Tour KarimunjawaAnthony Bourdain di satu kesempatan mengatakan, “makanan adalah segalanya bagi kita. Ini merupakan perpanjangan dari perasaan nasionalis, perasaan etnis, sejarah pribadimu, provinsimu, daerahmu, sukumu, nenekmu. Itu tidak dapat dipisahkan sejak awal.”

Apakah kamu setuju?

Jika kamu seorang pencinta kuliner, bisa dipastikan kamu seribu persen setuju dengan statement Anthony, kan?

Seorang pencinta kuliner tentu sering melakukan eksplorasi kelezatan kuliner di tempat yang sedang ditinggali bahkan ketika sedang melakukan perjalanan wisata atau liburan.

Dan jika kamu adalah seorang pencinta kuliner yang sedang berada di Karimunjawa untuk liburan dan sedang mencari kuliner khas untuk dieksplor, kamu sudah tepat berada di halaman ini.

Berikut rekomendasi kuliner lezat khas Karimunjawa yang bisa kamu eksplor dan wajib kamu coba sekali seumur hidup, dijamin nggak akan menyesal!

 

Lontong Krubyuk

Credit: Tribun News Wiki

Lontong krubyuk ini merupakan kuliner yang cukup populer di Karimunjawa. Nama krubuyuk sendiri diambil dari bahasa Jawa yang berarti melintasi genangan.

Dinamai lontong krubyuk karena kuliner ini dihidangkan dengan siraman kuah bakso segar dan juga nikmat dengan tambahan tauge, suwiran ayam, dan daun seledri yang membuat kuliner ini semakin menyeruakkan wangi yang sedap.

 

Pindang Serani

Credit: Cookpad

Nggak lengkap rasanya kalau berkunjung ke Karimunjawa tapi nggak mencoba kuliner yang satu ini.

Pindang Serani, seperti namanya, merupakan kuliner dengan bahan utama ikan pindang yang dimasak dengan kuah kaldu nikmat bercitarasa gurih asam pedas menjadi satu sehingga terasa segar jika disantap.

Rasa yang disajikan oleh pindang serani Karimunjawa ini dijamin berbeda dengan olahan pindang yang seringkali kita nikmati. Hal ini karena disajikan dengan bumbu-bumbu khas, yang memberikan citarasa berbeda dibandingkan makanan berbahan dasar pindang lainnya.

Nggak heran kalau kuah makanan ini begitu segar dan menggugah selera ditambah campuran sayuran seperti tomat yang memberikan rasa asam.

 

Bakso Ikan Ekor Kuning

Credit: KSM Tour

Bakso ikan ekor kuning menjadi kuliner lain yang bisa kamu nikmati di Karimunjawa. Seperti namanya, bakso ini terbuat dari daging ikan ekor kuning, yang kemudian disajikan dengan kuah kaldu segar yang berbumbu nikmat. 

Ikan ekor kuning sendiri banyak dijumpai di kawasan Karimunjawa sehingga nggak heran kalau bakso ini bisa ditemukan di mana-mana.

Penyajiannya pun selain diberi kuah seperti bakso pada umumnya, lebih nikmat lagi kalau ditambah dengan isian seperti mie dan juga irisan sawi.

 

 

Baca Juga: Intip Keindahan The Paradise of Java, Pulau Karimunjawa

 

 

Ikan Bakar Srepeh

Credit: X (DiJeparaAja)

Ikan bakar srepeh ini merupakan kuliner khas Karimunjawa yang juga nggak mungkin buat dieksplor kelezatannya.

Seperti namanya, ikan bakar ini diolah dengan cara dibakar dengan bumbu khas yang bercitarasa pedas manis. Sehingga akan menggugah selera siapapun yang mencobanya.

 

Tongseng Cumi

Credit: Youtube Menu Rumahan Ria NF

Satu lagi kuliner khas Karimunjawa yang sayang dilewatkan, tongseng cumi ini merupakan olahan seafood terakhir yang kami rekomendasikan untukmu jika ingin mengeksplor kuliner khas kawasan ini.

Kuliner ini unik karena menghadirkan cumi sebagai bahan utama masakan yang dipadukan dengan gurihnya kuah tongseng yang nikmat dan lezat, nggak seperti tongseng pada umumnya yang menjadikan daging sapi atau kambing sebagai bahan utamanya.

Bicara mengenai rasanya, tentu udah pasti unik dan lezat karena merupakan perpaduan antara daging cumi-cumi yang kenyal dengan kuah tongseng dengan rasa gurih, manis, dan pedas yang sangat menggugah selera. 

 

Nah, itu tadi rekomendasi kuliner khas Karimunjawa dari kami yang bisa kamu eksplor kelezatannya jika berkunjung ke Karimunjawa.

Dari kelima kuliner di atas, kuliner mana nih yang akan kamu coba terlebih dahulu? Kuliner mana yang paling membangkitkan selera makanmu?

 

Paket Wisata di Karimunjawa

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Karimunjawa
Honeymoon Karimunjawa 2 Hari 1 Malam
2 Hari 1 Malam
Karimunjawa
Honeymoon Karimunjawa 3 Hari 2 Malam
3 Hari 2 Malam
Karimunjawa
Tour Karimunjawa 2H1M
2 Hari 1 Malam
Karimunjawa