Liburan Murah ke Malang– Nah buat temen – temen yang memiliki agenda buat liburan ke malang tapi bingung dengan budget yang harus di persiapkan tenag. Tenang saya akan berikan Itinerary liburan murah ke malang, Mengapa ke malang? Beberapa tahun terakhir ini kota Malang semakin melejit sebagai tujuan liburan favorit, atmosfernya yang masih sejuk khas dataran tinggi serta beragam pilihan aktivitas wisata, akomodasi maupun kuliner menjadi poin utama yang menambah daya saing.

Entah itu liburan bersama teman – teman, berdua dengan pasangan ataupun bareng keluarga, semuanya bisa di realisasikan di kota terbesar kedua di Jawa Timur ini. Lokasinya yang strategis juga menjadikan malang sebagai perhatian sementara sebelum beranjak ke salah satu ikon pariwisata indonesia.

Baca: Rekomendasi 25 Tempat Wisata di Kota Malang Terbaru Lengkap Dengan Harga Tiket

Anggap saja kita mulai berangkat dari jakarta, Nah untuk transortasi yang nyaman dan murah kereta adalah pilihannya.

liburan murah ke malang

Source by: Tribunnews.com

Malang merupakan salah satu tujuan wisatawan Indonesia, selain Bali dan Jogja tentunya. Supaya bisa backpacker-an ke kota Malang, persiapan yang metanag harus dilakukan dengan banyak mencari informasi tentang beberapa pengeluaran. Salah satunya adalah tentang transportasi dari jakarta menuju ke malang, kalok di tanya transportasi apa yang paling nyaman dan harganya terjangkau? Tentu sebagian besar orang menjawab kereta api, karna nggak ada kemacetan. Biar lebih murah, kamu naik kelas ekonomi aja. Matarmaja misalnya, berangkat dari jakarta pukul 15.00 dan sampai malang keesokan harinya pukul 07.30 WIB. Waktu sekitar 17 jam akan kamu habiskan di dalam kereta, bawa makanan yang banyak ta, obat tidur juga kalok diperlukan.

–Tiket Kereta Api Matarmaja PP: Rp 109 ribu x 2 = Rp 218 ribu—

Sekarang urusan penginapan, di Malang ada banyak sekali Penginapan dengan harga yang berbeda – beda mulai dari yang Seratus ribuan/malang hingga Tigaratus ribuan/malam. Nah jika memang budget sangat – sangat minim kalian bisa nginep di omah backpacker dengan gratis.

liburan murah ke malang

Potret Omah Backpacker

Nah jadi, di Malang ada sebuah penginapan gratis bernama Omah Backpacker. Dimana penginapan ini berada? Dari stasiun, kamu bisa naik angkot berwarna merah menuju karangploso. Silahkan turun di depan Masjid An-Nur sebelah kiri jalan, dan posisi Omah Backpacker persis berada di sebrang masjid itu. Beneran nggak sih ada penginapan gratis di saat nggak ada yang bener – bener gratis di dunia ini? Pemilik rumah singgah ini bernama Mbak Ajeng, dia memang punya cita – cita mulia. Yaitu, ingin membuat taman baca mini bagi penduduk sekitar desanya. Nah dari situlah, dia membuat Omah Backpacker yang membebankan tamunya dengan satu buku bekas untuk setiap malamnya. Lebih dari satu buku lebih bagus, kategorinya pun bebas.

–Jadi gratis bermakna tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, tetapi tetap perlu membayarnya dengan barang lain, yaitu buku. Buat yang ada budget lebih bisa menyewa penginapan di tempat lain—

Waktu berwisatamu di Malang berarti hanya tinggal dua hari. Nah, biar gampang mending kamu sewa motor aja. Hari pertama enaknya yang deket – deket dulu aja deh.

liburan murah ke malang

Suasana di Batu Night Spectaculer

Traveling ke kota manapun, percayalah, sewa motor masih selalu menjadi andalan yang murah dan menyenangkan. Pergi kemanapun jadi mudah walau sejatinya kamu tak tahu arah, asal bisa baca peta aja sih. Seperti halnya Bali dan Jogja, di Malang sudah banyak usaha serupa. Per motor dibanderol harga Rp 60 ribu per 24 jamnya, di luar bensin lho ya.

liburan murah ke malang

Potret koleksi benda di Museum Malang Tempo Doeloe

Karena hari kedua kamu sampai di Kota Malang pada pukul 07.50 WIB, dan kamu masih harus bersih-bersih diri serta menyewa motor, otomatis kamu baru bisa mulai berwisata agak siang. Alangkah efektifnya kalau kamu menggunakannya dengan berwisata di sekitaran kota saja. Kamu bisa menilik sejarah Kota Apel ini di Museum Malang Tempo Doeloe misalnya. Terletak di Jalan Gajah Mada atau belakang Balai Kota Malang. Berkunjung kemari, kamu akan melihat semacam timelapse dari masa ke masa sejak jaman purba hingga sekarang.

Jangan lupa pula kunjungi Kampung Jodipan yang lagi nge-hits karena warna-warninya, biar hasil fotomu instagramable. Sorenya, kamu bisa melihat kawanan burung merpati sembari menikmati internet gratis di alun-alun Kota Malang. Nah, malemnya mau main-main ke Batu Night Spectacular (BNS) juga boleh lho. Tapi bayar tiket jangan lupa.

  • Sewa motor dua hari: Rp 60 ribu x 2 = Rp 120 ribu
  • Bensin 2 hari: Rp 60 ribu
  • Tiket masuk Museum Malang Tempo Doeloe: Rp 20 ribu
  • Tiket masuk kampung jodipan: Rp 5 ribu
  • Harga tiket masuk BNS: Rp 50 ribu

Hari ketiga, saatnya menikmati wisata alam di plosok Malang. Agak jauh mainnya, tapi perangkatnya awal banget juga ya. Bangun pagi dan jangan lewatkan pesona alam di Malang Selatan.

liburan murah ke malang

Panorama alam indah di pantai Balekambang

Malang Selatan terkenal dengan aneka wisata pantainya. Kamu bisa mengunjungi Pantai Balekambang misalnya, yang eksotis dengan gagahnya pura. Balekambang seringkali disebut sebagai Tanah Lot-nya Malang, karena sama-sama terdapat pura yang digunakan sebagai tempat ibadah agama Hindu. Selain itu, keindahan pantainya memang tak kalah indah dengan yang ada di Bali. Jaraknya cukup jauh sih dari kota Malang, yaitu sekitar 60 km dan dapat kamu tempuh selama sekitar 2 jam. Anggaplah kamu bisa berangkat pukul 06.00 pagi, sampai sana juga masih pagi. Kalau nggak ingin berenang atau bermain ombak, kamu bisa rebahan di pendoponya saja. Juga banyak warung makanan dengan harga relatif terjangkau

Kalau sudah bosen sama Pantai Balekambang, ya tinggalin, silahkan melipir ke Pantai Regent di sebelahnya. Pemandangannya nggak kalah menarik kok. Istimewanya, pantai ini memiliki danau yang indah dihimpit oleh gunung karang, pepohonan yang rindang dan pemandangan laut lepasnya yang super indah. liburan murah ke malang

Potret dari ketinggian Pantai Balekambang

Sudah puas bermain air, saatnya kembali ke kota Malang. Sebelum menunggu kereta di stasiun untuk kembali ke Jakarta, nambah ilmu dikit-dikit ke satu-satunya Museum Musik di Indonesia yuk, gratis kok. Terletak di deretan perumahan Griyashanta Malang, museum ini merupakan gebrakan museum pertama yang mengabadikan perjalanan musik di tanah air. Tempat ini cocok untukmu yang ingin menelusuri jejak sejarah musik Indonesia.

–Tiket Masuk Balekambang: Rp 20 ribu—

Puas menikmati pesona kota Paris for East Java. Saatnya kembali ke Jakarta pada sora harinya. Liburan boleh, jangan lupa pulang. Di total dulu semuanya habis berapa.

Di hari ketiga, kamu bisa menggunakan kereta yang sama dengan saat berangkat dari Jakarta. KA Matarmaja berangkat dari Stasiun Kota Malang pukul 17.00 WIB dan akan tiba di Stasiun Pasar Senen keesokan harinya pukul 09.45 WIB, dengan harga yang sama. Coba ya dihitung, semuanya habis berapa.

  • Tiket kereta api Matarmaja PP: Rp 109 ribu x 2 = Rp 218 ribu
  • Sewa motor 2 hari: Rp 60 ribu x 2 = Rp 120 ribu
  • Bensin dua hari: Rp 60 ribu
  • Museum Malang Tempoe Doeloe: Rp 20 ribu
  • Kampung Jodipan: Rp 5 ribu
  • Batu Night Spectaculer: Rp 50 ribu
  • Pantai Balekambang: Rp 20 ribu
  • Makan enam kali: Rp 20 ribu x 6 = Rp 120 ribu

—TOTAL: Rp 613 ribu

Baca Juga: Tempat Liburan di KOTA BATU Terbaik Tahun Ini

Jadi gimana? Kapan kamu ke Malang? Selain melakukan penghematan biaya, kamu juga harus pertimangkan pengelola waktu. Atur waktumu se-efektif dan se-efisien mungkin. Nah itulah tadi sedikit ulasan mengenai liburan murah ke malang.

Paket Wisata di Malang

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Malang