Tempat Liburan di Batu Malang– Punya agenda liburan ke Jawa Timur, sayang banget kalok kamu nggak liburan ke Kota Malang. Pasalnya kota ini memiliki banyak tempat wisata bahkan kota ini dijuluki surganya wisata. Nah buat temen-temen yang udah pernah berlibur ke malang bisa sedikit bergeser dan coba berlibur ke Kota Batu hanya berjarak 16,9 KM dari kota malang.

Kota Batu yang kaya akan tempat wisata juga memiliki pilihan beragam taman liburan dengan jarak yang berdekatan. Nah buat kamu yang punya rencana liburan di Batu dan Malang, Beikut rekomendasi dari kami (Labirutour):

Baca: Rekomendasi 25 Tempat Wisata di Kota Malang Beserta Harga Tiket

Alun-alun Kota Batu

tempat liburan di batu malang

Potret bianglala di Alun-alun Kota Batu

Salah satu ciri khas sebuah kota di Jawa adalah alun-alun. Anda bisa menemukannya hampir di berbagai kota baik kecil maupun besar. Hal yang sama juga terjadi di Batu Malang. Untuk tujuan wisata, alun-alun kota Batu layak dijadikan rekomendasi. Jika ingin tahu dimana lokasi wisata pertama yang dituju turis, alun-alun selalu menjadi spot yang tidak boleh dilewatkan.

Alun-alun ini mengalami renovasi agar lebih nyaman dan indah. Selain itu, turis bisa menikmati suasana kota Batu secara langsung karena lokasi ini berada di pusat kota. Di sekitar alun-alun, Anda menemukan berbagai wahana permainan yang cocok untuk anak serta beberapa spot untuk duduk. Inilah destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan oleh para turis saat ke Batu.

Batu Night Spectacular

tempat liburan di batu malang

Suasana malam hari di BNS

BNS merupakan taman bermain yang terkenal di Kota Batu. Oleh karna letaknya di dataran tinggi, kamu dapat menikmati pemandangan alam dengan gemerlapnya lampu Kota Malang. Di sini kamu bisa menemukan berbagai jenis wahana untuk kamu dan keluarga seperti sepeda udara, disco bumper car, merry go round, mini boom-boom car, mini train, dan masih banyak lagi.

Selain wahana, BNS menyediakan food court dengan banyak pilihan makanan. Nikmati juga berbelanja malam hari di night market BNS. Taman bermain ini berada di Jl. Hayam Wuruk No 1, Oro-oro Ombo. Seperti namanya, BNS buka di malam hari dengan jam operasi beroperasi mulai pukul 15.00-24.00 WIB.

Untuk masuk ke BNS kamu perlu membeli tiket seharga Rp 30.000,-/orang untuk kunjungan di hari Senin-Jum’at dan Rp 40.000,-/orang untuk kunjungan hari Sabtu – Minggu atau hari libur nasional.

Museum Angkut

tempat liburan di batu malang

Penampakan salah satu koleksi kendaraan di Museum Angkut

berdiri dan dibuka pada tanggal 9 Maret 2014. Sudah 4 tahun lebih berdiri, sejak awal Museum Angkut sudah menjadi jantung wisata Malang Batu. Banyak sekali orang berwisata ke Malang, tujuan utamanya adalah berkunjung ke Museum Angkut. Tidak salah memang, Museum Angkut menjadi pilihan favorite wisatawan. Di dalam Museum Angkut terdapat lebih dari 300 koleksi kendaraan dari berbagai negara di dunia. Mulai dari yang klasik hingga yang paling modern. Terdapat koleksi motor, mobil, pesawat hingga roket, wow luar biasa. Museum Angkut juga merupakan museum transportasi terbesar di Asia Tenggara.

Di Museum Angkut dibagi menjadi beberapa zona seperti, zona Hall Utama yang berisi banyak sekali koleksi mobil klasik lengkap dengan tahun pembuatan dan asal negaranya. Ada juga zona Las Vegas yang menggambarkan kehidupan malam di Las Vegas dan zona Hollywood yang berisi tentang semua yang berbau Hollywood tentunya. Zona eropa yang terdapat miniatur gedung kerajaan istana Buckingham Inggris lengkap dengan patung ratu Elizabeth yang sedang duduk di kursi singgasananya.

Jatim Park 1

tempat liburan di batu malang

Roller Coaster salah satu wahana yang menantang adrenalin di Jatim Park 1

Tempat liburan kali ini merupakan taman hiburan pertama yang ada di Batu. Jatim Park 1 adalah tempat wisata yang memadukan konsep wahana rekreasi dan edukasi sehingga anak-anak bisa bermain sekaligus belajar.

Memiliki beraneka ragam wahana permainan. Sekitar 53 wahana permainan di tawarkan untuk kamu dan kelurga, seperti supermen coaster, sky ride, waterboom, volcano coaster, flying tornado dan masih banyak lagi yang lainnya.

Taman ini beralamat di Jl. Kartika No 2, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu. Harga tiket masuk taman ini Rp 100.000 untuk hari senin – kamis. Untuk hari jumat – minggu kamu diharuskan membeli tiket secara paket yang terdiri dari tiket masuk jatim park 1 dan museum tubuh dengan harga Rp 120.000.

Jatim Park 2

tempat liburan di batu malang

Suasana di dalam Jatim Park 2

Taman ini lebih sering di kenal sebagai Batu Secret Zoo. Disini kamu bisa menikmati 3 fasilitas besarnya, yakni museum satwa, batu secret zoo, dan wahana permainan di akhir perjalanan.

Museum satwa menyajikan diorama fosil binatang purba lengkap dengan penjelasannya dimana kamu bisa berwisata sambil bermain. Ada juga insectarium yang menyimpan koleksi 5.000 jenis serangga.

Batu secret zoo menawarkan beragam jenis fauna yang beberapanya tidak bisa kamu temui di indonesia. Kamu bisa berfoto bersama dengan ular dan menunggangi unta di tempat ini.

Jatim Park 2 terletak di Oro-oro Ombo No 9 Kota Batu, Berada kurang lebih 20 km barat kota malang. Taman ini di buka dari jam 10.00 – 18.00. letaknya sangat dekat dengan jatim park 1 dan batu night spectaculer. Biaya masuk Rp 85.000 di hari senin-jumat dan Rp 120.000 untuk hari sabtu-minggu dan hari libur nasional

Jatim Park 3

tempat liburan di batu malang

Potret di dalam tempat wisata Jatim Park 3

Merupakan tempat liburan paling baru keluaran Jatim Park. Daya tariknya adalah tiga zona utama, yaitu museum patung lilin, museum musik, dan yang paling populer taman dinosaurus.  Di museum patung lilin, kamu bisa menemukan tiruan tokoh – tokoh terkenal dari seluruh dunia yang tidak kalah dengan madame tussauds di London.

Museum musik mengenalkan berbagai alat musik modern maupun tradisional. Museum ini juga mengenalkan seniman musik berpengaruh dan juga mengapresiasi berbagai konstribusi yang telah di capai oleh pelaku musik dunia maupun nasional.

Taman dinosaurus menyajikan tujuh atraksi utama, yakni jelajah 5 zaman, kerangka dino, the rimba ice age, life with dino, jembatan akar, dan activ fun house. Di atraksi ini, kamu bisa mempelajari segala hal tentang dinosaurus sambil belajar.

Harga tiket masuk taman dinosaurus dan museum lilin sama, kamu akan kena biaya Rp 75.000 di hari senin-jumat dan Rp 100.000 di hari sabtu-minggu. Sedangkan untuk masuk museum musik, kamu akan terkena biaya Rp 37.000 di hari senin-jumat dan Rp 50.000 di hari sabtu-minggu

Predator Fun Park

tempat liburan di batu malang

Potret gerbang utama Tempat wisata Predator Fun Park

Pengalaman liburan yang asik dan edukatif bertema predator akan Anda dapatkan disini. Anda dapat belajar tentang replika anatomi telur buaya hingga melihat langsung hewan predator sungguhan seperti buaya, iguana soa layar, hingga ikan piranha arapaima. Lokasinya hanya 40 menit dari Alun-alun Malang.

Terdapat beragam wahana seperti Galeri Buaya, Labyrinth Maze, Family Fun House, Pancing Buaya, dan lain sebagainya. Harga tiket masuk untuk weekday Rp 40.000, weekend Rp 50.000, musim liburan Rp 60.000. Fasilitasnya lengkap seperti mushola, area parkir, food court, dan lain-lain. Tempat ini dibuka setiap hari pukul 08.30-16.30 WIB.

Coban Rais

tempat liburan di batu malang

Pemandangan alam air terjun Coban Talun

Ingin menikmati suasana alam instagenic dengan berbagai wahana menarik? Cobalah ke Coban Rais. Tempat ini merupakan wisata alam berupa air terjun setinggi kurang lebih 20 meter dan berada di ketinggian sekitar 1025 mdpl di lereng Gunung Panderman. Anda diharuskan trekking sekitar 1 jam menyusuri perbukitan dan sungai untuk menuju ke air terjun.

Wahana menarik disini ada Batu Flower Garden, Ayunan Extreme, Rumah Hobbit, Taman Hammock, Sepeda Udara dan Gardu Pandang. Wisata alam ini dibuka setiap hari pukul 07.00-15.00 dengan harga tiket Rp 10.000 untuk ke air terjun dan Rp 25.000 untuk ke Batu Flower Garden. Fasilitasnya lengkap, ada toilet, area parkir, warung makan, dan lain sebagainya. tempat liburan di batu malang

Goa Pinus

tempat liburan di batu malang

Panorama alam indah di Goa Pinus Batu

Berada di daerah perbukitan membuat anda akan di suguhkan panorama alam yang memukau saat berada di lokasi satu ini. Memasuki kawasan ini, anda akan di sambut dengan plang yang terbuat dari kayu. Sepanjang perjalanan anda juga akan bisa menikmati indahnya pohon pinus yang berjejer di area ini.

Ada beberapa spot foto menarik yang bisa untuk anda temukan. Contohnya saja seperti kawasan papua yang mana anda akan menemukan rumah honai, selain itu ada pula spot foto yang cukup ikonik yakni prahu di jurang. Disini, anda akan merasa bak di atas kapal dengan pemandangan alam yang luar biasa indahnya. tempat liburan di batu malang

Agrowisata Kebun Teh Wonosari

tempat liburan di batu malang

Pemandangan alam indah di Kebun Teh Wonosari

Tepat di lereng gunung Arjuna, terdapat area perkebunan teh milik PT Perkebunan Nusantara yang luasnya mencapai 1.144 hektar yang sudah dijadikan sebagai agro wisata dan dibuka untuk umum. Karena berada di lereng gunung Arjuna, kawasan sekitar kebun teh ini sejuk dan sangat tenang.

Di kawasan kebun teh sudah terdapat berbagai fasilitas yang memadai, seperti tempat parker, kamar mandi yang bersih, foodcourt, dan area bermain untuk anak-anak. Di tempat ini anda juga bisa melihat betapa luasnya kebun teh Wonosari ini dengan menaiki kereta wisata yang sudah disediakan oleh pihak manajemen. Selain itu juga terdapat wahana bermain seperti naik kendaraan ATV, naik kuda, dan masih banyak lagi. Tempat ini sangat pas dikunjungi bersama keluarga.

Eco Green Park

tempat liburan di batu malang

Potret epic dengan burung merpati di Eco Green Park

Tempat liburan kali ini merupakan wisata edukasi yang cocok untuk wisata keluarga. Di destinasi wisata ini sedikitnya terdapat 10 zona. Antara lain zona walking bird, zona world parrots, zona insectarium, dan zona rumah terbalik.

Ada juga zona memerah susu sapi, dimana akan ditunjukan demonya terhadap 2 jenis sapi perah yang di datngkan langsung dari australia. Tempat wisata ini terletak di Jl. Oro-oro Ombo No 9A, Sisir, Kec Batu, Kota Batu Jawa Timur. Untuk harga tiket Rp 50.000.

Omah Kayu

tempat liburan di batu malang

Suana di Omah Kayu terlihat sangat asri

Omah Kayu Paralayan adalah salah satu tempat liburan yang sangat ramai di kunjungi wisatawan. Pada destinasi ini, anda bisa mendapatkan 2 objek wisata sekaligus yaitu omah kayu dan bukit paralayang. Mengusung konsep back to nature, omah kayu menyediakan rumah pohon mini di atas pohon pinus kapasitas dari masing – masing rumah yaitu 3 orang. Di depannya terdapat 3 bangku kayu yang dapat kalian gunakan untuk bersantai.

Sedangkan bukit paralayang, merupakan salah satu spot yang berada di samping omah kayu. Di sini anda dapat merasakan sensasi terbang menggunakan paralayang, dengan di dampingi instruktur yang sudah ahli dalam bidangnya. Di jamin anda akan ketagihan melihat indahnya Kota Batu sembari menaiki paralayang tersebut. Selain itu terdapat juga spot berfoto yang instagrammable. tempat liburan di batu malang

Pasar Wisata Batu

Nah tempat wisata ini lebih di kenal dengan nama Pasar Apung

Pasar ini merupakan lumbung perekonomian masyarakat sekitar karna terdapat sejumlah warung tradisional, dimana penjualnya adalah masyarakat sekitar itu sendiri. nah pasar wisata batu ini sementara hanya di buka pada hari minggu dan musim liburan seperti hari natal dan tahun baru.

Dulunya pasar ini adalah tempat pembuangan sampah, namun kemudian di sulap menjadi pasar wisata. Ada sekitar 30 warung yang berdiri di rerimbunan bambu yang menjulang tinggi. Pasar ini jika buka mulai pagi hingga pukul 16.00 WIB.

Coban Talun

Pemandangan alam indah air terjun Coban Talun

Jika membahas mengenai wisata di Batu Malang, nama coban talun sudah tidak asing lagi. Anda bisa berkunjung ke tempat ini dan menikmati keindahan alam yang luar biasa. Lokasinya berada di desa yang masih asri dan murni. Daya tarik coban talun adalah air terjun yang mengalir jernih seolah tidak pernah habis.

Anda akan melihat langsung bagaimana air tersebut membentuk panorama indah. Coban talun memiliki lokasi yang bisa dijadikan untuk spot foto. Banyak sekali pengunjung yang mengabadikan momen di tempat ini. Selain itu, pengunjung juga memiliki kesempatan untuk berenang tetapi harus dengan pengawasan dan dalam musim dimana air tidak terlalu deras.

Taman Langit

Spot foto instagrammable dengan Backgound pelangi buatan

Selalu ada hal baru di Batu Malang dan salah satunya adalah Taman langit. Konsep wisata ini memadukan taman dan lokasi berada di atas bukit. Untuk mencapai tempat ini, Anda membutuhkan usaha ekstra. Akan tetapi, turis tidak perlu khawatir mengenai akomodasi. Taman Langit memiliki area penunjang yang cukup bahkan lebih.

Wisata ini mengedepankan pemandangan alami dan spot unik untuk mengambil gambar. Anda area dengan background angsa untuk mereka yang ingin mendapatkan sensasi terbang. Tentu saja, masih ada spot lain di Taman Langit yang harus dicoba. Inilah salah satu tempat wisata Batu Malang yang naik daun dan sangat direkomendasikan. Tempat Liburan di Batu Malang

Paralayang Batu

Olahraga yang menantang adrenalin

Tempat liburan selanjutnya adalah Paralayang Batu. Secara umum, lokasi ini terletak diatas bukit yang sering digunakan untuk olahraga paralayang. Anda bisa mengunjunginya untuk sekedar menikmati suasanaalam atau ikut bargabung mencoba olahraga ini. Tentu saja, paralayang di tempat ini sudah terjamin dari sisi keamanan dan di dukung oleh instruktur yang berpengalaman.

Lokasinya mudah di capai karena memang di sediakan khusus untuk keperluan paralayang. Anda sebaiknya menggunakan kesempatan ini untuk mencoba sensasi gliding dan melihat area sekitar langsung dari atas.

Flora Wisata San Terra

Potret indah di Flora San Terra

aman wisata bunga ini dibangun di lahan seluas 4 hektar dengan replika bangunan arstistiknya yang unik dan instagramable ala Korea dan Belanda. Waktu operasionalnya yaitu setiap hari mulai pukul 08.30-17.00 dengan harga tiket Rp 20.000 (Senin-Jumat) dan Rp 25.000 (Sabtu, Minggu, Libur Nasional).

Flora wisata San Terra ini memiliki koleksi lebih dari 700 jenis bunga. Agar semakin lengkap, Anda juga bisa menyewa hanbok atau pakaian tradisional Korea untuk dipakai berfoto di area taman wisata dengan menyewa Rp 30.000-Rp 50.000 dengan durasi 30 menit. Terdapat berbagai fasilitas seperti café, area parkir, musholla, trampolin, toilet, dan lain sebagainya.

Batu Flower Garden

Source by: @_dianaaa87

Coban Rais nama asli dari tempat wisata ini, namun orang – orang lebih mengenal nama Batu Flower Garden. Tempat wisata ini sebenarnya adalah air terjun yang berpadu dengan taman hijau yang sejuk, coban sendiri memiliki arti air terjun dan rais adalah nama salah satu masyarakat yang terpandang di tempat itu.

Selain itu Batu Flower Garden terletak tidak jauh dari salah satu tempat wisata di malang yang sangat populer yaitu BNS. Batu Flower Garden terletak di Oro – oro Ombo, Kehuranan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Untuk Harga Tiket Masuk Rp 40.000,-/orang

Kusuma Agrowisata Batu

Potret salah satu kebuh buah di Kusuma Agrowisata Batu

Malang dan Batu memiliki julukan Kota Apel, mengapa di juluki itu, bukan tanpa alasan karna kota Malang dan Batu sendiri memang terkenal sebagai peyuplai buah apel terbesar di indonesia. Jadi tak heran jika kota ini di juluki kota apel. Nah oleh karna itu pariwisata malang ada juga yang mgusung tempat wisata denga konsep agrowisata, salah satunya kusuma agrowisata batu.

Pengunjung bisa memetik buah apel langsung dari pohonnya. Selain itu, lokasi ini memiliki keindahan alam yang masih asri. Anda bisa mencoba produk lain dan juga kuliner yang berhubungan dengan buah apel. Tempat wisata ini terletak di Jl. Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kecamatan Batu, Jawa Timur.

Kampung LA Batu

Cafe dengan spot tempat yang epic

Desa wisata bernama Kampung LA (Kampung Lemah Abang) terletak di atas perbukitan. Kawasan ini begitu cantik dengan kerlap-kerlip lampu yang berwarna-warni saat malam hari. Desa wisata ini merupakan hasil swadaya masyarakat sekitar.

Daya tarik utama Kampung LA Batu yakni kerlap-kerlipnya saat malam hari yang bersumber dari lampu Led Neon yang dipasang di sudut-sudut rumah warga. Ketika siang hari, desa wisata ini menyajikan wisata edukasi, playground, camping ground, dan café.

Nah itulah sedikit informasi dari kami (Labirutour) mengenai tempat liburan di batu malang, destinasi di atas merupakan tempat wisata yang terkenal dan populer di kota Batu. Selain itu tempatnya juga mudah di jangkau.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda