Paket Wisata BandungJawa Barat tidak pernah gagal jika menyangkut destinasi dataran tinggi. salah satu destinasi dataran tinggi yang berhasil menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun mancanegara adalah Jatinangor National Park yang terletak di Sumedang.

Mendengar kata Sumedang, tentu yang langsung terpikirkan adalah makanan tahu Sumedang yang terkenal. Namun jangan salah karena Sumedang juga memiliki berbagai lokasi indah yang sangat cocok sebagai tempat wisata rekreasi dan cocok untuk hunting foto.

Salah satunya adalah Jatinangor National Park. Tempat wisata yang dibuka pada 18 November 2022 ini berhasil merebut perhatian masyarakat lantaran tampilan bangunannya yang membuat pengunjung seperti berada di dunia dongeng. 

Selain itu, tahukah kamu jika Jatinangor National Park adalah salah satu pelopor flora wisata terbesar di Indonesia? Untuk itu, berikut kami sajikan beberapa hal yang sekiranya perlu kamu ketahui sebelum berkunjung ke negeri dongeng dunia nyata di Sumedang ini.

 

 

Daya Tarik

Credit: Jabar Ekspres

Sudah hampir satu tahun sejak Jatinangor National Park atau yang lebih sering dipanggil dengan Janspark ini dibuka. Dengan mengusung konsep edukasi sejarah dan budaya Sunda, Janspark memiliki beragam daya tarik.

Dimulai dari taman bunga yang berisi berbagai jenis tanaman di depan sebuah kastil dengan warna mencolok yang memperkuat nuansa negeri dongeng.

Keberadaan bangunannya yang memiliki warna-warna mencolok juga menjadi salah satu daya tarik Janspark. Bangunan warna-warni ini terinspirasi dari bangunan St. Basil’s Cathedral di Moscow dan Hungarian Parliament juga membuat Janspark jadi mudah untuk ditemukan. 

Kamu bisa berekreasi sambil belajar tentang sejarah dan budaya Sunda. Ada berbagai replika khas kerajaan Sunda yang dapat kamu lihat di sini seperti Prasasti Ciaruteun, Prasasti Kebon Kopi, Prasasti Pasir Awi, dan masih banyak lagi.

Tersedia juga bangunan rumah adat Sunda yang sudah dilengkapi berbagai koleksi benda tradisional.

Di tempat ini juga terdapat berbagai wahana permainan yang bisa dicoba pengunjung. Salah satu wahana yang paling diminati pengunjung adalah Rainbow Slide. Ada juga wahana ontang-anting, Spin 360 yang cocok untuk konten kreator, water ball, komedi putar, bom bom car, trampolin, bianglala, dan masih banyak lagi.

Jika kamu hanya ingin bersantai, kamu bisa mencoba mengunjungi kebun binatang mini yang ada di Janspark. Anda bisa bermain dengan kelinci, kambing, ayam hias, dan berbagai hewan jinak lainnya.

Selain itu, lokasi Janspark yang dikelilingi alam bebas juga menjadi daya tarik tersendiri. Dengan latar belakang Gunung Manglayang dan dikelilingi persawahan dan lembah hijau, dijamin akan membuat kamu betah berlama-lama di sini.

 

Lokasi dan Jam Operasional

Credit: Tribun Travel

Jatinangor National Park terletak di Jalan Raya Bandung Garut KM 20, Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor, Sumedang. Lokasinya pun tidak jauh dari Universitas Padjajaran, Hanya sekitar 1 kilometer ke arah utara.

Jika dari Bandung, kamu bisa mengambil jalur Bandung-Garut, kemudian cukup mengikuti petunjuk arah menuju Jatinangor National Park. Atau kamu bisa melihat panduan arah dari maps untuk keterangan lebih jelasnya.

Janspark sendiri beroperasi setiap hari, yakni mulai pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WIB pada saat weekday dan mulai pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB saat weekend. Sehingga kamu bisa berkunjung di hari apa saja, cukup perhatikan jam operasionalnya saja ya.

 

Fasilitas

Credit: Salsa Wisata

Sebagai taman dengan berbagai daya tarik dan wahana, tentu saja Janspark juga memiliki beragam fasilitas untuk melengkapi kenyamanan pengunjungnya.

Diantaranya adalah tempat makan (cafe, foodcourt), berbagai wahana permainan, mushola, toilet, area parkir, gazebo, area duduk, pusat Informasi, kolam renang, taman bunga, toko oleh-oleh, dan spot foto dengan latar aesthetic dan indah.

 

Harga Tiket Masuk

Karena memiliki berbagai wahana, pengunjung yang datang berkunjung akan dikenakan biaya tambahan diluar biaya tiket masuk jika ingin mencoba keseruan berbagai wahana di Jatinangor National Park. 

Tiket Masuk

  • Weekday, sebesar Rp30.000,00/orang
  • Weekend, sebesar Rp40.000,00/orang

Tiket Wahana

  • Spin 360, Rp30.000,00/orang
  • Ontang anting, Rp20.000,00/orang
  • Komedi putar, Rp25.000,00/orang
  • Bom bom car, Rp30.000,00/orang
  • Istana Balon, Rp25.000,00/orang
  • Trampolin, Rp20.000,00/orang
  • Scooter, Rp30.000,00/orang
  • Dino, Rp60.000,00/orang
  • Mini golf, Rp20.000,00/orang
  • Kolam renang, Rp20.000,00/orang
  • Smart wheel balance, Rp20.000,00/orang
  • Rainbow slide, Rp25.000,00/orang
  • Otoped, Rp20.000,00/orang

Tiket Parkir (dibayar saat keluar dari Janspark)

  • Sepeda motor, Rp5.000,00
  • Mobil, Rp10.000,00
  • Bus sedang, Rp40.000,00
  • Bus besar, Rp50.000,00

 

 

Itulah beberapa hal yang dapat kami sajikan sebagai informasi dasar sebelum berkunjung ke Jatinangor National Park. Jangan lupa berkunjung dan nikmati suasana negeri dongeng penuh warna Jatinangor National Park!

Paket Wisata di Bandung

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bandung