Tour Solo – Tawangmangu, sebuah surga tersembunyi di kaki Gunung Lawu. Terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.  Kawasan ini telah lama menjadi incaran para wisatawan yang menginginkan kombinasi yang sempurna antara keindahan alam, budaya lokal, dan ketenangan yang sulit dijumpai di tempat lain. Dari air terjun yang indah hingga keberagaman flora. 

Dalam artikel ini, kamu akan diajak untuk menjelajahi beberapa destinasi wisata paling menarik di Tawangmangu. Bagi kamu yang punya rencana main-main ke kota satu ini, yuk disimak!

 

 

The Lawu Park

Credit: Travel Kompas

Destinasi yang satu ini wajib kamu kunjungi bersama keluarga. Selain sebagai taman wisata alam, di sini juga menyediakan atraksi wisata yang seru. Seperti snow world, camping, jeep, Kamu juga bisa melihat panorama gunung Lawu dan hutan pinus di sini, sangat cocok untuk dijadikan spot foto. 

Harga tiket masuk The Lawu Park adalah Rp25.000,00 saat weekday, sedangkan Rp30.000,00 saat weekend. Namun perlu diingat, bahwa terdapat biaya tambahan jika kamu ingin masuk ke atraksi di dalam Lawu Park. 

 

Tawangmangu Wonder Park

Credit: Atourin

Tawangmangu Wonder Park merupakan salah satu wisata buatan yang terletak di Jalan Ombang-ombang No. 32 Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Destinasi wisata satu ini tidak kalah serunya dari The Lawu Park.

Kamu bisa memilih berbagai wahana yang ingin dimainkan, mulai dari kolam renang, peternakan hewan, flying fox, jeep, camping ground, dan lainnya. Tiket masuk ke Tawangmangu Wonder Park juga cukup terjangkau yaitu Rp20.000,00 per orang. Akses menuju destinasi satu ini juga terbilang mudah, dengan jalan yang luas memungkinkan bus besar untuk lewat.

 

Bukit Mongkrang

Credit: Travel Kompas

Bagi kamu yang ingin mencoba melakukan pendakian, kamu bisa datang ke Bukit Mongkrang. Medannya yang terbilang mudah dan cukup jelas akan memungkinkan kamu sampai pada puncak pertama dalam 1 jam. Puncak pertama ini dinamai Bukit Candi I dan Candi II, dari sini kamu bisa melihat pemandangan Gunung Lawu yang menjulang tinggi. 

Kamu juga bisa mendirikan tenda juga bisa, karena banyak daerah yang datar di bukit ini. Harga tiket masuk untuk pendakian 1 hari yaitu Rp10.000,00 per orang dan Rp15.000,00 per orang jika bermalam.

 

Baca Juga: 5 Café Instagramable di Banyuwangi, Buat Si Paling Estetik

 

Candi Sukuh

Credit: Tribun News Wiki

Candi Sukuh merupakan candi bercorak Hindu yang merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit. Struktur candi ini layaknya punden berundak, dimana tempat tertinggi dianggap sebagai tempat paling suci. Bangunan pada candi ini bisa terbilang sederhana jika dibandingkan dengan Candi Prambanan. 

Namun bentuk bangunan yang demikian membuatnya menyerupai peninggalan budaya Inca di Peru.Kesederhanaan dari Candi ini terlihat dari bentuk bangunannya yang hampir sama dengan budaya Maya di Meksiko atau peninggalan budaya Inca di Peru Untuk harga tiket masuk ke candi ini Rp10.000,00 per orang.

 

Air Terjun Pringgodani Tawangmangu

Credit: Burangrang

Air terjun yang satu bukan sekedar destinasi wisata alam, namun juga termasuk destinasi religi. Kamu dapat menjumpai arca kuno dan joglo di dekat air terjun ini. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa Air Terjun Pringgodani ini memiliki panorama alam yang sangat indah. Karena aksesnya yang terbilang cukup sulit, air terjun ini jarang dikunjungi orang dan masih terjaga keasliannya.

 

Sakura Hills

Credit: IDN Times

Taman Sakura Hills Tawangmangu merupakan salah satu destinasi wisata alam yang memadukan konsep ala Jepang dengan pesona Gunung Lawu. Tempat ini terletak di Jalan Raya Matesih-Tawangmangu No.16, Gondosuli Kidul, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792. 

Kamu dapat menyewa “kimono” yang merupakan baju tradisional Jepang, sehingga membuat hasil jepretanmu semakin bak di Jepang. Sangat banyak atraksi wisata yang dapat kamu nikmati di sini, salah satunya adalah Water Park Onsen (pemandian air panas) yang airnya mengandung belerang dan baik untuk kesehatan. 

Untuk harga tiket masuknya juga terjangkau, kamu cukup membayar Rp20.000,00 per orang (weekday) dan Rp25.000,00 per orang (weekend).Taman Sakura Hills Tawangmangu buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB. 

 

Desa Wisata Sewu Kembang

Credit: Solopos

Wisata Kampung Sewu Kembang terletak di Dusun Nglurah, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tempat ini merupakan sentral tanaman hias, bahkan dijuluki sebagai “Kampung Seribu Bunga”. Letaknya yang ada di kaki Gunung Lawu menjadikan panorama di kampung ini sangat indah. 

Suasananya juga masih sangat asri dan sejuk, ditambah dengan pemandangan warna warni bunga di setiap sudut. Bagi kamu pecinta tanaman hias, wajib mendatangi tempat yang satu ini. Kamu akan menjumpai berbagai tanaman hias yang langka di sini.

Paket Wisata di Solo

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Solo