Main-main ke Kota Yogyakarta akan terasa tidak lengkap apabila tidak mengunjungi desa wisata. Puluhan Desa Wisata tersebar di tiap pelosok provinsi, entah itu di Sleman, Bantul, Gunung Kidul, maupun Kulon Progo. Konon katanya, desa-desa wisata di Yogyakarta disebut-sebut sebagai yang terbaik di Indonesia. Mengunjungi desa wisata seperti paket all-in-one, temui keindahan alam khas pedesaan sekaligus belajar kultur budaya masyarakat setempat. Berikut 5 desa wisata ternama di kota pelajar versi Labiru Tour :

  1. Desa Wisata Tembi

Terletak di Dusun Tembi, Kabupaten Bantul, Desa Wisata Tembi memiliki tempat istimewa di hati para pelancong. Rupanya keramahtamahan dan keasrian desa wisata ini mampu membius setiap orang yang mampir kemari. Tinggal di rumah Joglo khas masyarakat Jawa tentunya memberikan pengalaman unik tersendiri, sudah begitu masyarakat desa sangatlah ramah, membuat kita tersenyum-senyum sepanjang hari. Dengan harga yang terjangkau wisatawan dapat live-in di sini. Pengalaman tinggal bersama warga asli semakin lengkap dengan adanya paket kursus singkat membuat kerajinan khas Yogyakarta, seperti anyaman dan membatik.

  1. Desa Wisata Kasongan

Tidak salah lagi desa penghasil gerabah ini memang tujuan favorit para wisatawan. Masyarakat Desa Wisata Kasongan yang sebagian besar bekerja sebagai pengrajin gerabah ini juga tidak segan-segan untuk mempersilahkan para pengunjung untuk melihat dan membuat gerabahnya sendiri. Mengunjungi Desa Wisata Kasongan juga membuat kita makin cinta dengan produk lokal yang tak kalah menarik dari produk impor. Dengan ukiran dari tangan para pengrajin, gerabah yang polos ini kini dapat bermetamorfosis menjadi gerabah yang bernilai seni tinggi. Desa Wisata Kasongan terletak di Kabupaten Bantul, 30 menit perjalanan dari Kota Yogyakarta.

  1. Desa Wisata Krebet

Kerajinan membatik kayu hanya dapat ditemukan di Desa Wisata Krebet. Desa wisata yang kini mulai melambung namanya ini berlokasi di Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, 12 kilometer jaraknya dari pusat kota Yogyakarta. Selain dapat membeli oleh-oleh unik dan eksentrik, pengunjung juga dapat menyaksikan proses pembuatan batik kayu dan mencoba pula membuat hasta karya batik kayu yang dapat dibawa pulang. Pesona Desa Wisata Krebet tidak sampai di situ saja, di sekitaran desa terdapat gua dan air terjun cantik yang sayang apabila dilewatkan.

  1. Desa Wisata Banyusumurup

Mengenal asal usul pembuatan keris yang legendaris sekaligus melihat secara langsung para pengrajin membuat aksesoris keris bisa pengunjung dapatkan di Desa Wisata Banyusumurup. Masih terletak di Kabupaten Bantul, desa wisata ini memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh desa wisata lainnya, lalu karena terletak di bukit, suasana desa sangatlah tenang dan sejuk. Pecinta sejarah dan budaya segera ke desa wisata ini, dijamin tidak menyesal.

  1. Desa Wisata Ledok Sambi

Aktifitas asli penduduk desa khas Yogyakarta dapat disaksikan di Desa Wisata Ledok Sambi. Pengunjung dapat ikut tinggal dan merasakan beberapa hari beternak dan bertani. Selain itu bagi penggemar aktifitas outbound, tersedia fasilitas outbound lengkap yang bisa membuat pengunjung penasaran dan ketagihan. Terletak di Kaliurang, Sleman, Yogyakarta, sangat dekat dengan Gunung Merapi membuat desa wisata satu ini dingin dan nyaman untuk berkegiatan outdoor.

Berminat mengunjungi desa wisata ini? Segera reservasi liburan Anda di Labiru Tour, kami menyediakan pelayanan terbaik untuk Anda. Selamat berlibur!

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda