Trip Karimunjawa – Karimunjawa termasuk sebuah kepulauan kecil di Indonesia yang terletak di Jawa Tengah dekat dengan Kota Jepara. Selain keindahan alamnya, Karimunjawa juga terkenal dengan kulinernya yang khas dengan makanan laut. 

Selain menikmati keindahan alam dan berbagai atraksi di Pulau Karimunjawa, para wisatawan tak ketinggalan menikmati kekayaan kuliner khasnya. Karimunjawa menawarkan beragam kuliner, mulai dari makanan tradisional hingga modern. Bagi yang berencana mengunjungi Karimunjawa, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan kuliner khasnya. Berikut adalah beberapa kuliner khas yang wajib dicoba di Karimunjawa.

Tongseng Cumi Kuah Kari

Tongseng Cumi Kuah Kari

Credit: Phinemo

Karimunjawa dikenal akan hasil laut melimpah dan seafood segar. Lokasinya yang berdekatan dengan pantai dan laut membuat Karimunjawa menjadi tempat yang ideal untuk menikmati kuliner khas seafood. Salah satu hidangan unggulannya adalah cumi yang dipotong-potong dan dimasak dengan kuah kuning bumbu kari.

Masakan ini memiliki keunikan tersendiri, berbeda dari masakan cumi konvensional yang biasa kita temui. Rasanya pun unik dan lezat, menggabungkan tekstur kenyal cumi dengan kuah tongseng yang gurih, manis, dan pedas, menciptakan harmoni cita rasa yang menggugah selera.

Baca Juga: Wisata Karimunjawa: Liburan Romantis Nggak Perlu ke Maldives!

Ikan Bakar Bumbu Srepeh

Ikan Bakar Bumbu Srepeh

Credit: X[dot]com

Karimunjawa juga terkenal dengan kuliner ikan bakar yang enak. Di Karimunjawa, ikan bakar dimasak dengan bumbu srepeh yang memiliki cita rasa pedas gurih, manis, asin yang membuat perpaduan sempurna sehingga setiap orang yang memakan akan ketagihan terus-menerus. 

Hidangan ini dibumbui dengan rempah-rempah yang dibakar yang dapat menggugah selera wisatawan yang mencobanya. Ikan bakar ini menggunakan ikan bakar yang segar yang disajikan dengan nasi putih dan lalapan sayuran.

Pindang Serani

Pindang Serani

Credit: Wisata Karimunjawa

Selain olahan ikan bakar bumbu srepeh, ada juga olahan yang terkenal enak yang memiliki cita rasa gurih dan ikannya yang empuk yaitu pindang serani. Pindang serani disajikan dalam bentuk kuah kuning yang ada potongan timun, daun kemangi, dan belimbing wuluh.

Wangi rempah serta rasa asam manis yang membuat kuliner ini banyak disukai. Selain itu, kuliner ini sangat cocok dinikmati saat musim hujan atau malam hari karena kuah yang segar membuat rasanya menjadi lebih nikmat.

Bakso Ikan Ekor Kuning

Bakso ikan ekor kuning

Credit: Indonesia kaya

Bakso ini sangat terkenal khas daerah Karimunjawa. Ikan ekor kuning merupakan salah satu ekosistem yang banyak dijumpai di Karimunjawa. Salah satu mata pencaharian di Karimunjawa yaitu nelayan, Ikan ini banyak dijumpai dan ditangkap. 

Sehingga banyak pedagang yang menjual ikan ekor kuning, karena itu juga ikan ini dimasak menjadi bakso yang disajikan dengan kuah kaldu yang berbumbu nikmat. Karena ikan ekor kuning ini sendiri pun memiliki daging yang lezat dan cocok dijadikan olahan bakso.

Lontong Krobyok

Lontong Krobyok

Credit: IDN Times

Selain kuliner seafood, lontong krobyok atau juga lontong krubyuk juga menjadi salah satu kuliner khas dan banyak dinikmati oleh wisatawan. Kuliner ini disajikan dengan kuah bakso yang dilengkapi dengan irisan ayam semur, daun seledri, tauge, dan kecap yang membuat cita rasa manis, gurih yang menyatu. 

Menikmati kuliner ini sehabis snorkeling atau beraktivitas lain dapat menyegarkan badan, ditambah dengan pemandangan Pantai yang indah menjadi perpaduan yang cocok saat menikmati kuliner ini.

Ikan Asin Khas Karimunjawa

Ikan asin khas Karimunjawa

Credit: Go Travelly

Ikan asin di Karimunjawa tidak hanya merupakan hidangan umum, tetapi juga sebuah kuliner tradisional yang dipersiapkan dengan cara turun temurun oleh penduduk setempat. Keunikan dari olahan ikan asin ini membuatnya menjadi pilihan oleh-oleh yang tahan lama. 

Dengan cita rasa yang segar, gurih, dan asin, ikan asin sering diaplikasikan dalam berbagai hidangan utama, menarik banyak wisatawan untuk mencobanya. Untuk menikmati ikan asin khas Karimunjawa, wisatawan dapat mencarinya di restoran atau pedagang makanan lokal, baik sebagai sajian utama dengan nasi putih atau sebagai bahan dalam nasi goreng.

Bontosan

Bontosan

Credit: Kaskus

Wisatawan yang berkunjung ke Karimunjawa juga sering melanjutkan perjalanan ke Jepara, yang terkenal dengan beragam kuliner lokalnya. Salah satu yang patut dicoba adalah bontosan, mirip dengan makanan pepes ikan, namun khas karena terbuat dari ikan kerapu atau ikan tenggiri yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung beras.

Kuliner ini memiliki cita rasa gurih bontosan semakin nikmat dengan tambahan saus atau kuah. Kuliner ini dapat dinikmati sebagai makanan ringan atau dijadikan lauk dengan nasi putih.

Bongko Mento

Bongko Mento

Credit: Sonora

Selain bontosan, kuliner khas Jepara yang patut dicoba adalah Bongko Mento. Kuliner ini merupakan makanan ringan yang terbuat dari dada ayam suwir tumis, jamur tiram, bihun, dan santan yang dikemas dalam daun pisang. Pembungkus daun pisang memberikan sentuhan gurih dan nikmat pada cita rasa kuliner ini.

Selain menikmati kuliner khas Karimunjawa dan dua hidangan khas Jepara, masih banyak lagi kuliner di sekitar daerah yang sebaiknya dicicipi oleh para wisatawan. Keberagaman cita rasa dan bumbu yang jarang ditemui di luar daerah tersebut menambah pengalaman kuliner yang berkesan dan memperkaya perjalanan, memberikan kenangan yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung.

Paket Wisata di Karimunjawa

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Karimunjawa
Tour Karimunjawa 4H3M
4 Hari 3 Malam
Karimunjawa
Family Tour Karimunjawa 2 Hari 1 Malam
2 Hari 1 Malam
Karimunjawa
Tour Karimunjawa 3H2M
3 Hari 2 Malam
Karimunjawa