Wisata Murah  – Kerja atau sekolah pasti membuatmu penat bukan? Ingin healing tapi uang tetap aman? Semarang bisa menjadi salah satu opsi untuk kamu yang ingin healing murah sambil menikmati tempat wisata. Kota yang memiliki beragam keunikan, Semarang merupakan tempat yang menjadi pilihan wisatawan untuk berlibur.

Dari segi tempat wisata yang banyak, kuliner, bahkan cafe yang unik dan instagramable. Berikut 5 rekomendasi tempat wisata murah di Semarang yang wajib kamu ketahui:

 

 

Kota Lama Semarang

Credit: Masyog

Kota Lama Semarang yang menjadi ikon kota merupakan tempat peninggalan Belanda. Mengusung konsep arsitektur kolonial Belanda yang indah, kawasan ini termasuk dalam bangunan bersejarah. Di kawasan ini juga terdapat Gereja Blenduk yang dapat dinikmati view-nya dari luar.

Tempat ini berada di Taman Srigunting, taman yang menjadi jantung kawasan ini. Untuk mengunjungi kawasan ini, kamu hanya perlu membayar tiket parkir karena tidak memerlukan biaya masuk. Kamu bisa mengunjungi Kota Lama Semarang kapan saja karena kawasan ini buka selama 24 jam.

 

Pantai Marina

Credit: Mutiarawick

Pantai adalah tempat yang cocok untuk healing dengan menikmati keindahan alam dan mendengarkan deburan ombak. Kamu bisa melihat kapal-kapal yang berlabuh di tempat ini. Kegiatan yang dapat kamu lakukan juga beragam, dimulai dari bersantai, memancing, maupun menanti sunset.

Pantai bagian utara ini memiliki suasana yang tenang, tepatnya berada di Jalan Taman Marina. Kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 5.000,00 untuk membayar tiket masuk. Bagi kamu yang ingin mengunjungi Pantai Marina bisa datang pada pukul 05.00 WIB hingga 18.00 WIB.

 

Baca juga: Bikin Kangen Tempat Wisata di Semarang Susah Dilupain

 

Museum Mandala Bhakti

Credit: Bacaberita

Museum Mandala Bhakti merupakan museum perjuangan TNI yang dirancang oleh arsitek Belanda, yaitu I. Kuhr E. Dulunya, museum ini digunakan untuk “Raad van Justitie” atau Pengadilan Tinggi bagi orang Eropa.

Museum ini menggambarkan bukti perjuangan rakyat dalam masa peperangan.Tempat yang memiliki dua lantai dengan pondasi batu dinding dari bata berplester ini berada di salah satu ikon Kota Semarang, yaitu Tugu Muda.

Adakah diantara kamu yang kepo dengan perjuangan rakyat? Kamu bisa mengunjungi museum ini. Tempat ini tidak membuat kantong kering, karena kamu tidak perlu membayar tiket masuknya. Kamu bisa mengunjungi Museum ini pada pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

 

Alun-Alun Simpang Lima

Credit: Homecare24

Setiap kota tentu memiliki alun-alun, termasuk Semarang. Alun-Alun Semarang biasa dikenal dengan Alun-Alun Simpang Lima. Tempat ini merupakan sebuah landmark. Kawasan ini menjadi salah satu tempat dengan berbagai macam kegiatan.

Kamu bisa menikmati suasana kawasan ini dengan hanya duduk-duduk atau dengan berkeliling menggunakan sepeda yang disewakan. Bahkan, kamu juga bisa berolahraga. Alun-Alun Semarang merupakan tempat yang cocok untuk kamu pencinta basket.

Kawasan Lamper ini merupakan lokasi dari Simpang Lima yang bisa kamu kunjungi kapan saja tanpa dipungut biaya. Alun-Alun yang menjadi alternatif para muda mudi atau keluarga untuk menikmati quality time.

 

Klenteng Sam Poo Kong

Credit: Nativeindonesia

Sam Poo Kong adalah salah satu tempat bekas persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok. Laksamana tersebut bernama Zheng He atau Cheng Ho. Tempat bersejarah yang memiliki beberapa kompleks bangunan ini memiliki relief ceritanya masing-masing.

Klenteng dengan warna merah megah melambangkan keberanian yang gagah dengan atap agoda berlapis tiga ini mencerminkan khas budaya Asia Timur. Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata bertema ibadah dan tempat ikonik akan sejarah yang kental.

Klenteng Sam Poo Kong terletak di Jalan Simongan Raya. Kamu bisa mengunjungi tempat ini pada pukul 09.00 WIB hingga 20.00 WIB. Untuk menikmati suasana sejarah dengan spot instagramable ini kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 10.000,00 saat weekday dan Rp 20.000,00 saat weekend.

Paket Wisata di Semarang

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Semarang