Bosan dengan tempat wisata Jogja yang itu itu aja? Cobain deh kunjungi 9 Air terjun di Jogja yang eksotis ini. Kebetulannya belum banyak orang tahu loh!

Dari dulu Jogja memiliki banyak wisata menarik untuk dijelajahi. Wisata alam air terjun di Jogja inilah salah satunya. Tidak hanya indah namun air terjun di Jogja ini sebagian besar masih alami dan masih belum banyak pengunjungnya. Air terjun di Jogja ini tentunya wajib kamu kunjungi minimal sekali seumur hidup. Apa sajakah air terjun-air terjun tersebut? Berikut adalah 9 air terjun di Jogja yang layak dikunjungi sebelum kamu mati.

Air Terjun Sri Gethuk

lokasi syuting beyond skyline

Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun ini terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Keindahan alamnya yang menawan membuat Air Terjun Sri Gethuk menjadi sangat terkenal di kalangan masyarakat Yogyakarta. Bahkan air terjun ini pernah menjadi tempat shooting salah satu film Hollywood pada tahun 2014 yang lalu. Akses menuju Air Terjun Sri Gethuk cukup mudah karena terdapat beberapa petunjuk arah. Dari tempat parkir menuju ke lokasi air terjun kamu bisa berjalan kaki atau menaiki perahu rakit sederhana di sepanjang Sungai Oya.

Air Terjun Setawing | Cantiknya Air Terjun di Jogja

Cantiknya air terjun di jogja

Air Terjun Setawing

Air Terjun Setawing terletak di Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Air terjun cantik ini berada di sebuah tebing dengan ketinggian sekitar 18 sampai 20 meter. Keindahan alamnya semakin memukau dengan dibuatnya taman dengan konsep pedesaan oleh masyarakat sekitar. Gemericik air dan pemandangan alam yang syahdu di Air Terjun Setawing ini dapat menjernikhan pikiran.

Air Terjun Grojogan Sewu

rute ke gerojogan sewu jogja

Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu tidak hanya ada di Tawangmangu saja namun Jogja juga memiliki Air Terjun Grojogan Sewu yang tidak kalah indahnya, tepatnya di Dusun Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta. Keindahan alamnya yang masih alami dan juga belum banyak pengunjung yang datang membuat air terjun ini serasa milik sendiri. Walaupun tidak setinggi Grojogan Sewu yang ada di Tawangangu namun suasana di Grojogan Sewu ini dapat membuat hati tenang dengan banyaknya pohon-pohon rindang dari hutan sekitar.

Air Terjun Grojogan Mudal

Air Terjun di Jogja Terindah

Gerojogan Mudal

Air Terjun Grojogan Mudal terletak di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Tidak hanya indah karena air terjunnya saja namun juga karena di sekitar air terjun tersebut ditanami berbagai macam bunga terutama anggrek. Kamu juga bisa menyumbang bibit tanaman atau bunga untuk mempercantik taman bunga yang ada di sana melalui program “Trees of Hope” yang dirancang untuk pelestarian lingkungan.

Air Terjun Kembang Soka | Air Terjun di Jogja Terindah

Rute ke air terjun di jogja

Air Terjun Kembang Soka

Air terjun di Jogja ini terbilang cukup indah dan dapat membuat badan kembali segar apabila berendam di sana. Terletak di Dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, Air Terjun Kembang Soka dijuluki sebagai salah satu air terjun terindah di Jogja dan memiliki keunikan berupa warna kolam air alaminya berwarna hijau tosca.

Air Terjun Kedung Pedut

rute ke kedung pedut jogja

Air Terjun Kedung Pedut

Terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Gilimulyo, Kulonprogo, Air Terjun Kedung Pedut memiliki akses jalan yang lumayan menguras tenaga karena medannya yang naik turun. Walaupun begitu tapi setelah sampai di air terjun kamu akan disuguhi pemandangan yang membuatmu ingin cepat cepat bermain air di kolam yang terbentuk karena air terjun tersebut. Jernih dan dinginnya air bisa membuatmu ingin berlama-lama berendam dalam kolam.

Air Terjun Banyunibo, Patuk

patuk gunung kidul

Air Terjun Banyunibo, Patuk

Air terjun dengan banyak bongkahan batu besar dibawahnya ini terletak di Dusun Batur, Desa Putat, Patuk, Gunungkidul. Menurut para warga batu-batu besar tersebut dulunya adalah bagian dari tebing air terjun yang runtuh akibat gempa tahun 2006 silam. Kamu akan melewati area persawahan dan jalan setapak yang dibuat oleh warga untuk sampai  ke Air Terjun Banyunibo.

Curug Indah Gedangsari

air terjun di jogja cantik

Curug Indah Gedangsari, Jogja

Curug Indah Gedangsari ini terletak di ujung timur Jogja yaitu di perbatasan Yogyakarta – Klaten tepatnya di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Perpaduan antara aliran air, bebatuan serta hijaunya dedaunan mebuat Curug Indah Gedangsari menjadi tempat yang pas untuk menenangkan dan merefresh pikiran. Ditambah belum banyak wisatawan yang mengunjungi air terjun tersebut membuat seakan akan air terjun tersebut milik pribadi.

Curug Gede

air terjun di jogja

Curug Gede, Jogja

Curug Gede terletak di Dusun Gembyong Desa Ngoro-oro, Patuk, Kabupaten Gunungkidul dengan Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Untuk menuju kesana dibutuhkan perjuangan yang cukup lumayan. Kamu harus berjalan kaki menuruni bukit dengan kondisi jalan yang cukup menantang. Apalagi jika kamu berkunjung di musim penghujan, jalan setapak akan menjadi licin. Kamu juga bisa menikmati sensasi melewati jembatan gantung tertinggi di Jogja. Perjuangan yang dibutuhkan untuk menuju Curug Gede akan terbayar ketika samapi di area curug. Suasana hutan di sekeliling air terjun serta suara gemericik air yang segar akan menghapus semua rasa lelahmu.

 

Jogja memang memiliki pesona tersendiri. Tiap tahunnya pasti ada hal baru di Jogja. Masih  banyak tempat yang bisa dijadikan destinasi wisata, hanya saja masih belum dikembangkan dan hanya dikelolah secara mandiri oleh masyarakat sekitar. Oleh karena itu fasilitas yang ada juga terbatas. Ada baiknya sebelum mengunjungi air terjun-air terjun di atas persiapkanlah perbekalan dengan baik serta pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima.

Persiapkan liburan bersama Labiru, Liburan makin mudah dan nyaman. Reservasi Liburan ke Jogja bersama labiru di 082314057888.

 

 

Artikel Lain

0    665
Tips Memilih Hotel Yang Tepat Agar Liburanmu...

Tips memilih hotel ini akan membuat kamu bisa...

0    2629
Jalan Prawirotaman: Jalan Jaksanya Jogja

Jalan Malioboro selama ini memang identik Jogjakarta....

0    16
Lepas Penat Kamu di Destinasi Wisata...

Lembang, dengan suasana dataran tinggi yang sejuk,...

Tinggalkan Komentar Anda