Kampung Laut. Apakah kamu pernah dengar tentang kampung tersebut? Di Indonesia ternyata ada loh, tepatnya berada di Cilacap, Jawa Tengah. Seperti namanya kampung ini memang berada di laut.

Dinamakan “Kampung Laut” karena perkampungan ini berada di laguna Segara Anakan dan sekelilingnya merupakan wilayah laut atau perairan. Kampung ini juga memiliki banyak keunikan, seperti memiliki banyak Goa Karst, fauna laut, dan pola hidup masyarakat di kampung tersebut yang sangat unik.

Dermaga di Kampung Laut Cilacap

Dermaga di Kampung Laut Cilacap

Lokasi Kampung Laut

Letak Kampung ini dapat dikatakan terisolasi dan cukup jauh dengan wilayah perkotaan. Masyarakat yang ingin datang ke kota saja membutuhkan kira-kira  waktu 4 jam dengan menggunakan perahu compreng. Atau sekitar 2 jam dengan menggunakan perahu mesin. Kamu juga harus melewati hutan mangrove dan menyusuri Pulau Nusakambangan yang digunakan sebagai penjara untuk narapidana kelas berat jika ingin datang mengunjungi kampung ini.

Akses ke Kampung Laut Cilacap

Gerbang Selamat Datang

Kegiatan di Kampung Laut

Kamu dapat merasakan ecotourism jika berkunjung ke kampung ini. Kamu bisa melihat dan terlibat langsung dalam aktivitas keseharian masyarakat disana seperti memancing, mencari kepiting, menanam bibit Mangrove, bertani padi, membuat gula kelapa, dan menyaksikan kesenian tradisional masyarakat Kampung Laut. Kamu juga dapat menikmati keindahan alam Segara Anakan dan hutan mangrove yang merupakan habitat mangrove terbesar se-Asia. Hal in juga yang menjadi salah satu potensi wisata di Kampung unik ini. Selain itu kamu juga dapat menikmati petualangan dengan menyusuri hutan dan gua-gua alam yang indah, seperti Gua Pawon, Gua Ronggeng, dan Gua Payung. Kemudian kamu bisa juga menyusuri sungai bawah tanah yang indah dengan durasi sekitar 30 menit sampai 7,5 jam.

Wisata Kampung Laut Cilacap

Jembatan yang HIts di Tengah hutan Mangrove

Masyarakat di Kampung ini sangat menjaga tradisi dan menjaga kelestarian alamnya, oleh karena itu ecotourism sangat cocok dikembangkan di Kampung ini. Jika kamu memiliki waktu luang maka tidak ada salahnya  menikmati ecotourism dengan mengunjungi Kampung Laut di Cilacap ini. Konsultasikan liburan ke Kampung yang unik ini, Cilacap kamu bersama tim Labiru Tour. Hubungi segera CS tim Labiru Tour di kontak 0823-1405-7888. Dan nikmati segera ecotourism kamu di Kampung Laut.

Artikel Lain

0    1808
Wajib di Coba ! Wisata Alam Bawah Tanah...

Wisata alam tidak hanya terbatas dengan wisata...

0    1130
Liburan ke Pulau Lombok ? 5 Destinasi...

Pulau Bali boleh jadi destinasi wisata terpopuler...

0    126
Air Terjun di Kulon Progo dengan Fasilitas...

Yogyakarta menyimpan destinasi wisata yang unik....

Tinggalkan Komentar Anda