Wisata Sejarah di Belitung– Pulau Bangka Belitung yang banyak di kenal Pulau Laskar Pelangi ini memiliki banyak tempat wisata. Selain pantai, air terjun, dan danau ternyata Belitung juga memiliki tempat wisata bersejarah yang wajib kalian kunjungi.

Berkunjung di tempat bersejarah memiliki banyak manfaat salah satunya menambah luas wawasan anda. Nah pada kesempatana kali ini saya akan berikan sedikit informasi tentang tempat wisata sejarah di Belitung. Berikut 7 Tempat Wisata Bersejarah di Belitung.

Baca Juga: 20 Tempat Wisata Terbaru di Belitung Lengkap Dengan Harga Tiket & Lokasi

Marcusuar Tanjung Kalian

wisata sejarah di belitung

Potret marcusuar yang berdiri tegak di samping bibir pantai tanjung kalian

Wisata Sejarah di Belitung merupakan salah satu bangunan peninggalan Belanda yang saat ini bisa kita saksikan bersama kekokohannya. Kota Mentok yang dibangun oleh Belanda sebagai kota pelabuhan menjadi salah satu kota sentral dalam mengatur berbagai macam distribusi kebutuhan saat itu. Karena banyaknya kapal yang akan berlabuh, pada akhirnya Belanda menganggap perlu dibangunnya sebuah mercusuar sebagai penanda tempat labuh kapal yang bersiap menepi. Mercusuar Tanjung Kalian dibangun pada tahun 1862 dan masih kokoh hingga sekarang. Dari puncak bangunan ini, pengunjung bisa menyaksikan indahnya seantero kota Mentok dan sekitarnya.

Museum Timah Muntok

wisata sejarah di belitung

Halaman depan museum timah Bangka Belitung

Rekomendasi pertama jatuh pada museum penambangan ini. Museum Timah Muntok adalah salah satu museum yang harus kamu kunjungi saat ke Pulau Bangka untuk mengetahui sedikit banyak tentang pertambangan timah dan perkembangan budaya Melayu.

Bangunan museum ini merupakan kantor penambangan timah pada zaman penjajahan Belanda yang juga berfungsi sebagai pusat pemerintahan Belanda di Pulau Bangka. Arsitektur khas Eropanya masih terawat dan tampak megah mesti sudah ada sejak tahun 1915.

Dibuka untuk umum sejak 7 November 2013, museum ini memiliki 176 koleksi dan 9 galeri yang menampilkan penambangan timah, sejarah Bangka, Perang Dunia ke II hingga sejarah pengasingan Bung Karno.

Berbagai prasasti hingga alat pertambangan timah berumur ratusan tahun terpajang rapi di museum ini. Oiya, kamu juga bisa menikmati tayangan audio visual peristiwa bersejarah di Bangka Belitung di sini. Lengkap bukan?

Wisma Ranggam

wisata sejarah di belitung

Potret bangunan yang di bangun oleh Kolonial Belanda

Di daerah Kota Muntok, selain ada Museum Timah, kamu juga bisa banget mengunjungi museum lainnya seperti Wisma Ranggam. Wisma Ranggam atau Pesanggrahan Muntok merupakan bangunan bersejarah di Kota Muntok, Bangka Barat yang dibangun pada tahun 1890 oleh pemerintah kolonial Belanda.

Bangunan bergaya Eropa ini merupakan tempat pengasingan banyak tokoh-tokoh penting seperti Menteri Luar Negeri Agus Salim dan Wakil Perdana Menteri M Roem. Wisma ini punya enam belas kamar yang satu di antaranya pernah ditinggali oleh Presiden Soekarno lho!

Selain bisa melihat ruang pengasingan, kamu juga bisa leluasa berfoto di halamannya yang luas banget. Karena keunikan arsitektur bangunannya, daerah Wisma Ranggam ini disebut sebagai Kampung Eropa di Bangka.

Karena keindahannya, pantas saja Wisma Ranggam ini dijadikan salah satu cagar budaya Indonesia. Nah, untuk mencapai tempat ini dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam berkendara dari pusat kota Pangkal Pinang. Cusss deh!

Museum Garuda

Buat kamu yang pengen liburan ke museum dengan lokasi strategis, ini nih salah rekomendasinya. Museum Garuda memang letaknya berdekatan dengan Pantai Tongaci yang terkenal dengan laut biru toscanya.

Ketika berkunjung, kamu akan melihat koleksi-koleksi antik yang akan membuatmu berdecak kagum. Koleksinya sudah berumur puluhan tahun lho! Nama Garuda disematkan karena banyak sekali patung indah seperti patung Burung Garuda yang langsung didatangkan dari Bali.

Di samping museum, terdapat bangunan kayu 2 lantai yang berisi galeri dan perpustakaan. Deretan buku dari zaman kuno hingga masa sekarang terlihat tertata rapi di lantai satu. Untuk lantai 2, kamu bisa menikmati beragam lukisan cantik serta beberapa dokumen penting sebelum dan sesudah kemerdekaan.

Pesanggrahan Manumbing

Salah satu destinasi wisata sejarah di Bangka yang satu ini memang memiliki nilai sejarah yang cukup besar. Rumah Pesanggrahan Menumbing adalah salah satu lokasi dari beberapa rumah pengasingan yang pernah di gunakan oleh Bung Karno. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa sosok Bung Karno memang merupakan salah satu sosok yang cukup diwaspadai oleh Belanda.

Apalagi dengan status beliau yang juga seorang proklamator bapak pendiri bangsa, maka tak mengherankan jika Bung Karno acap kali dibuang dan di asingkan untuk menjauhkan beliau dari pusat pemerintahan. Rumah yang berada di i Tanjung, Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, ini merupakan salah satu lokasi yang pernah digunakan Belanda untuk mengasingkan Bung Karno dan Bung Hatta. Namun, pada dasarnya tidak hanya kedua Tokoh Nasional itu saja yang pernah di asingkan d rumah ini. ada beberapa tokoh Nasional lain yang juga pernah diasingkan di rumah ini

Tapi, mungkin memang hanya Bung Karno dan Bung Hatta yang paling berkesan dan dikenal. Kedua Tokoh nasional tersebut di asingkan ke lokasi ini pada Bulan Februari 1949. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pada tahun tersebut memang Belanda sedang melangsungkan Serangan ke Ibukota Negara Indonesia. Jika kita berkunjung ke gedung ini maka kita akan bisa melihat beragam barang yang pernah digunakan oleh Bung Karno dan Bung Hatta selama menempati rumah ini. Namun, kini Pesanggrahan ini telah berubah fungsi menjadi sebuah penginapan yang cukup menarik dan bisa dikatakan cukup mewah.

Pesanggrahan Muntok

Rumah yang berada di Jl. Imam Bonjol Kampung Sungai Daeng, Muntok, ini memang merupakan salah satu kawasan yang memiliki nilai sejarah cukup besar. Rumah ini merupakan salah satu rumah yang pernah dijadikan sebagai tempat pengasingan Bung Hatta oleh pihak Belanda. Bukti tersebut dapat kita temukan di sebuah monumen yang persis berada di depan rumah ini. pada monumen tersebut terdapat kalimat yang ditulis oleh Bung Hatta yang berbunyi “Kenang-kenang Menoembing di Bawah Sinar Gemerlap Terang Tjoeatja, Kenang-kenang membawa Kemenangan, Bangka, Djogdjakarta, Djakarta, Hidoep Pancasila, Bhineka Tunggal Ika”.

Selain pernah dijadikan tempat untuk mengasingkan para pendiri bangsa. Kawasan rumah ini juga pernah digunakan untuk mengasingkan Pangeran Hario Pakuningprang. Pangeran yang berasal dari Surakarta ini membelot dari Belanda saat perang Aceh, tahun 1897. Rumah ini juga menjadi salah satu saksi bisu dimana perjanjian Roem-Royen di bahas. Perjanjian tersebut berisi tentang pemindahan pusat pemerintahan Indonesia dari Yogyakarta kembali ke Jakarta. Pada awalnya sendiri, rumah ini dibangun oleh belanda pada tahun 1890, sebagai salah satu lokasi peristirahatan para pegawai perusahaan timah Belanda, Banka Tinwinning Berdrijf.

Museum Cual Ishadi

Satu ini adalah museum yang wajib didatangi buat kamu penyuka kain etnik. Yaps, Museum Cual Ishadi namanya. Museum ini merupakan museum yang memajang beragam motif kain cual. Kain cual, adalah kain tenun tradisional khas Bangka Belitung yang sangat indah. Kain ini merupakan perpaduan antara teknik songket dan tenun ikat.

Nah, Museum Cual Ishadi merupakan satu-satunya museum tenun di Pangkal Pinang yang menjadikannya salah satu destinasi wisata sejarah Bangka Belitung. Jaraknya cuma 2,5 km dari pusat kota Bangka alias 6 menit dengan berkendara.

Ada total koleksi 20 jenis kain cual kuno dengan rentang usia 150 tahun hingga 200 tahun lho. Corak kain tenun cual biasanya berupa flora dan fauna berbahan sutra dan benang emas 18 karat. Wah terlihat mewah deh! Untuk oleh-oleh, kamu bisa kok membeli beberapa kain cual yang ada khusus di toko souvenir-nya. Mau harga terjangkau hingga puluhan juta? Tinggal pilih deh!

Baca Juga:

Nah itulah sedikit informasi mengenai Tempat Wisata Sejarah di Belitung yang wajib kalian sambangi, dan untuk kalian yang ingin berlibur ke belitung dan nggak mau ribet atur jadwal liburannya, tenang kami team labiru tour siap membantu dengan cara beli Paket Liburan ke Belitung Murah.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda