Trip Bandung – Kamu menyukai cita rasa masakan Sunda? Wah, kamu harus banget berkunjung ke Bandung. Tempat menarik untuk berburu kuliner khas Sunda yang menggugah selera dan legendaris. Kamu bisa sekalian menjelajahi Bandung yang memiliki banyak kawasan wisata populer seperti Ciwidey dan Lembang. Keindahannya pasti akan menjadi pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan.

Di saat bersamaan, kamu bisa berburu kuliner-kuliner enak dan legendaris yang harus kamu coba saat berkunjung ke Bandung. Berikut rekomendasi yang wajib masuk dalam daftar kunjunganmu di waktu berikutnya.

Mie Naripan

Credit: PergiKuliner

Rumah makan yang menyediakan menu andalan Mie Naripan ini sudah berdiri sejak tahun 1965. Sejak lama, tidak banyak yang berubah dari rumah makan ini, termasuk cita rasa yang terus dipertahankan hingga saat ini.

Kamu bisa memilih salah satu dari dua pilihan yamin yang ditawarkan, yaitu yamin halal dan yamin non-halal dengan harga mulai 35 ribu hingga 45 ribu per porsinya. Jika dilihat dari depan akan tampak seperti rumah biasa pada umumnya. Warung makan legendaris ini beralamat di Jalan Naripan, No. 108, Kebun Pisang, Sumurbandung, Kota Bandung.

Sumber Hidangan

Credit: Twitter

Kedai ini menjual berbagai varian roto jadul yang sulit kamu temukan di manapun saat ini. Kedai Sumber Hidangan sudah berdiri sejak tahun 1929. Kedai yang sudah ada hampir seratus tahun lamanya ini juga masih mempertahankan desain interior tua yang nampak klasik sehingga membuatmu seolah sedang dibawa bernostalgia ke masa lalu saat berada di toko ini.

Bahkan, berbagai perabotan yang digunakan pun masih menggunakan peralatan yang digunakan untuk membuat roti pada zaman dahulu. Kamu juga bisa membeli kue untuk dibuat oleh-oleh untuk dibawa kembali ke kota asal kamu.

Tizi Cake Shop and Restaurant

Credit: WowKeren

Tizi Cake Shop and Restaurant sudah berdiri sejak tahun 1974. Tergolong cukup tua untuk sebuah cafe yang masih berdiri hingga saat ini ditengah gerusan cafe-cafe modern baru yang menjamur di mana-mana. Hingga saat ini pun otentikasinya masih terjaga dengan nuansa klasik yang membawamu bernostalgia ke masa lalu.

Sangat menarik untuk kamu pecinta vintage. Kamu juga bisa berfoto-foto di tempat ini dengan berbagai desain dan barang asli tempo dulu. Untuk menu yang disediakan juga menarik untuk coba seperti Schaschlik, steak, pizza, rhum truffle, kaseroll, apfel struddl, dan masih banyak lagi.

Roti Gempol

Credit: WisataBdg

Salah satu makanan yang paling legendaris dan sering digunakan sebagai oleh-oleh adalah Roti Gembol. Toko ini sudah ada sejak tahun 1958 yang menyajikan menu roti dan salah satu yang menjadi best-seller adalah roti bakar gandum.

Sebenarnya, ada banyak pilihan roti yang ditawarkan, seperti roti bakar dengan berbagai varian. Jika dilihat sekilas, tidak ada yang istimewa karena hanya berupa rumah biasa. Jangan salah, untuk mendapatkan kue ini, kamu harus rela mengantri panjang saking larisnya.

Baca Juga: 10 Penginapan Murah di Bandung, Backpacker Harus Tetap Estetik

Braga Permai

Credit: BandungKlik

Sudah tidak asing lagi bahwa Braga Permai adalah tempat kuliner paling legendaris yang sudah berdiri lebih dari 100 tahun lamanya. Tempatnya berada strategis di kawasan wisata kota Bandung, jadi kamu akan sangat mudah menemukan pusat kuliner yang sudah ada sejak tahun 1918.

Bahkan, tempat ini sudah terkenal di kalangan wisatawan lokal hingga wisatawan asing. Ketika memasuki gedung ini, kamu akan merasakan suasana klasik yang sangat kental dengan rak – rak kayu, meja makan dengan warna merah khas, dan kompor jadul yang masih ada hingga saat ini.

Jangan khawatir, pilihan menu di sini sangat beragam, yang paling khas tentunya adalah hidangan khas Belanda seperti Speculaas Almond, Tampoesjes, Booterstaf, Ontbijtkoek, dan Ananas Geap.

Warung Kopi Purnama

Credit: Detik

Tahukah kamu bahwa di Bandung masih ada warung kopi yang usianya hampir 100 tahun lamanya?

Yup, warung kopi ini sudah ada sejak tahun 1930 dan masih eksis hingga saat ini ditengah menjamurnya warung kopi baru yang lebih kekinian. Uniknya, perabotan yang digunakan pun masih menggunakan furnitur jaman dulu. Warung kopi ini juga tidak hanya menyediakan minuman kopi saja.

Kamu juga bisa memesan roti bakar atau kukus, pisang goreng, sosis, olahan kentang, dan masih banyak lagi kudapan yang lezat. Warung Kopi Purnama terletak di Jalan Alkateri No.22 (Asia Afrika), Braga, Bandung.

Toko Roti Sidodadi

Credit: JurnalPosMedia

Satu lagi toko roti legendaris yang juga sudah hampir berusia 100 tahun lamanya. Toko Roti Sidodadi sudah menjual roti sejak tahun 1954. Toko roti bukanlah toko yang besar seperti toko pada umumnya. Bangunannya cukup sederhana dan kecil.

Namun, resep otentik dari pembuatan rotinya yang lezat masih dipertahankan hingga saat ini, bahkan termasuk kertas kemasan yang digunakan sejak dulu pun masih sama. Toko ini beralamat di Jalan Oto Iskandardinata, No. 255, Bandung.

Toko You

Credit: TribunJabar

Cafe yang sudah ada sejak tahun 1947 ini awalnya bernama Het Snoephoekje. Desain interiornya pun masih dipertahankan hingga saat ini sehingga nuansa klasik akan sangat terasa ketika memasuki ruangan. Toko ini menawarkan berbagai menu makanan dan minuman.

Namun, menu yang paling banyak diburu adalah mi yamin asin atau manis. Selain menu mi, kamu juga memesan hidangan lain seperti nasi goreng, rawon, ayam mentega, dan berbagai varian masakan Chinese Food. Jika tertarik, kamu bisa datang ke Jalan Hasanudin, No.12, Lebakgede, Coblong, Bandung.

Rasa Bakery and Cafe

Credit: WowKeren

Rumah makan legendaris yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1936. Jika kamu datang ke sini, kamu harus mencoba varian es krim yang banyak diminati di sini.

Es krimnya pun dibuat secara homemade dengan cita rasa otentik yang pasti akan membuatmu penasaran. Suasana di dalam tempat ini sangat vintage dan beberapa ornamen atau interior bakal mengingatkanmu dengan khas cafe-cafe di Prancis.

 

 

Paket Wisata di Bandung

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bandung