Paket Tour Banyuwangi – Kamu suka penasaran gak sih tentang kehidupan di bawah laut? Jika iya, kamu wajib berkunjung ke Bangsring Underwater. Tempat ini merupakan destinasi bawah laut yang terletak di Desa Bangsring, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. 

Bangsring Underwater dikenal dengan terumbu karangnya yang memukau dan keragaman jenis biota lautnya, cocok buat kamu yang suka bermain air, terutama snorkeling dan diving. Kamu juga dapat bertemu dan berenang bersama satwa langka, kira-kira apa ya? Yuk simak terus!

 

Sejarah Bangsring Underwater

Credit: Indonesia Traveler

Bangsring Underwater merupakan sebuah destinasi wisata berbasis edukasi dan konservasi ikan dan terumbu karang. Objek wisata ini menawarkan keindahan berbagai biota laut, seperti terumbu karang, penyu, hiu, dan berbagai jenis ikan lainnya. 

Objek wisata Bangsring Underwater diinisiasi sekaligus dikelola oleh kelompok nelayan desa setempat sejak tahun 2008 dengan latar belakang terjadinya peristiwa penangkapan ikan dengan bom yang merusak ekosistem laut, terutama terumbu karang. Maka dari itu, mereka hadir untuk memperbaiki, merehabilitasi dan membuat konservasi biota laut.

Wisata Bangsring Underwater secara resmi baru dibuka pada tahun 2014. Bahkan pada tahun 2017, objek wisata ini mendapat penghargaan Kalpataru kategori Penyelamat Lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

 

Atraksi Wisata di Bangsring Underwater

Snorkeling dan Diving

Credit: Bangsring Boat Blogspot

Bagi kamu yang ingin melihat keindahan bawah laut, Bangsring Underwater menyediakan fasilitas untuk snorkeling dan diving. Kamu gak perlu takut untuk cobain kedua atraksi ini, karena bakal ada guide lokal yang nemenin kamu buat cari spot menyelam yang oke banget.

Kalau kamu tipe orang yang suka mengabadikan kenangan melalui jepretan, fotografer dengan kamera underwater juga tersedia loh. Untuk harga sewa perlengkapan snorkeling dan diving sendiri variatif, tergantung kelengkapannya dan lama waktunya.

 

Mengunjungi Rumah Apung

Credit: Native Indonesia

Rumah Apung merupakan salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke sini, yang merupakan tempat pelestarian berbagai jenis biota laut. Terdapat 8 buah keramba yang masing-masing berukuran 3×3 m dimana salah satunya merupakan tempat penjinakan ikan hiu. Sedangkan keramba lainnya berisi penyu dan berbagai jenis ikan. 

Credit: Pinterest

Untuk mencapai Rumah Apung kamu perlu menyewa perahu dengan tarif sekitar Rp5.000,00 per orang (maksimal 10 orang). Bagian paling menariknya adalah kamu dapat berenang bersama anakan hiu sirip hitam yang ditangkar dalam keramba. Kamu tidak perlu merasa takut, karena kamu akan ditemani oleh para pemandu. 

Namun, bila tidak ingin mencoba berenang bersama hiu, kamu bisa berenang bersama ikan-ikan lucu lainnya. Sebagai informasi tambahan, hiu-hiu yang berada di keramba bukan sengaja ditangkap untuk tujuan menarik wisatawan, namun hiu yang sedang dalam proses pengobatan akibat luka tertentu, sehingga sudah dijinakkan dan tidak berbahaya. 

 

Wahana Air

Credit: Jetski Valencia

Setelah asyik melihat keindahan bawah laut, kamu bisa mencoba beberapa wahana air yang ada di Bangsring Underwater. Mulai dari kano hingga banana boat, kamu hanya perlu menentukan ingin bersantai atau memacu adrenalin.

Untuk tarif sewa kano selama 1 jam adalah Rp30.000,00 (1 orang) dan Rp40.000,00 (2 orang). Sedangkan untuk tarif banana boat adalah Rp160.000,00 (maksimal 6 orang) selama 15 menit.

 

Mengunjungi Pulau 

Kamu juga dapat mengunjungi dua pulau sekaligus jika sudah mampir ke sini. Pertama, Pulau Tabuhan yang merupakan pulau kecil tak berpenghuni dengan suasana alam yang indah dan cocok untuk melakukan kite surfing.

Kedua, Pulau Menjangan merupakan pulau kecil yang merupakan rumah dari para rusa liar. Pulau rusa ini memiliki spot diving dan snorkeling yang luar biasa indah.

Untuk mengunjungi kedua pulau ini, kamu perlu membayar sewa kapal untuk pulang-pergi. Sewa kapal untuk Pulau Tabuhan sekitar Rp500.000,00 (maksimal 10 orang), sedangkan sewa kapal Pulau Menjangan sekitar Rp1.000.000,00 (maksimal 10 orang).

 

Baca juga: Pulau Tabuhan Banyuwangi, Surga Tersembunyi di Ujung Timur Jawa

 

Jam Operasional Bangsring Underwater

Untuk jam operasional dari Bangsring Underwater yaitu pada pukul 08.30 – 16.30 WIB. Waktu tersebut mencakup seluruh wahana yang ada di dalamnya, seperti kano, banana boat, perahu penyebrangan, dan lainnya.

 

Harga Tiket Masuk Bangsring Underwater

Kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam jika datang ke destinasi wisata satu ini, karena tiket masuk ke Bangsring Underwater hanya Rp5.000,00 saja. Namun jika kamu ingin menikmati atraksi atau fasilitas wisata lainnya tentunya ada biaya tambahan.

 

Akses Menuju Bangsring Underwater

Bangsring Underwater terletak di Dusun Krajan, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo yang hanya berjarak kurang lebih 25 km dari pusat kota Banyuwangi. Kamu bisa menggunakan pesawat atau kereta api untuk menuju ke sini.

Jika kamu dari daerah Surabaya, gunakan kereta api Probowangi, dari Yogyakarta gunakan kereta api Sri Tanjung, dan jika dari Malang gunakan kereta api Tawang Alun. Setelah sampai di Stasiun Baru Banyuwangi kamu dapat menggunakan ojek untuk menuju Bangsring Underwater.

 

Paket Wisata di Banyuwangi

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Banyuwangi