Hotel View Borobudur – Banyak wisatawan lokal yang masih salah persepsi terhadap letak kawasan candi paling populer di Indonesia ini. Sebagian mengira bahwa candi ini berada di Jogja, padahal secara administratif maupun geografis sudah masuk ke area Magelang, loh.

Magelang berbatasan langsung dengan Kota Jogja, maka akan lebih baik jika kamu berkunjung ke Jogja bisa sekalian eskplorasi kawasan wisata Borobudur. Banyak destinasi wisata menarik yang juga menjadi primadona banyak wisatawan lokal hingga wisatawan asing.

UNESCO telah mengakui dan mengukuhkan Candi Borobudur ke dalam warisan budaya dunia pada tahun 1991 sebagai Candi Buddha terbesar di dunia. Strukturnya unik seperti punden berundak yang semakin ke atas semakin mengerucut yang disusun menggunakan batu andesit berbentuk persegi. Ada tangga di 4 arah mata angin.

Pemerintah Indonesia dibantu oleh UNESCO sempat memugar bangunan candi ini menggunakan dana kampanye internasional pada tahun 1973. Tujuannya untuk memperbaiki kerusakan dan melestarikan warisan budaya purbakala di dunia agar tetap kokoh. Jadi, hari ini kamu bisa melihat salah satu warisan budaya dunia yang dibangun pada zaman sebelum teknologi berkembang, namun memiliki seni infrastruktur yang kompleks.

Perkembangan pariwisata di kawasan ini sangat pesat beberapa tahun belakangan, seperti objek wisata baru, restoran dan cafe, hingga aktivitas-aktivitas budaya tradisional khas daerah ini, termasuk juga industri perhotelan.

Ada beberapa resort dan hotel yang khusus dibangun strategis di kawasan ini dengan menawarkan kamu fasilitas sekaligus view eksotik candi ini dari angle terbaik berpadu view Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Sumbing.

Mau tahu apa saja rekomendasinya?

Sunrise Borobudur Breakfast Package at Dagi by Manohara

Manohara Resort

Berada di kawasan halaman belakang Candi Borobudur dengan jarak tempuh yang cukup dekat. Kamu bisa menjangkaunya hanya dengan 5 menit berjalan kaki. Resort ini juga menawarkan tarif kamar yang sudah termasuk tiket masuk ke kawasan candi selama jam buka normal.

Resort ini dibangun khas dengan gaya arsitektur kontemporer Jawa yang dikelilingi taman – taman hijau yang sangat tertata rapi. Untuk harga per kamarnya mulai 1 jutaan per malam dengan fasilitas cukup lengkap. Untuk menikmati sunrise view candi, sebenarnya kamu tidak perlu menginap, kok.

Kamu dapat menikmat sunrise dengan view Borobudur di Bukit Dagi karena kawasan candi jalur biasa baru buka pukul 6. Kamu tidak akan sempat menyaksikan indahnya matahari terbit di ufuk timur berpadu dengan magestic-nya kemegahan Candi Borobudur. Alternatifnya adalah membeli tiket sunrise di loket yang tersedia di resort ini.

Untuk tarif sunrise, kamu dapat membayar sejumlah 370.000 per orang untuk wisatawan lokal dan 500.000 untuk wisatawan asing dengan minimal 2 orang per pemesanan. Kamu juga harus reservasi dulu ya kalau hendak berkunjung ke lokasi ini karena peminatnya cukup tinggi. Setelahnya, kamu juga akan mendapatkan minuman dan sarapan ringan, loh. Jadi, jangan takut bakal kelaparan pagi-pagi.

 

Plataran Borobudur Resort & Spa

Plataran Borobudur Resort & Spa

Siapa sih yang tidak mengenal Plataran? Terkenal dengan kesan eksklusif dan lokasinya yang strategis tersebar di kawasan wisata populer di berbagai kota di Indonesia, salah satunya adalah kawasan Borobudur. Luxury resort ini tidak hanya menawarkan fasilitas yang lengkap, namun juga view yang sangat menjual.

Sebenarnya kamu tidak perlu secara khusus menantikan sunrise di lokasi tertentu. Dari suite mewah kamu saja, kamu sudah bisa menikmati megahnya view matahari terbit berpadu dengan keindahan candi. Cocok nih menginap bersama pasangan dan keluarga. Sendiri pun tetap asik kok.

Plataran sendiri memiliki banyak restoran seperti Stupa Restaurant, Menoreh Restaurant, Langit Menoreh Lounge & Bar. Sedangkan, yang berada di kawasan Plataran Borobudur Resort & Spa adalah Patio Colonial yang bergaya tempo doeloe dan Patio Main Jogja. Enam Langit pun masih di bawah management Plataran.

Resort menyediakan banyak fasilitas yang kamu dapatkan secara cuma-cuma seperti berkeliling desa dan belajar budaya di kawasan Borobudur. Misalnya, menunggang kuda dan jeep tour. Tidak hanya menginap, kamu juga mendapat kemudahan untuk sekalian eksplorasi wisata di sekitarnya.

 

Amanjiwo Resort at TripAdvisor by Aman

Amanjiwo Resort

Satu lagi luxury resort yang menawarkan kamu pengalaman terbaik menginap di Borobudur. Kalau dari luar, jangan harap kamu akan menemukan gerbang mewah di pinggir jalan. Tapi, begitu kamu memasuki kawasan resort, mungkin kamu akan mengira sedang memasuki sebuah istana kuno atau bangunan candi juga. HaHa~

Masuk dalam naungan Aman Group, rangkaian akomodasi yang pernah menjadi pilihan tempat menginap Diane Kruger, Nichol Kidman, David & Victoria Beckham, Richard Gere, keluarga Kardashian, Mark Zurckerberg, hingga Bill Gates. Sukses menjadi langganan resort tokoh dan selebritis dunia, kamu pasti bisa menebak dong rate harga, fasilitas, dan value yang ditawarkan Aman Group? Sudah, jangan berdebat!

Lokasi ini hanya berjarak sekitar 4 km saja dari Candi Borobudur dan Candi Pawon. Mengusung arsitektur klasik Eropa abad 19 berpadu dengan sentuhan nuansa etnis Jawa yang kental semakin menambah daya tarik dan keunikan tersendiri daripada banyak resort dan hotel di sekitar kawasan ini.

Resort ini sangat mengedepankan privasi dan kenyamanan pengunjung. Cocok nih buat kamu yang menyukai ketenangan dan kesunyian, serta tidak terlalu suka distraksi dari berbagai hal ketika menginap di sebuah hotel. Wah, memang didesain profesional untuk kebutuhan kalangan berkelas ya.

Meskipun menawarkan harga yang tergolong tinggi mulai 16 juta-an, setara dengan sejumlah fasilitas penunjang kenyamanan yang mewah dan tidak tanggung-tanggung, seperti sound system Bose, area duduk, minibar, kolam renang outdoor pribadi, area keluarga terpisah, layanan butler, dan sudah termasuk breakfast.

Ada juga restoran, fasilitas spa, gym, taman, dan kolam renang outdoor, serta lapangan tenis. Menariknya, kamu juga bisa mengikuti sunset tour di kawasan Borobudur, loh.

 

Villa Resort Borobudur (Agoda/Villa Borobudur Resort)

Villa Borobudur Resort

Terletak strategis tidak jauh dari Amanjiwo. Resort ini dapat menjadi alternatif terbaik untuk kamu yang ingin mendapatkan fasilitas lengkap dengan view spektakuler yang menjual namun dengan harga yang lebih affordable mulai 3 juta-an per malam.

Resort ini mengusung konsep private villa dengan gaya arsitektur otentik khas Jawa. Menawarkan berbagai tipe villa dengen keunikan masing – masing. Kamu bisa memilih Villa Dagi, Villa Menoreh, Villa Merbabu, Villa Diponegoro, dan Villa Mahayana jika ingin menginap sembari menikmati view Candi Borobudur dari kejauhan.

Tidak hanya view candi saja loh, kamu juga bisa melihat view Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu dan persawahan di Lembah Menoreh. Kapasitas per villa berbeda – beda mulai 4, 5, 6, 8 hingga untuk 12 orang. Jadi, jangan khawatir untuk kamu yang berniat membawa rombongan besar. Kamu memiliki banyak pilihan villa di sini.

Menariknya, tidak hanya menyediakan fasilitas menginap dan akomodasi, namun juga menawarkan berbagai aktivitas wisata dengan biaya tambahan seperti layanan kunjungan ke berbagai wisata sejarah seperti, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Candi Plaosan, dan Candi Sewu.

Kamu juga bisa rafting di Sungai Elo, hiking di Bukit Menoreh, Puncak Suroloyo dan Candi Selogriyo, Safari Jeep Merapi, atau climbing di area Gunung Sumbing, kelas memasak kuliner tradisional Jawa, dan masih banyak lagi aktivitas lainnya.

Baca Juga:
Sejarah dan Keindahan Candi Borobudur yang Belum Terungkap
Rekomendasi Tempat Gathering di Jogja

Itulah beberapa rekomendasi resort atau hotel yang cocok menjadi pilihan liburanmu bersama orang tersayang. Menawarkan kamu view terbaik di kawasan wisata internasional ini dengan fasilitas penginapan dan wisata terbaik.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda