidak boleh ada yang pasif. Dimana setiap kelurga mulai dari anak, ibu, dan ayah harus berperan serta aktif dalam liburan. kegiatan seperti outbound di alam bebas serta camping bisa menjadi alternatif menarik untuk liburan keluarga. Dimana setiap keluarga bisa berperan aktif dalam kegiatan liburan.

Itulah beberapa tips untuk merencanakan liburan keluarga yang seru. Rencanakan dengan baik liburan kamu, karena ini faktor penting sebelum kamu pergi berlibur. Jangan sampai budget / biaya yang sudah kamu anggarkan dan kumpulkan hilang begitu saja tanpa ada bekas atau kenangan indah dalam liburan kamu nantinya. Jika kamu tidak ingin repot merencanakan libuarn keluarga kamu, kami dari Labiru Tour siap membantu untuk memberikan dan merencanakan liburan terbaik untuk keluarga. Jangan sungkan untuk menghubungi kami dan berkonsultasi tentang liburan Anda. 🙂

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda