Curug Koleangkak – Siapa sangka, tidak jauh dari Jakarta kamu juga bisa menemukan air terjun dengan warna tosca, seperti di Inggris katanya.

Jika sebelumnya danau unik di bawah sebuah air terjun berwarna tosca di Indonesia, yang populer diketahui berada di pulau Moyo, Lombok.

Kali ini kunikan tersebut dapat kamu temukan di sebuah air terjun kecil di Subang, Jawa Barat. Lokasi yang masih tidak begitu jauh dari ibu kota.

Curug Koleangkak namanya. Berlokasi di desa Nagrak, Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat. Curug Koleangkak ini memiliki keunikan yang membuatnya banyak menarik hati pengunjung di sini.

Penasaran bukan, bagaimana sisi keunikan dan ulasan mengenai curug indah yang satu ini? Berikut ulasan Curug Koleangkak, jangan lupa di simak sampai habis ya, semoga bermanfaat.

 

Curug Koleangkak Berwarna Asli Biru Tosca, Bukan Pantulan Dari Bawah Dasar Curugnya

Warna air di curug ini yang turun dari air terjun memiliki warna asli biru tosca. Dan warnanya memang asli dari airnya bukan pantulan dari dasar curugnya karena dasar curug di sini tanah.

Jadi jika kamu berjalan di curug ini, warna airnya nisa berubah menjadi kecoklatan karena bawah curug ini adalah tanah.

Curug Koleangkak

Belum diketahui dengan pasti apa penyebab warna airnya bewarna biru tosca. Tapi salah satu keumungkinan penyebabnya adalah dari batuan kapur di bagian dasar sungai sebelum air terjun.

Fenomena sepert ini sering ditemui di danau-danau yang tercipta dari bekas galian tambang yang dikelilingi batuan kapur.

Di inggris juga terdapat fenomena yang sama, sebuah danau yang dikelilingi oleh batuan kapur di dekat kota Buxton, Inggris juga memiliki warna biru tosca dan karenanya dinamakan Blue Lagoon.

 

Air Yang Super Dingin Menantang Adrenalin

Seperti yang diketahui, daerah jawa barat terutama Bandung dan sekitarnya memang memiliki suhu yang sejuk dan cukup dingin. Meski Subang bukan termasuk dalam wilayah utama Bandung.

Tapi air di Air Terjun Koleangkak ini memiliki suhu yang sangat dingin, karena sebenarnya air terjun ini berada di perbatasan Bandung dan Subang.

Jika kamu ingin bermain air di sini, sepertinya perlu menguatkan diri, karena air di sini memang sedingin itu dan memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi.

Curug Koleangkak

Saat kamu mulai masuk dan merasakan sendiri bagaimana dinginnya air di sini, kamu akan merasakan sensasi dimana adrenalinmu di uji.

Tapi banyak yang mengunjungi air terjun ini dan tetap bisa menikmati dengan bermain air di sini, meskipun sebenarnya bermain air di sini tidak di sarankan.

 

Lokasi Yang Masih Jarang Dijangkau Membuat Sensasi Saat Sampai Di Sini Lebih Terasa Indahnya

Untuk dapat sampai ke Air Terjun Koleangkak ini, jalan yang harus kamu lalui memang cukup panjang dan harus sedikit bersabar.

Tapi tenang, jalan menuju ke sini masih bisa kamu lalui dengan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua.

Menuju Curug Koleangkak, kamu perlu mengarahkan kendaraan dari parkiran Sari Ater menuju desa Nagrak, Kecamatan Ciater. Curug ini terletak tidak jauh dari desa Nagrak.

Jika kamu berangkat dari Bandung kamu memerlukan waktu dua jam menggunakan kendaraan roda dua untuk dapat sampai ke Curug Koleangkak ini.

Waktu perjalanan satu jam Bandung ke Lembang, kemudian satu jam lagi Lembang ke Subang.

Perjalanan cukup panjang dan melelahkan akan hilang begitu saja saat kamu sudah melihat sendiri keindahan dan keunikan air terjun yang begitu mempesona.

Kamu akan merasakan sensasi puas tersendiri saat kamu sudah sampai di curug ini. Karena memang masih belum banyak yang mengetahui dan menyambangi Curug Koleangkak satu ini.

.

Nah, itu dia ulasan air terjun tosca yang tidak jauh dari ibu kota. Bagaimana tertarik untuk menjadi petualang yang mengunjungi curug unik ini liburan nanti?

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda