Manfaat Mendaki Gunung Untuk Kesehatan – Ada sebuah kutipan yang mengatakan “mendaki bukanlah soal kamu sudah menaklukkan sebuah gunung. Namun tentang menaklukkan ego, kemampuan dan emosi yang ada dalam diri.”

Saat ini mendaki menjadi kegiatan yang banyak sekali orang ingini. Meskipun banyak orang mengaku merasa capek, kaki bengkak, hingga kedinginan yang mereka rasakan saat proses pendakian.

Tapi rasa lelah dan perjuangan itu hilang, saat sudah mencapai puncak gunung, dengan suguhan pemandangan yang menghapuskannya secara ajaib. Tidak hanya itu, dari sekian penderitaan yang kamu rasakan saat mempersiapkan, hingga perjalanan mendaki gunung, ternyata ada 7 manfaat yang bisa dirasakan tubuh saat mendaki.

Percaya tidak percaya, bukan? Berikut ulasan Manfaat Mendaki Gunung Untuk Kesehatan, simak sampai habis ya.

 

Jantung & Paru-paru Kembali Sehat, Manfaat Mendaki Gunung yang Pertama

Saat kamu mendaki kamu akan merasakan jantungmu berdetak lebih kencang, nafasmu juga akan terasa makin berat. Apalagi kamu yang melakukan pendakian untuk pertama kali.

Memang sedikit kurang nyaman, karena saat itu jantung dan paru-parumu sedang bekerja keras. Tapi, secara perlahan, kegiatan seperti itu akan membentuk kekuatan pada jantung dan paru-parumu.

Jika kamu sering mendaki, resiko terserang serangan jantung dan stroke akan berkurang. Kamu juga akan mendapatkan suplai oksigen, dan peredaran darah yang semakin lancar.

manfaat mendaki gunung untuk kesehatan

 

Memperkuat otot kaki, Manfaat Mendaki Gunung Untuk Kesehatan Otot

Berjalan kaki merupakan hal paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kepadatan tulangmu. Naik turun tangga, dan berjemur di bawah sinar matahari pagi pun juga.

Dan ketiga hal itu akan kamu lakukan, saat kamu melakukan pendakian. Karena saat mendaki, kamu akan menemukan trek naik turun, pun dengan sinar matahari pagi yang kamu dapatkan saat mendaki untuk memburu sinar sang mentari.

Kepadatan tulang ini sendiri bisa mencegah osteoporosis, dan menyenangkannya, kamu bisa melakukan pencegahannya sejak dini.

 

Manfaat Mendaki Gunung Bisa Meningkatkan Daya Ingat

Seorang direktur dari Cooper Venture Development Program, salah satu divisi dari Cooper Aerobic Center di Dallas, Amerika Serikat pernah melakukan penelitian bahwa berolahraga termasuk mendaki ternyata mampu meningkatkan produksi hormon serotonin.

Hormon serotonin sendiri berfungsi sebagai midulator kerja otak untuk menstabilkan emosi dan meningkatkan pemahaman. Sehingga bisa dikatakan bahwa daya ingat otak akan semakin baik jika Kamu mendaki gunung.

manfaat mendaki gunung untuk kesehatan

 

Mendaki Mampu Mengurangi Stress, Manfaat Mendaki Gunung Lainnya

Faktanya, kinerja otak berpengaruh pada tubuh. Jika otak telah penat dan stress, tubuh pun akan melemah.

Menurut penelitian, saat kamu berjalan untuk mendaki dengan durasi yang cukup panjang, akan lebih meningkatkan kadar kebahagiaan kamu dibandingkan dengan melakukan tread mill.

Selain itu, pemandangan indah yang ditawarkan saat kamu melakukan pendakian, akan membantumu untuk menghilangkan segala kepenatan yang kamu dapatkan di pekerjaan.

Meskipun lelah, tetapi perjalanan mendaki gunung akan membuat tubuh dan pikiranmu, menjadi lebih rileks dan santai.

 

Menyembuhkan kanker payudara

Mengutip dari CNN, mendaki gunung merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, khususnya dalam penyembuhan kanker.

Dalam penelitian yang diterbitkan oleh Internasional Journal of Sport and Medicine. Peneliti mengukur stress oksidatif, yang berperan dalam berkembangnya kanker payudara pada wanita, dan kanker prostat pada pria, sebelum dan sesudah hiking.

Hasilnya cukup mengejutkan, karena aktivitas fisik saat mendaki ternyata mampu memulihkan dan mengobati para penderita kanker payudara.

manfaat mendaki gunung untuk kesehatan

 

Meningkatkan stamina

Tubuh manusia diciptakan Tuhan dengan begitu sempurna dan istimewa, ia bekerja semakin baik dan kuat, saat sering digunakan, dengan melakukan kegiatan yang menyehatkan tentunya.

Dengan sering melakukan pendakian, stamina tubuhmu akan semakin bagus. Daya tahan tubuhmu juga akan semakin bagus.

Karena dilatih untuk bertemu dengan suhu gunung yang selalu berubah, dan kadang tidak bisa di prediksi. Membuat daya tahan tubuhmu saat mendaki, selalu berusaha menyesuaikan diri. Dan kemudian menjadi daya tahan tubuh yang semakin kuat.

 

Pendaki Akan Memiliki Kelentukan Kaki Yang Kuat

Sering berjalan kaki adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kaki yang lentur dan kuat.

Mendaki merupakan kegiatan yang menggunakan kaki sebagai tumpuan utama. Meskipun hanya berjalan kaki menyusuri jalur pendakian.

Tapi, dengan berjalan mendaki jalur pendakian ini, kakimu akan menjadi lebih lentur dan kuat.

.

Banyak sekali bukan manfaat mendaki gunung? Jadi, tidak ada salahnya kamu mencoba mendaki gunung saat liburan nanti.

Kapan lagi, kamu bisa menjaga kesehatan dengan cara yang menyenangkan?

Paket Wisata di Bali

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bali