Trip JakartaKota Jakarta dikenal sebagai kota metropolitan yang hingar bingar. Sepanjang mata memandang yang akan terlihat tentu berbagai macam gedung pencakar langit dengan tinggi yang berbeda-beda. Kebanyakan orang ingin beristirahat dan beralih dari kesibukan kota yang seperti tidak pernah tidur ini walau hanya sebentar.

Tahukah kamu kalau kamu tidak perlu jauh-jauh keluar kota untuk menemukan ketenangan sesaat itu? Kamu hanya perlu sedikit mencari dan akan menemukan berbagai tempat yang bisa membantumu menenangkan pikiran dengan udaranya yang segar dan suasananya yang sejuk.

Mulai dari taman, hingga hutan di tengah kota, ini dia beberapa rekomendasi lokasi unwind di tengah hiruk pikuk kota Jakarta yang tak pernah tidur.

 

 

Urban Forest Cipete

Credit: Travel Kompas

Hutan di tengah kota? Itu bukan hal yang mustahil karena di Jakarta ada sebuah taman yang mengusung konsep taman di tengah kota. Taman yang berlokasi di Jalan RS Fatmawati Raya No. 45, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan ini cocok sebagai lokasi bersantai bersama keluarga.

Untuk mencapai Urban Forest Cipete kamu bisa menggunakan beberapa alternatif kendaraan seperti MRT, KRL, atau Transjakarta. Selain cocok sebagai tempat bersantai keluarga karena memiliki banyak tenant makanan yang memiliki kesan homey karena interior dan eksterior dari kayu.

Kamu bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan di sini. Mulai dari tempat parkir, stop kontak di sepanjang area, akses wifi, bahkan ada playground yang ramah anak dan hewan peliharaan. Berkunjung ke Urban Forest Cipete tidak dipungut biaya masuk alias gratis, tapi tentu saja kamu harus membayar jika ingin menikmati sajian dari tenant-tenant yang tersedia di tempat ini.

Urban Forest Cipete buka mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB setiap hari. Disarankan oleh pengelola agar tidak menggunakan kendaraan pribadi ketika berkunjung ke taman ini untuk mengurangi kemacetan. 

 

Hutan Kota Cipayung

Credit: Hutan Kota Cipayung

Hutan Kota Cipayung merupakan salah satu destinasi wisata hijau yang tersembunyi di antara deretan gedung pencakar langit Jakarta. Berlokasi di Jalan Ali, Kecamatan Cipayung, tepatnya di samping tol Jagorawi. Walaupun dibilang terletak di sebelah jalan tol, tapi aksesnya yang harus melalui gang kecil membuat tempat ini tidak banyak diketahui orang.

Suasananya yang sepi dengan pepohonan rindang, ditambah lokasinya yang berada di dalam gang membuat hutan kota ini terasa seperti hutan rahasia jika anda kunjungi. Kamu juga tidak perlu khawatir kesulitan menemukan tempat ini karena di pintu masuk hutan kota ini anda akan langsung disambut dengan papan kayu bertuliskan “Hutan Kota Cipayung”.

Di Hutan Kota ini, kamu bukan hanya bisa menikmati hijaunya tanaman, tetapi juga bisa merasakan ketenangan alami ditemani suara-suara satwa yang mendiami hutan kota ini. kicauan burung, kerik jangkrik, hingga suara kuakan katak akan membuatmu sesaat melupakan kenyataan kalau sedang berada di tengah kota besar metropolitan.

 

Baca Juga: Inilah 7 Hutan Wisata Bali yang Wajib Kamu Kunjungi

 

Taman Cattleya

Credit: Travel Kompas

Taman Cattleya berlokasi di Jalan Letjen S. Parman, Pemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. Taman ini buka setiap hari mulai pukul 06.30 WIB hingga 17.30 WIB tanpa dikenakan biaya masuk dan biaya parkir alias gratis.

Rata-rata yang datang berkunjung ke taman ini berasal dari kalangan orang tua dan remaja. Kebanyakan yang datang untuk bersantai, ada juga yang datang ke taman ini untuk berolahraga pada pagi hari.

Bukan hanya sebagai tempat bersantai keluarga, tidak jarang taman ini menjadi lokasi acara festival. Meskipun banyak dipakai sebagai acara festival yang mendatangkan banyak orang, taman ini tetap terjaga kebersihan dan kehijauannya sehingga akan selalu cocok bagi kamu yang ingin menghirup segarnya udara alam yang sejuk di tengah hingar bingar perkotaan.

 

Taman Spathodea

Credit: Travel Kompas

Taman Spathodea juga bisa menjadi pilihan lain untuk Anda yang ingin bersantai dengan pemandangan hijau di kanan dan kiri. Taman yang terletak di Gang Kriep No 13, RT. 13/RW. 5, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan ini paling sering dikunjungi ketika akhir pekan karena lokasinya yang terhubung juga dengan perumahan warga.

Taman ini memiliki banyak fasilitas yang bisa kamu nikmati seperti toilet yang terjaga kebersihannya, lintasan lari jika kamu ingin berolahraga, Kolam ikan, tempat bermain anak, dan tempat duduk yang bebas digunakan. 

Selain itu, apalagi hal unik yang dimiliki taman ini adalah memiliki perpustakaan mini berupa lemari buku. Buku yang menjadi koleksi perpustakaan mini ini pun beragam, mulai dari komik, ensiklopedia, hingga ensiklopedia dan bebas dibaca tanpa dipungut biaya per buku, namun jangan lupa dikembalikan ke tempatnya lagi setelah selesai dibaca ya!

 

Taman Langsat

Credit: Travel Kompas

Bersantai, menikmati udara segar, berolahraga, mengambil foto-foto instagramable, semuanya bisa kamu lakukan di Taman Langsat. Taman ini berlokasi Jalan Barito RT. 01/RW. 01, Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan buka setiap hari mulai pukul 06.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Taman ini bisa dibilang sebagai paru-paru kota bagi kawasan Barito. Taman Langsat kerap kali menjadi lokasi foto prewedding atau foto untuk album tahunan. Kamu bisa mencoba berpiknik di kawasan Taman Langsat. Duduk-duduk bersama pasangan atau keluarga sambil menikmati udara segar, kamu bisa sambil mengawasi anak-anak bermain di taman bermain yang tersedia di Taman Langsat.

Taman ini juga memiliki area yang berisi koleksi tanaman, danau teratai, bahkan lapangan tenis. Jadi, bagi kamu pecinta olahraga dengan bola hijau ini bisa mencoba untuk berkunjung ke Taman Langsat.

 

Baca Juga: 8 Tempat Misterius di Dunia, Mulai Hutan Bunuh Diri Hingga Air Terjun Darah

 

Taman Ayodya

Get Lost ID

Taman Ayodya atau yang lebih dikenal dengan nama Taman Barito ini merupakan taman terbaik ke-4 di DKI Jakarta. Taman yang berlokasi di Jalan Lamandau III No 4, RT 4/RW.7, Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini mudah ditemukan dan mudah dijangkau menggunakan transportasi umum.

Taman ini buka setiap hari selama 24 jam. tetapi waktu terbaik bagi kamu yang ingin datang berkunjung adalah ketika pagi dan sore hari ketika matahari tidak bersinar terlalu panas. Atau kamu dapat datang setelah pukul 17.00 WIB karena akan ada banyak pedagang kaki lima yang datang dan menjajakan berbagai jualannya.

Taman Ayodya tidak mematok biaya masuk bagi siapapun yang ingin datang berkunjung. Tapi jika kamu datang menggunakan kendaraan pribadi, kamu harus membayar biaya parkit sebesar Rp2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp5.000,00 untuk mobil.

 

Kawasan Ekowisata Mangrove

Credit: Salsa Wisata

Tempat ini adalah salah satu pilihan populer bagi masyarakat Jakarta untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Letaknya yang berada tidak jauh dari pusat kota membuat Kawasan Ekowisata Mangrove selalu ramai oleh pengunjung yang ingin beristirahat dari kesibukan sehari-hari mereka.

Kawasan Ekowisata Mangrove yang terletak di Kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara ini mematok biaya tiket masuk yang berbeda untuk wisatawan lokal dan turis mancanegara. Untuk wisatawan lokal, orang dewasa dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp30.000,00 sampai dengan Rp35.000,00, dan Rp15.000,00 sampai dengan Rp20.000,00 untuk anak-anak. Sedangkan untuk turis asing akan dikenakan biaya sebesar Rp150.000,00 sampai dengan Rp170.000,00.

Di tempat ini kamu dapat mencoba keseruan berbagai aktivitas air mulai dari speed boat, perahu dayung, sepeda air berbentuk kodok, hingga perahu kano. Selain itu kamu bisa merasakan sensasi menanam mangrove, bahkan kamu bisa berkemah di sini jika kamu mau. Tempat ini juga sangat cocok bagi kamu yang ingin mengisi akun sosial mediamu dengan foto-foto cantik.

Paket Wisata di Jakarta

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Jakarta