Danau labuan cermin sedang naik daun ini banyak memiliki keindahan yang tersembunyi. Dari jernih air yang bisa dinikmati sampai wisata bahari saat kamu melihatnya sendiri.

Danau Labuan Cermin berada di Pulau Derawan, Kalimantan ini memiliki keunikan tersendiri. Di samping keindahan yang tersaji. Mau tau apa saja yang bisa kamu temukan di sana? Yuk baca sampai habis.

Memulai perjalanan dari Pelabuhan Kelambu, tepatnya di kecamatan Biduk-biduk, selama perjalanan kamu akan melintasi sungai dengan pemandangan hutan bakau yang cukup lebat, membuatmu tidak sabar untuk segera sampai di danau Labuan cermin.

Perjalanan yang akan kamu tempuh tidak begitu lama, hanya sekitar 8 menit saja, dari dermaga sampai ke danaunya.

Danau Labuan Cermin , Danau Yang Jernihnya Seperti Cermin

Sesampainya di sana kamu akan langsung dapat melihat kejernihan airnya, bahkan kamu bisa melihat dasar dari danaunya. Sejernih itu. Wah…

Pantas saja dinamakan Danau Labuan Cermin ya, karena memang danaunya sejernih itu.

Pantulan kapal yang jernih seperti di cermin
Pantulan kapal yang jernih seperti di cermin

Banyak yang bilang bahwa air di sini memiliki dua sisi, di bagian atas, airnya tawar, di bagian yang lebih dalam, airnya air asin.

Saat kamu mengunjungi danau Labuan Cermin ini, kamu bisa buktikan sendiri ya, dengan berenang atau diving sekalian. Tenang saja di danau ini aman untuk aktivitas tersebut.

Dan ketika kamu memutuskan untuk diving di sini, kamu tidak akan kecewa dengan pemandangan bawah airnya, bagaimana tidak, dari atas saja kamu sudah bisa melihat keindahannya apalagi langsung turun ke bawah airnya kan?

Saat kamu mulai masuk ke dalam air kamu akan langsung disambut dengan kejernihan air di danau ini, jernih banget!

Memang keindahan bawah air di danau Labuan Cermin ini tidak kalah indah dari pemandangan di lautan. Apalagi jika kamu berenang lagi lebih dalam, kamu akan menemukan kejutan.

Wah kejutan apa sih?

Menemukan Hutan Di Dalam Lautan

Saat kamu berenang lebih dalam di danau Labuan Cermin ini, kamu akan mulai menemukan keunikan yaitu kamu akan menemukan batang pepohonan seperti hutan di lautan. Wah unik sekali bukan?

Kamu akan merasakan sensasi sendiri saat menyelami danau Labuan Cermin ini, menikmati keindahan dari kedalaman sehingga akan merasakan sedang berada di dunia khayalan.

Hutan di dalam LautanKalimatan
Hutan di dalam LautanKalimatan

Tidak hanya pemandangan unik itu saja nih, semakin dalam kamu menyelam, kamu juga bisa menemukan segerombolan ikan yang sedang berenang.

Wah berasa di laut saja kan? Padahal ini danau lho!

Hal yang paling seru yang bisa kamu temui saat menyelam di sini adalah saat kamu menemukan batang paling besar di kedalaman danau ini nih, langsung saja kamu bisa duduk di atas batang pohon tersebut lalu foto-foto underwater deh! Seru kan?

Oiya buat kamu yang masih penasaran sama dua lapisan air di danau ini, bisa kamu buktikan dengan mengambil sampel dari air danau Labuan Cermin ini nih dan kemudian kamu rasakan.

Perbatasan air tawar dan asin ini lumayan dalam, sekitar 4 meter di kedalaman. Jadi sebenarnya air danau Labuan Cermin ini menyambung dengan laut tapi kenapa ya malah air asinnya yang di bawah?

instagram.com/brinkleydavies

Menurut penelitian hal tersebut karena, berat jenis air asin lebih besar daripada air tawar jadi air asin mengendap di bagian bawah, meskipun ada mata air di bagian bawah, air tawar dari mata air tersebut juga akan naik keatas.

Membuktikan keunikan alam semesta semakin menyadarkan bahwa Tuhan telah menciptakan semua yang ada di dunia ini sesuai dengan kegunaan yang menyuguhkan keindahan.

***

Danau Labuan Cermin, seakan memanggil kamu untuk segera datang dan menyaksikan sendiri dengan keunikan yang tersaji. Sudah siap untuk mengunjungi?

Jangan lupa untuk mengkonsultasikan liburan kamu bersama Tour Advisor Labiru Tour. Hubungi Labiru Tour di 0823-1405-7888 atau email cs@labirutour.gmail.com

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda