Tour JogjaWisata kuliner tentu menjadi daya tarik sekaligus kebutuhan yang tidak boleh dilewatkan ketika melakukan perjalanan bersama orang-orang terdekat. Salah satunya Kulon Progo yang memiliki banyak tempat kuliner dengan sajian menu lokal khas desa.

Yogyakarta yang terkenal dengan harganya yang murah, tentu menjadi sebuah dorongan bagi wisatawan untuk mencicipi semua menu makanan yang jarang ada selain di kota Jogja. Kulon Progo seringkali menjadi tujuan para pelancong untuk merasakan suasana pedesaan yang asri.

Selain itu, Kulon Progo tidak hanya terkenal akan panorama alamnya yang menawan, namun juga terdapat sajian kuliner lezat dan memanjakan lidah. Berikut ada beberapa tempat wisata kuliner dengan menu lokal yang bisa kalian kunjungi ketika sedang berlibur ke Kulon Progo.

Geblek Menoreh View

Menyelami Kelezatan Kuliner Lokal yang Menyatu dengan Alam Kulon Progo

Credit: Amazing Trip Pedia

Sesuai dengan namanya, tempat makan sekaligus jadi objek wisata ini menyediakan menu yang menjadi ikon utamanya yaitu geblek. Geblek sendiri merupakan makanan khas Kulon Progo yang berbahan dasar dari singkong dan tepung kanji. Selain menu geblek, tempat makan ini juga menyajikan menu lain yang beragam dengan sistem yang tertata seperti angkringan.

Meskipun menu masakannya sederhana, wisatawan lokal maupun luar kota kerap mengunjungi Geblek Menoreh View untuk menikmati hamparan sawah yang menyatu dengan pegunungan menoreh, membuat suasana di tempat ini semakin nyaman untuk melepas penat dari segala aktivitas yang melelahkan.

Lokasi Geblek Menoreh View berada di Pronosutan, Kembang, Nanggulan, Kulon Progo dan dapat ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 1 jam dari pusat kota Jogja. Akses jalan menuju tempat ini juga sudah memadai sehingga mudah untuk dilalui oleh berbagai jenis kendaraan apapun.

Kopi Ampirono

Menyelami Kelezatan Kuliner Lokal yang Menyatu dengan Alam Kulon Progo

Credit: IDN Times Jogja

Kopi Ampirono merupakan tempat nongkrong sekaligus menjadi tujuan objek wisata kuliner yang menyatu dengan alam menoreh. Lokasi wisata ini tepat berada di jalan Pendoworejo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta.

Daya tarik dari Kopi Ampirono ini adalah hamparan sawah yang berbentuk terasering dan sekelilingnya adalah pegunungan menoreh. Selain menjadi spot sarapan maupun makan siang yang lezat, Kopi Ampirono juga menjadi tempat pilihan nongkrong bagi semua kalangan.

Menu yang tersaji di sini tentunya menu masakan rumahan khas desa seperti sayur lodeh, telur dadar, oseng tempe dan masih banyak lagi. Selain menu berat, Kopi Ampirono juga menyediakan berbagai jenis makanan ringan seperti pisang goreng, geblek, sate-satean, jadah tempe dan berbagai jenis kopi sebagai pelengkapnya.

Baca Juga : Rekomendasi 6 Tempat Wisata Alam Kulon Progo Terbaik

Soto Bathok Wulung

kuliner kulon progo

Credit: Java Travel

Ketika sedang mencari spot sarapan maupun makan siang, Soto Bathok Wulung menjadi salah satu pilihan ketika ingin makan makanan berkuah panas dengan porsi yang pas. Lokasi tempat kuliner satu ini berada di Pengasih Kulon Progo atau lebih tepatnya terletak tidak jauh dari UNY kampus Wates.

Fasilitas yang tersedia di sini pun juga sangat lengkap, mulai dari toilet yang bersih, mushola, wastafel untuk cuci tangan, dan pilihan tempat makan baik indoor maupun outdoor. Menu soto di Soto Bathok Wulung ada 2 pilihan daging, yaitu ayam dan sapi. Menu pelengkap lain juga tersedia mulai dari sate-satean, tempe mendoan, perkedel dan tahu bacem.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Sarapan di Jogja, yang Terakhir Terpopuler!

Kopi Ingkar Janji

kuliner kulon progo

Credit: Yawisata[dot]com

Kopi Ingkar Janji merupakan objek wisata sekaligus menjadi tempat nongkrong yang ada di Kulon Progo, Yogyakarta. Spot foto yang instagramable berupa ikon tugu Jogja, serta panorama pegunungan menoreh yang hijau, membuat siapapun yang datang akan terasa betah ketika menikmati sajian menu masakan sederhana.

Menu yang tersaji di sini pun cukup beragam, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat berupa masakan khas desa. Harga di setiap menu yang tersedia juga sangat terjangkau bagi semua kalangan, sehingga kalian bisa mencoba sesuai dengan yang kalian inginkan.

Fasilitas yang ada di Kopi Ingkar Janji juga terbilang sangat lengkap. Ketika kalian berencana datang ke tempat ini, kalian perlu memperhatikan jam bukanya. Waktu terbaik untuk datang kesini yakni pada saat sore menjelang malam hari, karena view yang didapatkan akan jauh lebih berkesan.

Dadap Sumilir

kuliner kulon progo

Credit: GenPI.co JOGJA

Resto ini juga menawarkan sajian menu masakan ndeso sekaligus panorama berupa hamparan sawah dan pegunungan menoreh yang masih asri. Lokasi destinasi wisata ini berada di Jl. Raya Kaligesing, Tileng, Pendoworejo, Girimulyo, Kulon Progo.

Selain menu masakan sederhana, resto ini juga menyediakan variasi menu yang beragam dengan sistem prasmanan maupun paketan. Fasilitas yang lengkap membuat para pengunjung dapat merasakan kenyamanan yang berbalut dengan pemandangan yang mengagumkan.

Harga menu yang ada di resto Dadap Sumilir juga ramah dikantong, sehingga tidak heran jika resto satu ini seringkali menjadi pilihan tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, sahabat, pasangan maupun rekan kerja.