Slogan Visit Jawa Tengah yang didengungkan oleh pemerintah provinsi Jawa tengah seakan membuka cakrawala parwisata baru di daerah ini. Jawa Tengah yang selama ini identik dengan Candi Borobudur dan Kepulauan Karimunjawa juga punya destinasi yang tak kalah cantik lainnya. Salah satu destinasi keren ini adalah kabupaten Wonosobo. Kabupaten yang terkenal dengan mie ongkloknya ini punya segudang destinasi wisata yang rasanya sayang kalau dilewatkan. Labiru punya ulasan tentang destinasi wisata di Wonosobo yang akan sangat berguna untuk kalian.

Gunung Prau, Destinasi Wisata di Wonosobo dengan Pemandangan Golden Sunrise

Destinasi Wisata Wonosobo Dieng

Pemandangan dari puncak Gunung Prau, Wonosobo

Di daerah Dieng terdapat dua lokasi istimewa untuk menyaksikan salah satu pemandangan matahari terbit tercantik di Indonesia, yaitu Puncak Gunung Prau dan Bukit Si kunir. Gunung Prau sendiri adalah destinasi yang sudah tidak asing bagi para penghobi kegiatan mendaki gunung. Karena, gunung ini memiliki rute pendakian yang pendek namun dengan trek yang cukup menantang.

Untuk sampai di puncaknya yang merupakan lapangan sangat luas, kamu bisa mendaki via jalur Patak Banteng. Pendakian sendiri yang memakan waktu kurang lebih 3 jam.

Puncak Sikunir, Destinasi Wisata di Wonosobo dengan Sunrise Tercantik di Indonesia

Puncak Sikunir, Destinasi Wisata di Wonosobo dengan Sunrise Tercantik di Indonesia

Golden sunrise Puncak Sikunir

Salah satu destinasi istimewa untuk menyaksikan matahari terbit di Wonosobo, yaitu Puncak Sikunir. Sikunir adalah kawasan perbukitan yang terletak di Desa Sembungan. Desa ini dikenal sebagi desa tertinggi di pulau Jawa.

Cobalah untuk datang ke puncak Bukit Sikunir sebelum Sang Surya menyingsing. Kawasan di lembah bukit ini bakal tertutup dengan kabut putih yang membuatmu seperti sedang berada di atas awan. Yang paling istimewa tentu saja matahari terbitnya yang super indah, hingga dijuluki sebagai matahari terbit emas atau golden sunrise karena sinarnya yang memancarkan cahaya keemasan.

Menjadi Saksi Kecantikan Telaga Warna

Telaga wana dan telaga pengilon

Telaga warna dan telaga pengilon

Kamu tidak perlu jauh-jauh ke gunung Kelimutu di Nusa Tenggara Timur untuk bisa menyaksikan danau yang bisa berubah warna. Cukup datang ke Dieng, Wonosobo dan sambangi Telaga Warna. Telaga ini memang ajaib, karena air danaunya bisa berubah warna bahkan kadang warna danau ini memiliki gradasi tersendiri yang membuat banyak pengunjungnya terkagum – kagum

Telaga Warna letaknya berdampingan dengan telaga lainnya bernama Telaga Pengilon. Kedua telaga tersebut hanya dipisahkan oleh sejengkal rerumputan dan gugusan pepohonan. Bedanya adalah Telaga Pengilon ini memiliki air yang sebening kaca. Sehingga ketika kamu berada di dekatnya bisa melihat bayangan dirimu dengan sangat jelas di permukaan airnya. Baik Telaga Warna dan Telaga Pengilon bisa dilihat dengan jelas dari atas bukit yang bernama Batu Ratapan Angin. Bukit ini berada tak jauh dari dua telaga cantik ini..

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang, Dieng

Kawah Sikidang, Dieng

Dieng merupakan kawasan vulkanik yang aktif. Hal ini terbukti dengan ditemukannya banyak kawah aktif di sekitar kawasan Dieng. Salah satu kawah yang paling terkenal dan banyak dikunjungi turis adalah kawah Sikidang. Kawah ini menjadi favorit destinasi wisata di Wonosobo. Kawah ini dinamai Sikidang karena munculnya gas secara pindah-pindah seperti kijang yang melompat-lompat.

Kawah Sikidang juga terkenal dengan area spa lumpur kawah yang menjadi favorit para turis. Konon lumpur dari kawah sikidang ini dipercaya dapat menyehatkan badan dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Kebun Teh Tambi, Sejuknya Destinasi Wisata di Wonosobo ini

Tempat wisata di wonosobo selain dieng

Suasana Kebun Teh Tambi, Wonosobo

Berlibur di kawasan pegunungan rasanya tak lengkap jika tidak menyambangi kebun teh. Di Wonosobo terdapat kebun teh bernama Tambi. Untuk menuju ke salah satu destinasi wisata di Wonosobo ini, kamu harus menempuh jarak sejauh 18 Kilometer dari pusat kota Wonosobo. Lokasi tepatnya berada di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Wonosobo. Dikebun teh seluas 800 hektar ini kamu bisa menikmati sejuknya kebun teh sambi melajukan kegiatan tea walking.

Jawa Tengah masih memiliki banyak destinasi wisata keren lain yang sangat layak kamu kunjungi. Kamu mau liburan seru di Jawa Tengah atau destinasi lain di Indonesia ? Jangan lupa, liburan seru, hanya Labiru!

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda