Explore Bromo

Gunung Bromo adalah bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang terkenal di Indonesia. Gunung Bromo berlokasi di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.  Gunung aktif yang mengalami letusan paling dahsyat pada tahun 1974 ini menjadi destinasi atau objek wisata alam andalan di Jawa Timur.

Menurut sejarah, Gunung Bromo terbentuk dari letusan dahsyat Gunung Tengger yang membentuk kaldera berdiameter lebih dari 8 kilometer. Objek wisata Bromo selalu menarik minat para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Bromo menawarkan eksotisme yang tidak bisa didapat dari tempat lain di Indonesia.

Lalu apa saja sih yang bisa kamu lakukan jika berwisata ke Bromo? Yukk, lihat deretan kegiatan ini yang bisa kamu lakukan saat di Bromo ?

Baca Juga : Paket Liburan Bromo Malang Menarik 3H2M / 2H1M

  1. Jeep Tour

    Jeep Tour Bromo (cr : Google)

Di Kawasan Bromo, Tengger, Semeru menyediakan Jeep yang dapat di sewa untuk tour keliling Bromo. Dengan mobil Jeep yang di desain dapat melewati jalur terjal, kamu bisa merasakan langsung berkendara sambil menikmati pemandangan alam yang luas dan menakjubkan. Jeep Bromo bisa kamu sewa seharga Rp 500.000 – Rp 600.000 dan bisa kamu sewa selama 6 jam untuk berkeliling ke beberapa destinasi wisata yang berada di Kawasan Bromo.

  1. Menyusuri Pasir Berbisik Bromo

Pasir Berbisik Bromo (Cr : Google)

Pasir Berbisik Bromo, adalah lautan hamparan pasir yang membentang luas dikawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Padang pasir yang memiliki luas sebesar 5.920 hektar ini menjadi pemandangan alam yang tidak didapatkan di sekitar pegunungan lain yang ada di Indonesia. Bahkan Taman Nasional Tengger Semeru dinobatkan sebagai satu-satunya kawasan pegunungan satu-satunya yang memiliki lautan pasir yang luas di Nusantara.

Banyak yang berburu foto instagenic di tempat ini. Apabila kamu datang ke lokasi diatas pukul 9 pagi, maka kamu bisa merasakan sensasi awan yang bergerak dari tebing Kaldera Bromo turun menyentuh hamparan pasir, seperti bermain diatas awan.

  1. Berburu Sunrise Eksotis

Sunrise Bromo (Cr : Google)

Salah satu spot yang paling diburu wisatawan saat berkunjung ke Bromo, Tengger, Semeru adalah spot sunrise atau saat-saat matahari terbit. Menyaksikan matahari terbit diantara perbukitan, gunung, lembah, kawah dan padang pasir dengan suhu dengan suhu dingin dan sejuk akan membuat badanmu segar dan pikiranmu tenang.

Melihat matahari terbit atau sunrise adalah hal yang paling disukai para wisatawan. Mulai dari pukul 04.00 WIB matahari sudah mulai terbit sehingga wisatawan harus sudah bersiap dari pagi jika ingin melihat sunrise yang spektakuler.

  1. Berkunjung ke Pura Luhur Poten

Pura Luhur Poten (Cr : Google)

Pura Luhur Poten merupakan satu-satunya bangunan yang berdiri ditengah hamparan Pasir Berbisik. Bangunan Pura Luhur Poten yang dibangun tahun 2000. Arsitektur yang kental dengan bangunan peribadatan umat Hindu serta upacara agama yang dilakukan di Pura Luhur Poten menjadi daya tarik tersendiri di kawasan wisata Gunung Bromo.

Masyarakat Suku Tengger lah yang hingga saat ini memiliki peranan penting dalam menjaga keluhuran adat serta kesucian kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru.

  1. Melihat Upacara Yadnya Kasada

Upacara Yadnya Kasada (Cr : Google)

Suku Tengger terkenal dengan keberagaman budaya dan ritual upacaranya. Salah satu yang populer di kalangan masyarakat luas adalah upacara Kasada atau Yadnya Kasada. Upacara Kasada merupakan sebuah ritual yang dilakukan sebagai bentuk ungkapan syukur dan harapan agar dijauhkan dari malapetaka. Upacara ini diselenggarakan setiap tahun pada bulan Kasada hari ke 14 penanggalan Jawa.

Yadnya Kasada terbuka untuk umum dan seluruh orang Tengger dari agama apapun. Upacara ini kental dengan ritual dan ajaran agama Hindu. Tapi bagi orang Tengger, berkahnya tak hanya untuk orang-orang Hindu, tetapi juga untuk semua orang.

Saat ini untuk menuju ke lokasi wisata Gunung Bromo bukan lagi sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Cukup banyak Paket Wisata dengan harga yang relatif murah dapat kita pilih untuk liburan ke Gunung Bromo. Bagaimana? Menarik bukan?

Baca Juga :

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda