Paket Wisata Banyuwangi Kota Banyuwangi dikenal sebagai kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan setelah pulau Bali, sehingga tidak perlu diragukan lagi kalau berbicara menyangkut destinasi wisata alamnya. Mulai dari danau, air terjun, sungai, hutan, pegunungan, semuanya bisa kamu lihat dan datangi di Banyuwangi.

Keindahan destinasi Banyuwangi bahkan tidak jarang membuat wisatawan terhipnotis dan seperti disihir untuk datang kembali lagi dan lagi.

Diantaranya ada Kawah Ijen, Red Island Beach, Hutan De’Djawatan, Air Terjun Jagir, hingga Pulau Tabuhan. Keindahan destinasi-destinasi ini akan membuat kamu berpikir, “apa tempat ini dibuat oleh sihir?

Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita simak tempat-tempat wisata di Banyuwangi ini sebagai rekomendasi tempat yang bisa kamu kunjungi ketika kamu berlibur ke sini.

 

Kawah Ijen

Credit: Liputan6

Kawah Ijen adalah destinasi wisata berupa danau asam yang berwarna hijau kebiruan dengan diameter sekitar 700 meter dan luas mencapai 5.466 hektar.

Kawah ini masuk ke dalam dua wilayah kabupaten karena ukurannya yang sangat besar, yakni Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso.

Danau kawah Ijen terbentuk secara alami akibat letusan Gunung Ijen yang masih aktif hingga akhirnya membentuk lekukan besar dan membentuk sebuah danau.

Terdapat berbagai tumbuhan yang hanya tumbuh di area dataran tinggi seperti bunga edelweis, cemara gunung, dan pohon manisrejo.

Selain itu, daya tarik lain dari Kawah Ijen terdapat pada fenomena api biru yang biasanya muncul pada dini hari, kurang dari pukul 05.00 WIB. Istimewanya, Kawah Ijen  menjadi salah satu dari lokasi api biru di dunia, dimana satu lainnya berada di negara Islandia.

Untuk masuk ke kawasan Kawah Ijen, harga tiket yang harus kamu bayarkan adalah sebesar Rp5.000,00 pada saat weekday, dan sebesar Rp7.500,00 saat weekend. Lalu untuk wisatawan Mancanegara, dikenakan biaya sebesar Rp100.000,00 saat weekday, dan sebesar Rp150.000,00 saat weekend.

 

Red Island Beach

Credit: ASURANSIKU(dot)id

Red Island, atau yang lebih dikenal dengan nama Pulau Merah merupakan pantai yang dikenal karena sebuah bukit hijau kecil yang menjorok ke arah laut yang diselimuti lapisan tanah berwarna merah.

Di sini, kamu dapat menikmati sunset, surfing, memancing, berburu kuliner, serta beberapa kegiatan menyenangkan lainnya.

Pulau ini berlokasi di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Selain tiket masuk, jika kamu ingin mencoba beberapa kegiatan yang memerlukan peralatan, kamu bisa menyewanya di tempat penyewaan yang ada di sekitar pantai.

Berikut rincian harga sewa dan tiket masuk ke Red Island Beach: 

  • Tiket masuk ke pantai, Rp8.000,00 per orang
  • Sewa perlengkapan snorkeling, Rp50.000,00 per orang
  • Sewa perlengkapan surfing, Rp50.000,00 per orang
  • Penginapan, mulai dari Rp100.000,00

Biaya parkir

  • Motor, Rp2.000,00
  • Mobil, Rp5.000,00

 

Baca Juga: Wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Pesona Pasir Merah yang Memikat

 

Hutan De’Djawatan

Credit: Artik(dot)id

Hutan yang berada di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Banyuwangi ini terdiri dari jajaran pohon trambesi berukuran besar. Hal ini membuat De’Djawatan Forest ini seperti Hutan Fangorn dalam film Lord of The Rings. Kamu tahu tidak film ini? Sudah pernah menontonnya atau belum?

Hutan ini beroperasi setiap hari mulai pagi hari pukul 07.00 WIB hingga sore hari pukul 17.30 WIB. Kamucukup membayar sebesar Rp5.000,00 per orang untuk masuk ke area hutan Fangorn versi Indonesia ini. Jika membawa kendaraan pribadi, kamu bisa membayar biaya tambahan sebesar Rp2.000,00 per motor.

 

Air Terjun Jagir

Credit: Native Indonesia

Terletak di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, air terjun satu ini memiliki tiga air terjun dalam satu kawasan.

Dua diantaranya ada di lokasi yang berdekatan hingga kerap disebut air terjun kembar, sedangkan satu lainnya terletak 300 m di sebelah barat air terjun kembar dan letaknya lebih tinggi dari air terjun kembar dengan hulu air yang berbeda.

Air terjun Jagir buka setiap hari selama 24 jam. Meskipun begitu, biasanya banyak pengunjung yang datang pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Untuk masuk ke area air terjun ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp5.000,00 per kendaraan. Itu juga jika kamu membawa kendaraan pribadi.

Sebagai destinasi wisata, fasilitas yang tersedia di Air Terjun Jagir cukup lengkap. mulai dari area parkir, kamar mandi yang bersih, mushola, tempat makan atau warung makan, dan juga gazebo untuk bersantai. 

 

Pulau Tabuhan

Credit: Tribun Jatim Travel

Pulau Tabuhan adalah sebuah pulau kecil yang terletak di perairan Selat Bali, dimana memerlukan waktu sekitar 45 menit untuk mencapai pulau ini dari kabupaten Banyuwangi.

Pulau yang didominasi pantai ini memiliki pasir berwarna putih yang lembut dan dilengkapi jajaran pohon hijau di sekitarnya.

Hal lain yang unik dari pulau ini adalah kamu dapat melihat Kawah Ijen, Gunung Raung, dan Balunara yang berada di sebelah barat pulau.

Airnya yang sangat jernih juga memungkinkan kamu melihat kondisi bawah lautnya dengan jelas. Wisatawan yang datang berkunjung juga kerap kali tertarik dengan pemandangan alam pulau Tabuhan ketika sunset dan sunrise.

Harga tiket untuk masuk ke pulau Tabuhan adalah sebesar Rp10.000,00 sampai dengan Rp15.000,00 per orang untuk wisatawan lokal, lalu untuk wisatawan mancanegara dikenakan tarif sekitar Rp30.000,00 hingga Rp50.000,00 per orang.

Jika kamu ingin menyewa peralatan snorkeling dan camping, kamu perlu membayar biaya tambahan, jadi pastikan kamu menyiapkan budget yang cukup ya!

 

Itu dia beberapa destinasi wisata spektakuler Banyuwangi yang seperti dibuat dengan sihir karena saking indahnya. Dijamin tempat-tempat wisata di atas sangat cocok bagi kamu yang ingin mencari suasana baru diluar keseharian. Selamat berkunjung!

Baca Juga: Pulau Tabuhan Banyuwangi, Surga Tersembunyi di Ujung Timur Jawa

Paket Wisata di Banyuwangi

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Banyuwangi