Julukan Unik Kota di Jawa – Beberapa daerah di Pulau Jawa memiliki beberapa keunikan dan kekhasan yang membuatnya mendapat julukan unik.

Mana saja sih kota tersebut, dan apa saja Julukan Unik Kota di Jawa ? Yuk simak daftar Labiru berikut ini yaa

 

Julukan Unik Kota di Jawa, Kota Bandung – Paris Van Java

Bandung dan fashion seperti sudah menjadi satu kesatuan. Kota ini sudah menjadi kiblat mode di Indonesia. Sementara bila  di mancanegara, kita mengenal kota Paris di Prancis sebagai kota mode. Karena sama-sama dikenal sebagai kota mode maka banyak orang sering menyebut Bandung dengan Paris van Java.

Julukan Unik Kota di Jawa, Kota Bandung - Paris Van Java

Selain dikenal sebagai kota mode,kota Bandung juga dikenal sebagai kota kreatif. Bandung bahkan sudah mendapat pengakuan UNESCO sebagai salah satu kota kreatif dunia, bersama dengan Pekalongan.

 

Julukan Unik Kota di Jawa, Kota Banyuwangi – Sunrise of Java

Banyuwangi merupakan sebuah kabupaten yang berlokasi di ujung Timur Pulau Jawa. Lokasi kabupaten ini sangat dekat dengan Bali dan hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit penyeberangan dari Pelabuhan Ketapang ke Gilimanuk. Merujuk pada lokasinya yang berada di ujung Timur Pulau Jawa tersebut maka Banyuwangi mendapat julukan Sunrise of Java.

Julukan Unik Kota di Jawa, Kota Banyuwangi - Sunrise of Java

Fakta menarik lainnya adalah, Banyuwangi merupakan kabupaten dengan wilayah  terluas di Pulau Jawa yakni sekitar 5.782,40 km². Luas tersebut hampir setara dengan total daratan wilayah JABODETABEK

 

Julukan Unik Kota di Jawa, Kota Solo – Spirit of Java

Solo, sebuah kota kecil di Jawa Tengah adalah kota yang sangat identik dengan budaya Jawa. Lingkungan dan budaya di Solo tak jauh berbeda dengan Jogja. Masyarakatnya sama-sama menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari. Keduanya juga sama-sama punya kraton kraton menjadi pusat kegiatan dengan latar belakang Budaya Jawa. Kota Solo tak pernah bisa dipisahkan dari Budaya Jawa. Begitu juga sebaliknya, Budaya Jawa tak pernah bisa lepas dari  Kota Solo. Maka pantas kalau kota ini melabeli diri dengan The Spirit of Java.

Julukan Unik Kota di Jawa, Kota Solo - Spirit of Java

Julukan Kota Karimunjawa – Caribbean Van Java

Dua kata yang paling dekat korelasinya dengan Karimunjawa adalah pantai dan pulau. Karimunjawa merupakan salah satu tujuan wisata terpopuler di kawasan Pulau Jawa. Laut dangkal dengan ombak yang tenang serta gugusan pulau-pulau adalah daya tarik utama Karimunjawa

Julukan Kota Karimunjawa - Caribbean Van Java

Banyaknya gugusan pulau itulah yang menjadikan Karimunjawa dijuluki sebagai Caribbean van Java. Caribbean (Bahasa Indonesia: Karibia) merupakan sebuah wilayah yang terdiri atas kepulauan serta perairan yang cantik. Nama Karibia menjadi semakin terkenal berkat film Pirates of the Caribbean principle dibintangi Johny Depp

 

Julukan Kota Boyolali – New Zealand Van Java

New Zealand alias Selandia Baru merupakan sebuah negara kepulauan dekat Australia. Negara ini dikenal sebagai salah satu produsen susu di dunia. Sebagian besar ekspor negara ini dari sektor peternakan adalah susu.

Julukan Kota Boyolali - New Zealand Van Java

 

Kabupaten Boyolali di Jawa Tengah dijuluki sebagai Kota Susu karena daerah tersebut memang dikenal sebagai daerah penghasil susu. Pemerintah Kabupaten Boyolali bahkan membangun sebuah gedung berbentuk sapi di sekitar alun-alun untuk menegaskan bahwa Boyolali sebagai daerah penghasil susu. Karena memiliki kesamaan dengan Selandia Baru alias New Zealand maka Boyolali mendapat julukan New Zealand van Java.

 

.

Itulah tadi kota-kota di Jawa yang memiliki julukan unik layaknya negeri asing. Sudahkah kamu pernah kesana ?

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda