Paket Wisata – Bukan hanya wisata alam, Yogyakarta yang juga dikenal sebagai kota pelajar ini juga kaya akan aneka kuliner yang bisa memanjakan lidah. Tentu saja hal ini membuat wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta bukan hanya wajib menelusuri kota ini hingga ke pelosoknya tapi juga wajib mencoba kulinernya yang tersebar di berbagai sudut kota.

Tidak perlu khawatir kalau kulineran di Jogja bakal mengurang kantormu. Selain terkenal dengan kelezatan kulinernya, harganya yang terjangkau juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang dan berlibur ke Kota Jogja. Biar nggak penasaran, simak beberapa rekomendasi yang harus banget masuk list kamu berikut ini.

 

Tengkleng Gajah

Credit: PengusahaSukses

Olahan daging ini tidak seperti namanya. Bukannya terbuat dari daging gajah melainkan daging kambing dengan porsi besar. Karena Porsinya yang besar inilah kuliner ini diberi nama yang sama dengan hewan Berbelalai yang dikenal sangat besar itu.

Makanan yang diolah menggunakan rempah khusus yang khas ini membuat citarasanya tidak perlu diragukan lagi. Ditambah harganya yang ramah di kantong dimana anda hanya perlu merogoh kocek Rp25.000,00 saja anda sudah bisa menikmati kelezatan seporsi Tengkleng gajah ini.

 

Nasi Godhog

Credit: Google Maps/Pak Kethel

Makanan yang dikenal juga dengan sebutan Sego Godhog ini juga adalah salah satu kuliner yang diincar wisatawan. Berasal dari bahasa daerah setempat, sego artinya Nasi dan Godhog itu sendiri artinya direbus. Sehingga dengan kata lain, ini adalah kuliner nasi rebus. Walaupun nasi emmang sewajarnya dimakan setelah direbus atau ditanak, kuliner ini tentu saja tidak sesederhana itu.

menggunakan rempah bumbu halus dan kaldu sebagai bahan kuahnya, kemudian isinya yang beraneka ragam mulai dari telur, ayam suwir, tomat iris, bihun, daun bawang, dan tentu saja bahan utamanya yaitu nasi ini akan membuat anda merasa puas memakannya. Hanya perlu mengeluarkan uang sejumlah Rp12.000,00 saja anda sudah bisa menikmati citarasa unik dan mengenyangkan dari nasi godhog ini.

Baca Juga : 7 Oleh-Oleh Khas Solo, Jendela Keindahan Budaya Jawa

 

Entok Slenget

Credit: EditorID

Entok atau Mentok ini merupakan Bahasa setempat untuk itik, yang merupakan bahan dasar dari masakan ini. Dengan proses memasak yang masih sangat tradisional, Masakan ini dijamin memiliki rasa yang otentik dan jelas akan disajikan dalam keadaan hangat dan segar karena dimasak ketika ada yang memesan.

Cita Rasanya yang pedas cocok sekali dimakan ketika hari hujan yang dingin, Untuk anda yang ragu dengan toleransi pedas anda, tidak perlu khawatir karena di warung Kang Tanir yang terkenal dengan Entok Slengetnya yang luar biasa ini ada beberapa tingkatan pedas yang bisa anda pilih sesuai keinginan. Hanya dengan Rp27.500,00 anda sudah bisa menikmati Entok Slenget yang disertai dengan nasi hangat dan segelas minuman.

 

Wedang Ronde

Credit: Wedang Ronde

minuman hangat di malam yang dingin tentu saja akan terasa sangat nikmat bukan? Cobalah Wedang ronde ini. Minuman dengan sensasi hangat yang bukan hanya datang dari suhu penyajiannya tapi dari bahan yang dipakai ini akan menghangatkan anda di tengah pelukan angin dingin malam hari kota Jogja.

Dimulai Dari Rp5.000,00 anda sudah bisa menikmati minuman hangat yang mengandung air Jahe, bulatan dari tepung yang berisi kacang semanis gula, kolang kaling, dan kacang tanah sangrai. dijamin malam anda di jogja akan terasa hangat sehangat berada di pelukannya (eaaa)

 

Soto Bathok

Credit: PuteraMentari

Bayangkan, dimana anda akan mendapatkan makanan enak hanya dengan Rp6.000,00? Tentu saja jawabannya adalah soto Bathok ini. Tidak seperti soto pada umumnya yang disajikan di dalam mangkuk kaca atau keramik, Soto bathok ini disajikan di dalam mangkuk yang terbuat dari batok kelapa seperti namanya.

Rasanya yang enak dan disajikan dalam keadaan hangat ini bisa menjadi salah satu pilihan comfort food bagi anda yang berkunjung ke Yogyakarta. Bukan hanya rasanya saja yang enak, isi Soto inipun bukannya daging ayam, melainkan berisi daging sapi dengan kuah kaldu gurih dan segar yang berasal dari perasan jeruk nipis ini tentu saja membuat harga perporsinya yang dibawah Rp10.000,00 ini sangat worth it untuk diburu.

 

Itulah beberapa kuliner dengan citarasa nikmat tapi harga ramah di kantong. Tunggu apa lagi? Waktunya berburu kuliner!

Paket Wisata di Yogyakarta

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Yogyakarta