Pernahkah kamu bermimpi untuk tinggal di atas awan, seperti di desa diatas awan misalnya ? Merasakan sejuknya udara segar dan dinginnya hembusan angin juga menikmati pemandangan pegunungan dari salah satu puncaknya. Pasti sangat mengagumkan.

Tapi tahukan kamu, semua itu memang benar ada. Beberapa orang di Indonesia memang seakan-akan tinggal di atas awan, di desa diatas awan tepatnya. Berikut ini tiga desa dengan ketinggan yang menakjubkan seakan-akan kamu berada di atas awan, yang ada di Indonesia.

Wae Rebo

Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur

Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur

Wae Rebo adalah bagian dari Desa Satar Lenda, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai Barat, Flores. Desa ini sangat indah dan menakjubkan dengan pemandangan alam perbukitan dan hutan hijau yang masih asri. Dijuluki sebagai ‘kampung diatas awan’ karena desa ini diselimuti oleh kabut tipis di seluruh perkampungannya.

Secara geografis kampung ini terletak diatas ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Jika kamu ke desa ini kamu dapat melihat dan tinggal di Mbaru Niang, sebuah rumah tradisional Flores yang masih tersisa dan hanya ada di kampung Wae Rebo. Pada tahun 2012, Mbaru Niang mendapatkan penghargaan dari UNESCO.

Desa Argosari | Desa diatas Awan Jawa Timur

Puncak B 29 Lumajang

Puncak B29, Argosari Lumajang, photo by fraunesia[dot]com

Desa ini berada di kawasan Taman Nasional Bromo. Penduduk desanya mayoritas orang-orang Suku Tengger dan beragama Hindu. Kebanyakan mata pencaharian penduduknya adalah bertani sayur, berdagang dan pegawai negeri sipil. Disana kamu akan disuguhi oleh pemandangan indah seperti berada di atas awan dengan hamparan ladang sayur dan pegunungan Bromo Tengger Semeru yang mempesona.

Desa Sembungan, Dieng | Desa diatas Awan Jawa Tengah

Desa diatas awan - Telaga Cebong, Sikunir Dieng

Telaga Cebong, Sikunir Dieng

Desa Sembungan merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa karena berada di ketinggian 2.100 mdpl tepatnya di wilayah Dataran Tinggi Dieng. Desa ini dihuni sekitar 1.300 jiwa dan mayoritas berprofesi sebagai petani sayuran dan buah papaya atau biasa disebut carica.

Jika kamu ke desa ini kamu akan melihat pemandangan yang menakjubkan karena di desa ini berdekatan dengan sebuah telaga bernama Telaga Cebong. Untuk kamu yang suka naik gunung tapi tak punya banyak waktu, berkunjung ke Puncak Sikunir yang masih menjadi bagian dari desa ini bisa menjadi alternatif. 

Itulah tiga desa indah yang ada di atas awan. Mengagumkan bukan keindahan alamnya. Disana kamu benar-benar akan merasakan berada di atas awan. Selain memiliki keindahan yang luar biasa penduduk di desa-desa tersebut juga masih memegang teguh kebudayaan dan adat istiadatnya yang unik, dan pasti ramah khas masyarakat pegunungan. Kamu tidak akan menyesal jika mengunjungi desa-desa ini.

Nggak sabar untuk berkunjung ke desa-desa eksotis diatas ? Yuk kontak Labiru Tour untuk merencanakan liburan terbaikmu.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda