Trip Semarang – Semarang adalah kota yang berada di Jawa Tengah ini menyimpan sejarah panjang yang kaya akan budaya dan peristiwa sejarahnya. Salah satu cara untuk menikmati dan mengingat sejarah di kota ini tentu melalui museum yang ada. Setiap museum tentu memiliki cerita uniknya masing-masing.

Museum yang menyimpan artefak atau dokumentasi sejarah. Kamu akan dibawa untuk berbagai pengalaman unik dari masa lalu. Dari sini kamu akan mendapat identitas dari kota dan menjadi warisan budaya yang menjadi bagian Kota Semarang. Kamu pasti sudah tidak sabar bukan untuk menjelajahi sejarahnya? Yuk jelajahi museum nya.

Museum Kota Lama

Credit: Museum Kota Lama-JoSS

Museum Kota Lama adalah museum yang baru buka beberapa tahun silam. Museum ini menyajikan kekayaan sejarah kota Semarang. Tempat ini menyajikan gambaran tentang bagaimana kota ini berkembang dari masa ke masa.

Konsep yang digunakan seperti mengeksplorasi bangunan bersejarah. Kamu bisa melihat koleksi artefak, gambar, dan dokumentasi jaman dulu. Kamu juga bisa menyaksikan sejarahnya bertumbuh dan berkmebang melalui tontonan yang dilihat saat pertama kali masuk

Karena tempat yang strategis, yaitu di Jl. Cendrawasih No. 1a menjadikan tempat ini ramai dikunjungi. Uniknya disini kamu tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Dan kau akan dipandu untuk menuju ruang ke ruangan dan dijelaskan. Museum ini beda dengan  museum lainnya, karena untuk masuknya melalui aplikasi dan ada sesinya sendiri.

Museum Lawang Sewu

Credit: Museum Lawang Sewu-Heritage KAI

Museum Lawang Sewu adalah ikon arsitektur bersejarah. Museum ini menghadirkan kekayaaan sejarah Kota Semarang pada masa kolonial Belanda. Bangunan yang memiliki arsitektur yang megah menjadi saksi bisu dari peristiwa penting.

Museum ini menyajikan pameran yang menggambarkan kehidupan di masa lalu, dan sejarah kereta. Kamu akan menemui miniatur kereta jaman dulu dan perabotannya. Selain di mesumnya, kamu juga bisa berfoto foto di bagian beberapa spot Lawang Sewu. museum ini berlokasi di Jl. Pemuda No. 160.

Baca Juga: Wisata Murah di Semarang, Cocok saat Kanker (Kantong Kering)

Museum MURI

Credit: Museum MURI-Sonora

Museum Rekor Indonesia atau bisa disebut MURI ini berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan No. 275. Museum yang memiliki konsep unik mengenai sejarah dan prestasi Indonesia. MURI lebih banyak dikenal dengan pusat informasi dan prestasi yang menyimpan catatan rekon atau pencapaian unik di berbagai aspek kehidupan.

Kamu akan disuguhi pameran klasik yang menarik dan mencakup segala hal. Di mulai dari prestasi olahraga hingga budaya. Selain menjadi saksi biku sejarah Kota Semarang, Museum ini juga menjadi salah satu kenang-kenangan prestasi bangsa Indonesia.

Semarang Contemporary Art

Credit: Semarang Contemporary Art-Travelnesia

Semarang Contemporary Art merupakan salah satu museum yang menghadirkan konsep seni. Museum ini memajang karya seniman lokal dan ruang eksplorasi dan apresiasi seni kontemporer. Uniknya disini ada masa pergantian karya, jadi kamu akan disuguhkan karya seni yang berbeda-beda.

Konsep museum ini melibatkan interaksi langsung antara karya seni dan pengunjungnya., karya yang disajikan pun kreatif dan memiliki maknanya senidir. Kamu bisa mengunjungi dengan merenung karya yang ada dan diabadikan untuk kenang-kenangan. 

Ingin mengunjunginya? Museum ini berlokasi di Jalan Taman Srigunting No.5. nah. Kamu juga bisa mengelilingi Kota Lama Semarang loh sehabis dari museum ini. Karena lokasinya yang ada di Kota Lama, kamu juga bisa mengeksplore sekitar.

Museum Jamu Nyonya Meneer

Credit: Museum Jamu Nyonyaa Meneer-MerahPutih

Museum Jamu Nyonya Meneer adalah tempat yang menjadi saksi warisan jamu dan obat-obatan tradisional. Museum ini memberikan kamu wawasan mengenai berkembangnya industri jamu di Semarang dan peran penting wanita dalam mempertahankan tradisi.

Tempatnya berlokasi di Km 4, Gg. Macan I ini memperlihatkan berbagai jenis jamu, bahan tradisional yang digunakan serta kisah sukses Nyonya Meneer. Tempat yang bisa dijadikan untuk memberikan informasi sejarah dan pengunjung untuk menghargai kekayaan alam Indonesia. 

Paket Wisata di Semarang

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Semarang