Trip Solo – Tawangmangu, sebuah destinasi wisata yang terletak di ketinggian pegunungan Jawa Tengah, Indonesia, menyimpan sejuta keindahan alam yang menakjubkan. Salah satu tempat yang patut untuk dieksplorasi adalah Bukit Mongkrang.

Bukit ini bukan hanya sekadar rangkaian puncak yang membentuk lanskap yang memukau, tetapi juga menyuguhkan pengalaman mendalam dalam menikmati alam dan keindahan yang tak terlupakan.

Bukit Mongkrang merupakan wisata alam pendakian yang cocok bagi pemula. Bukit ini berada di Tawangmangu, tepatnya di Tlogodringo, Desa Gondosulu, Tawangmangu, Karanganyar.

Mari kita bersama-sama mengeksplorasi keindahan Bukit Mongkrang ini sebagai informasi awal dan bisa juga tambahan jika kamu akan berkunjung ke sini untuk pertama kalinya. Jadi simak baik-baik sampai akhir ya!

Sejarah dan Keunikan Bukit Mongkrang

Credit: Travel Kompas

Bukit Mongkrang bukanlah destinasi wisata yang hanya menawarkan pemandangan indah, tetapi juga memiliki sejarah dan keunikan tersendiri. Sejak zaman kolonial Belanda, bukit ini sudah menjadi tempat favorit untuk melepaskan penat dan menikmati keindahan alam yang masih asri.

Nama “Mongkrang” sendiri konon berasal dari kata dalam bahasa Jawa yang berarti “bersandar,” menggambarkan betapa nyamannya bukit ini untuk bersantai dan menikmati keheningan.

Keunikan lainnya adalah adanya batu besar yang disebut “Batok Ireng” yang menjadi ikon dari Bukit Mongkrang. Batu ini konon memiliki nilai mistis dan diyakini sebagai tempat bertapa oleh para petapa pada masa lalu. Wisatawan sering kali datang untuk melihat dekat batu ini dan merasakan aura spiritual yang terpancar dari lingkungan sekitar.

Pesona Alam Bukit Mongkrang

Credit: Travel Kompas

Bukit Mongkrang menawarkan pesona alam yang begitu memikat hati para pengunjungnya.

Puncak bukit menyuguhkan panorama luar biasa yang meliputi hamparan perkebunan teh, lembah hijau yang terbentang, dan pegunungan yang memayungi sekitarnya. Pemandangan matahari terbit dan terbenam di Bukit Mongkrang juga merupakan momen yang sangat dinantikan oleh para fotografer dan pecinta alam.

Salah satu daya tarik utama adalah trekking menuju puncak bukit. Meskipun memerlukan usaha ekstra, perjalanan ini akan memberikan pengalaman yang memuaskan dengan udara segar dan keindahan alam yang tiada tara di sepanjang jalan. Selama perjalanan, wisatawan dapat menikmati keberagaman flora dan fauna yang menghiasi setiap sudut bukit.

Membayangkannya saja sudah menyenangkan, ‘kan?

Baca Juga: Rekomendasi Destinasi Wisata Terbaik di Tawangmangu, Referensi Staycation Buat Kamu

Aktivitas Seru di Bukit Mongkrang

Bukit Mongkrang tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, tetapi juga berbagai aktivitas seru yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Berikut beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan jika berkunjung ke sini:

Trekking dan Hiking

Credit: Sonora

Jelajahi keindahan alam Bukit Mongkrang dengan menjelajahi berbagai jalur trekking yang tersedia. Ini adalah cara terbaik untuk merasakan keaslian alam sekitar.

Fotografi

Credit: Get Lost ID

Dengan pemandangan alam yang menakjubkan dan matahari yang dramatis, Bukit Mongkrang adalah surga bagi para fotografer. Ambil momen terbaik kamu bersama teman-teman dan abadikan keindahan alam ini dalam lensa kamera.

Piknik

Credit: Superlive

Bawa keluarga atau teman-temanmu untuk menikmati piknik di area yang telah disediakan. Nikmati udara segar sambil berbincang-bincang dan menikmati kebersamaan.

Meditasi dan Yoga

Dengan suasana yang tenang dan damai, Bukit Mongkrang merupakan tempat yang sempurna untuk bermeditasi atau melakukan yoga. Rasakan kedamaian dan harmoni dengan alam sekitar.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Bukit Mongkrang buka dari jam 07.00 – 22.00 WIB dengan harga tiket masuk untuk wisatawan lokal maupun mancanegara sama yaitu sebesar Rp15.000,00 sudah sepaket dengan biaya camping. Namun jika hanya sekadar berkunjung saja akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000,00. Murah, bukan?

Tips Berkunjung ke Bukit Mongkrang

  1. Pilih Waktu yang Tepat
    Kunjungi Bukit Mongkrang pada pagi atau sore hari untuk menikmati pemandangan matahari terbit atau terbenam yang spektakuler.
  2. Kenakan Pakaian dan Sepatu Nyaman
    Jika kamu berencana untuk trekking, pastikan untuk mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman agar perjalananmu lebih menyenangkan.
  3. Bawa Bekal
    Jangan lupa membawa bekal ringan dan air minum untuk menjaga energi kamu selama berada di Bukit Mongkrang.
  4. Jaga Kebersihan
    Hormati keindahan alam dengan menjaga kebersihan selama berkunjung. Bawa kantong plastik untuk membawa pulang sampahmu.

Bukit Mongkrang di Tawangmangu bukan hanya destinasi wisata biasa, tetapi sebuah perjalanan yang memperkaya jiwa dan mata.

Dengan sejarahnya yang kaya dan keindahan alam yang menakjubkan, bukit ini menawarkan pengalaman luar biasa bagi siapa pun yang mencari ketenangan dan keindahan dalam satu paket.

Jadi, jika kamu mencari tempat di Tawangmangu, Karanganyar, dan sekitarnya untuk melarikan diri dari kebisingan kota dan menyatu dengan alam, Bukit Mongkrang adalah jawabannya. Selamat menikmati pesona indahnya ya!

Paket Wisata di Solo

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Solo