Wisata Belitung – Belitung dengan sejuta pesona alamnya, tak hanya terkenal dengan pantainya yang memukau, tetapi juga dengan keindahan alam lainnya. Air terjun yang mempesona menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Belitung. Bagi teman-teman yang ingin berwisata, air terjun ini bisa menjadi pilihan yang tak kalah memukau dari pantai-pantai yang tersohor di sana.

Air Terjun Marsila

Air Terjun Marsila

Credit: Direktori Pariwisata

Air terjun yang namanya diambil dari nama pemilik tempat wisata yang bersangkutan ini dikelola secara pribadi oleh salah satu warga Belitung. Airnya yang jernih serta tebing batu dengan air terjun yang menyerupai tirai putih ini menjadi pesona utamanya. 

Air terjun ini memiliki dua spot air terjun. Spot pertama memiliki kolam yang cukup luas dimana kamu dapat berenang sepuas hati. Kemudian air terjun yang kedua bisa dicapai dengan sedikit mendaki ke bagian atas tebing. Sedangkan untuk suasananya, air terjun ini masih termasuk destinasi yang sangat nyaman dan tenang.

Air Terjun Kepala Kawai

Air Terjun Kepala Kawai

Credit: Travelingyuk

Air terjun setinggi 15 meter yang terletak di Dusun Aik Nangka, Desa Simpang Rusa, Kecamatan Membalong, dikenal sebagai Air Terjun Jurug Insum Kepala Kawai. Tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang senang berpetualang di pegunungan. Keindahan dan daya tariknya membuatnya menjadi destinasi menarik, terutama bagi para wisatawan yang menikmati keindahan alam bebas.

Air terjun ini memperlihatkan kejernihan airnya yang mengalir menuruni tebing, menciptakan kesan seperti air terjun bertingkat. Keandalan kejernihan air ini bahkan memungkinkan Anda melihat dasar kolam di bawah air terjun. Di sebelah kiri air terjun, terdapat batu yang tegak berdiri, memberikan opsi bagi para pengunjung yang ingin melakukan kegiatan rock climbing atau panjat tebing.

Air Terjun Pait Jaya

Air Terjun Pait Jaya

Credit: Tribunnews

Air terjun ini memiliki 2 air terjun, yang pertama memiliki ketinggian sekitar 5 meter, sedangkan yang lain setinggi 4 meter. Kejernihan airnya dan suara gemercik air di antara batu-batu besar menciptakan atmosfer menenangkan yang khas di lokasi ini.

Selain menjadi salah satu alternatif wisata lain selain wisata pantai, Air Terjun Pait Jaya ini juga menjadi pilihan menarik bagi pengunjung. Keindahan air terjun ini sering kali membangkitkan kenangan tentang air terjun di wilayah Jawa Barat, menciptakan suasana nostalgia khususnya bagi wisatawan domestik yang merupakan anak rantau.

Baca Juga: 7 Wisata Belitung Selain Pantai, Tempat Wisata Sejarah

Bukit Mangkol Waterfall

Air Terjun Bukit Mangkol

Credit: Tribunnews

Bukit Mangkol memiliki potensi wisata unik yang menjadikannya berbeda dengan bukit-bukit lain yang ada di Bangka Belitung. Potensi yang dimaksud merupakan air terjun yang jernih airnya dan sejuk udaranya. 

Bagi pengunjung yang datang ke air terjun ini akan merasakan sensasi yang menyegarkan dan bisa merasakan sejuknya suasana alam sekitar. Air terjun Bukit Mangkol ini sendiri tergolong terkenal di kalangan masyarakat lokal selama pandemi. Di sini, wisatawan bisa mandi dan merasakan betapa segarnya air dari air terjun ini. 

Lokasi mandi atau berendam di air terjun ini sebenarnya tidak begitu luas, hanya sekitar 20 meter persegi saja. Lokasi pertamanya berada di dekat penampungan air PDAM, sedangkan 100 meter ke atas akan dijumpai lokasi pemandian kedua yang lebih ramai pengunjungnya.

Air Terjun Gurok Beraye

Air Terjun Gurok Beraye)

Credit: Kompasiana

Air terjun yang terletak di bawah lereng Gunung Tajam ini menampilkan aliran air yang tenang, menciptakan suasana yang ideal untuk berenang. Airnya berasal dari pegunungan, memberikan kejernihan yang luar biasa. Kejernihan ini memungkinkan kamu melihat ikan-ikan kecil yang berenang dengan lincah di dalam air, menambah daya tarik unik dari Gurok Beraye.

Dengan luasnya area kolam, wisatawan dapat berenang tanpa khawatir menabrak batu. Air terjun ini menjadi tempat yang ideal bagi mereka yang mencari suasana tenang. Keberadaan berbagai jenis burung yang selalu berkicau merdu di sekitar air terjun ini pun memberikan sentuhan rileks bagi wisatawan yang berkunjung.

Air Terjun Gurok Pakuk

Air Terjun Gurok Pakuk

Credit: Travelingyuk

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 7 meter dan lebar 1 meter yang berlokasi tidak jauh dari Air Terjun Gurok Beraye. Keunikan terletak pada tampilan bertingkat atau berundak-undaknya jika dilihat dari kejauhan. Terlihat seolah memiliki 4 tingkat air terjun dengan aliran yang serupa.

Lokasi ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati alam seperti melakukan hiking, berkemah, maupun melakukan kegiatan outbond. Meskipun banyak masyarakat atau wisatawan yang masih asing dengan namanya, tapi sesungguhnya tidak sedikit juga pegiat alam bebas yang sudah mendatangi kota ini.

Jadi, apakah kalian tertarik untuk menjelajahi air terjun di Belitung ?

Baca Juga: Tips Liburan di Belitung Dijamin Menyenangkan & Seru

Paket Wisata di Belitung

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Belitung