Makanan Khas Denpasar – Bali sebagai destinasi wisata utama di Indonesia tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya dan keunikan budayanya saja. Wisata kuliner di Bali juga tidak kalah menarikya. Banyak pula wisatawan yang berkunjung ke suatu wilayah tidak hanya penasaran dengan tempat wisata yang ada di daerah tersebut.

Banyak pula wisatawan yang justru berburu kuliner khas daerah – daerah tersebut. Pulau Dewata terkenal dengan olahan ayamnya yang lezat. Jika kamu adalah salah satu dari wisatawan yang gemar berburu kuliner, maka kamu wajib mencoba rekomendasi makanan khas di Denpasar berikut ini.

 

Credit: Indozone

Tipat Cantok

Makanan khas denpasar  pertama yang wajib anda icipi adalah Tipat cantok Jika kamu lihat secara sekilas, jenis makanan ini mirip dengan ketroprak khas hidangan Betawi. Di dalamnya terdapat campuran berbagai bahan makanan seperti sayur mayur, tahu, dan berbagai bahan pelengkap lainnya. Setelah itu, dicampur dengan bumbu yang terbuat dari tumbukan kacang dan rempah khas daerah Bali.

Hal ini yang membuat banyak wisatawan mengira bahwa makan ini berasal dari Jawa karena begitu mirip dengan gado-gado. Terlebih lagi makanan ini juga terdapat ketupat. Nama Tipat sendiri berasal dari beras dibuat menjadi ketupat dan kata cantok berasal dari proses pembuatan sambal dengan cara ditumbuk.

 

Credit: PergiKulliner

 

Baca Juga :

Ada Adat yang Unik ! Inilah 3 Desa Adat di Bali Yang Harus Kamu Kunjungi

Ikan Bakar Jimbaran

Olahan ikan ini merupakan salah satu yang terkenal di daerah Bali, terutama Denpasar. Banyak warung makan dari berbagai daerah yang menawarkan makanan khas Bali, pasti salah satunya adalah menu ikan bakar Jimbaran.

Tidak heran jika ikan laut menjadi salah satu khas karena kekayaan alam bahari di pulau ini merupakan salah satu daya tarik utama. Saat kamu berkunjung ke Bali, kamu dapat merasakan kelezatan kuliner ini langsung di pinggir pantai. Ikan bakar ini diolah menggunakan bumbu khas dari daerah setempat.

 

Credit: Pemkot Denpasar

Rumput Laut Serangan

Apakah kamu merupakan salah satu pecinta rumput laut? Jika iya, jangan lewatkan kelezatan olahan rumput laut yang akan banyak kamu dapatkan di berbagai pantai, terutama di Pantai Serangan.

Rumput laut ini biasanya diolah menjadi berbagai macam jenis makanan ringan seperti keripik dan lain sebagai. Sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai oleh-oleh saat kembali ke kota asalmu.

 

Credit: Bukalapak

Krupuk Klejat

Satu lagi makanan khas yang akan banyak kamu temukan di Serangan, Bali. Namanya krupuk klejat, sebuah makanan ringan yang terbuat dari olahan kerang sertra siput laut yang ada di kawasan tersebut.

Pembuatannya pun sebenarnya sederhana di mana masyarakat memanfaatkan kerang yang sudah dikeringkan sehingga kadar garam dalam kerang meningkat. Setelah itu, daging dalam kerang yang kadar airnya sudah berkurang itu dibumbui dengan menggunakan bumbu khusus dan penyedap rasa instan lalu digoreng.

 

Credit: IDNTimes

Kakul Pan Putu

Jika kamu pecinta makanan laut terutama kerang, makanan yang satu ini wajib masuk dalam daftar buruan kulinermu di Bali. Olahan siput ini menjadi ciri khas dari area Ahmad Yani, Denpasa. Kamu bisa menyantap olahan sate, sup, hingga tumis sayur yang menggunakan bahan dasar siput laut ini.

Selain lezat, makanan ini juga memiliki khasiat untuk membuat tekanan darah menjadi lebih rendah. Jadi, aman dikonsumsi bagi kamu yang memiliki tekanan darah tinggi. Tidak perlu khawatir juga bagi kamu yang memiliki kolesterol tinggi karena siput ini aman dan ramah untuk dikonsumsi.

 

Credit: TripAdvisor

Nasi Campur Satria

Tempat makan ini cukup terkenal di kalangan wisatawan Bali. Tidak hanya enak, tempat makan ini juga sudah berdiri sejak 20 tahun yang lalu. Restoran ini sudah memiliki tiga gerai yang berlokasi di Tohpati, kawasan Pantai Kuta, dan area Kargo Permai.

Kamu dapat memilih berbagai pilihan menu yang berbahan dasar daging hingga sayuran. Menu yang tidak boleh kamu lewatkan adalah masakan ayam Bali yang diolah menggunakan bumbu khas yang lezat.

 

Credit: HaluanStyleLife

Ikan Sambal Matah

Menemukan kuliner ikan laut di Bali sangatlah mudah, baik ikan goreng ataupun dibakar. Salah satu rekomendasi restoran yang menjadi favorit wisatawan adalah Restoran Bepasih. Warung makan ini menyediakan ikan panggang yang sudah dibumbui dengan menggunakan resep istimewa yang enak.

Setelah selesai dipanggang, ikan akan disajikan dengan sambal matah khas Bali. Cara mengolahnya pun menggunakan perasan jeruk nipis terlebih dahulu agar tidak terlalu amis. Memanggangnya pun harus menggunakan batok kelapa agar pengasapannya lebih pas dan menghasilkan bakaran yang lebih nikmat.

 

Credit: TICMPU

Srombotan

Makanan ini merupakan salah satu makanan tradisional Bali yang akan sangat sayang jika kamu lewatkan. Kamu bisa mampir ke Pulau Seribu Pura untuk menikmati makanan ini, terutama di Pasar Tradisional Sukawati.

Sekilas memang mirip seperti tipat cantok, namun sambal yang dipakai terbuat dari olahan khusus yang lebih encer dan memiliki cita rasa pedas. Makanan ini biasanya akan disajikan dengan nasi dan makanan lain.

Paket Wisata di Bali

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bali