Berkunjung ke Aceh tanpa mencicipi kulinernya yang kaya seperti makan sayur tanpa garam. Kuliner khas Aceh yang terdiri dari perpaduan budaya Melayu, India, dan sedikit sentuhan rasa khas jazirah Arab sangat sedap di penciuman, dan sangat nendang di lidah.

Penasaran kan, apa saja kuliner khas Aceh yang harus kamu ciba ketika berkunjung ke sana ?

 

Labiru punya daftarnya nih, Kuliner yang harus kamu coba.

 

Ayam Tangkap | Kuliner khas Aceh Favorit

Ayam tangkap adalah ayam yang digoreng dengan berbagai bumbu dan rempah, seperti daun temerui, bawang merah, bawang putih, dan tak lupa cabai hijau.

Ayam tangkap ini biasanya disajikan dengan nasi hangat dan juga bumbu kecap. Untuk satu ekor ayam , bisa untuk makan 4-5 orang lho.

Harga satu posinya berkisar Rp 60.000 hingga Rp. 70.000.

Kuliner Khas Aceh

Mie Aceh | Kuliner khas Aceh Terkenal

Inilah kuliner yang paling banyak terkenal di Indonesia. Mie yang dimasak dengan berbagai macam rempah yang menggugah selera makanmu.

Mie Aceh biasanya disajikan dengan berbagai macam pilihan toping seoerti kepiting, udang, telur, udang, dan Jamur.

Satu porsi mie Aceh biasanya dihargai Rp 12.000, sesuai deangan toping yang dipilih.

Kuliner Khas Aceh

Gule Kambing | Kuliner khas Aceh

Daging kambing yan empuk dimasak degan potongan nangka muda. Dengan paduan ini menjadikan gule kambing khas Aceh ini memiliki rasa yang yang unik dan sangat menggoda selera.

Gule kambing khas aceh ini biasanya disajikan dengan minuman timun serut. For your information, air mantimun ini berfungsi sebagai penetralisir agar tidak terjadi darah tinggi selepas kamu menyantap kuline ini.

Kuliner Khas Aceh

Gule Plik U

Gule plik U ini beda dengan gule kambing yaa….

Berbagai jenis sayuran segar yang dicampur dan dimasak dengan bumbu khusus. Plik U adalah kelapa yang sudah difermentasi . Kuliner ini  seporsinya dihargai Rp 8.000

Kuliner Khas Aceh

 

Daging Masak Putih

Daging masak putih adalah daging sapi yang direbus dengan santan dan bumbu lainnya sehingga menghasilkan rasa yang unik.

Selain dagingnya yang empuk, rasanya yang manis membuat makanan ini tak hanya disukai oleh orang dewasa, tapi juga anak-anak. Dijamin, sekali mencobanya, kamu akan ketagihan.

 

Roti Canai

Satu lagi kuliner khas Aceh yang namanya sudah sangat terkenal ke seluruh Indonesia. Roti canai terbuat dari tepung terigu yang sudah dibentuk bulat dan dimasak menggunakan mentega.

Roti canai bisa disajikan dengan berbagai macam rasa seperti durian, kari ayam, kari kambing, cokelat, bahkan hanya dengan gula pasir pun sudah sangat enak.

Meskipun sudah banyak yang menjual di seluruh nusantara, mencicipinya ketika berada di Aceh sungguh memberikan rasa yang berbeda.

 

Martabak Telur Aceh

Martabak telur Aceh ini beda lho dengan martabak lain yang biasanya kamu temui di dekat rumahmu.

Martabak ini terbuat dari tepung terigu yang yang ditambah dengan telur yang sudah dicampur dengan berbagai jenis sasyur yang telah dicacah kecil-kecil.

Biasanya, kuliner khas aceh ini disajikan dengan acar bawang merah dan cabe rawit segar.

.

Itulah tadi deretan kuliner khas aceh yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke bumi serambi Mekkah.

Kuliner  yang kaya, semakin menambah daftar panjang kekayaan kuliner Indonesia.

Tak hanya mengetahui, tugas kita adalah menjaga dan melestarikannya. Sudahkah kamu mencicipi kekayaan kuliner nusantara di sekitarmu ?

 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda