Negeri Laskar Pelangi terkenal dengan berbagai wisata bahari, berlokasi di Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Negeri Laskar Pelangi ini juga menyimpan objek wisata lain yang tak kalah menarik juga unik untuk kamu jadikan destinasi berlibur. Salah satunya yaitu Museum Kata Andrea Hirata, didirikan pada tahun 2010. Museum ini erat kaitannya dengan film dan novel Laskar Pelangi yang di tulis oleh Andrea Hirata. Untuk kamu yang menyukai seni dan sastra museum kata ini wajib untuk kamu kunjungi.

Teras Museum Kata Andrea Hirata

Teras Museum Kata Andrea Hirata

Museum sastra pertama di Indonesia yang didirikan oleh Andrea Hirata ini berlokasi di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Desa Gentong, Pulau Belitung yang tidak jauh dengan lokasi SD Laskar Pelangi. Museum ini buka setiap hari untuk umum mulai pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB. Museum ini berisikan lebih dari 200 literature dari berbagai macam jenisnya. Mulai dari literature anak, literature film, literature seni, literature musik dan masih banyak lagi.

Ada banyak kata inspiratif bertebaran di tembok-tembok museum ini yang bisa menjadikan kamu semangat dalam mengejar cita-cita kamu. Kemudian kamu dapat melihat pintu-pintu dan jendela- jendela yang di cat berwarna-warni seperti pelangi di museum ini menjadikannya sangat unik dan patut kamu kunjungi. Selain itu apa saja yang ada di museum ini sampai membuat kamu harus mengunjunginya?

Dokumentasi Film Laskar Pelangi yang Nyata di dalam Museum Kata

Dokumentasi Film Laskar Pelangi di Museum Kata

Dokumentasi Film Laskar Pelangi di Museum Kata

Berbagai foto adegan film Laskar Pelangi terpampang banyak di museum ini, selain itu ada ruangan khusus yang diberi nama dari para tokoh Laskar Pelangi, ruangan ini di tata sedemikian rupa dengan perlengkapan nyata dan menggambarkan dari karakteristik khas tokoh.

  1. Ruang Ikal

Ruang Ikal terdapat meja dan kursi dimana Ikal biasa menulis surat. Disini kamu juga dapat melihat banyak sekali cuplikan novel yang membahas tentang karakter utama ini. Bahkan, di sudut ruangan terpampang foto adegan ikal yang berpisah dengan sahabatnya, Lintang.

  1. Ruang Lintang

Tidak jauh dari ruang Ikal kamu akan menemukan ruang kedua dengan tokoh nama Lintang, tokoh yang digambarkan mempunyai kecerdasan yang luar biasa di dalam film Laskar Pelangi ini menghiasi pajangan di dinding dalam ruangan. Kamu juga bisa melihat sepeda kesayangan Lintang yang di pakai dalam film Laskar Pelangi.

  1. Ruang Mahar

Ruangan terakhir dengan nama tokoh dalam film Laskar Pelangi yang ada dalam museum ini adalah Ruang Mahar. Sosok yang dikenal nyentrik dalam film Laskar Pelangi ini memang menarik perhatian tersendiri dari penonton. Disini kamu dapat menemukan foto-foto hingga lukisan dari para seniman lokal yang menjadi idola Mahar terutama Rhoma Irama.

Kopi Kuli, Berkirim Surat sambil Ngopi

Hal unik selanjutnya yang menjadi alasan kenapa kamu harus mengunjungi museum ini adalah Kopi Kuli, tempat dimana kamu bisa berkirim surat atau kartu pos sambil ngopi. Tempat ini menyediakan makanan ringan lokal dan kopi khas, bahkan Andrea Hirata sendiri menjamin bahwa kopi yang ada di sini adalah kopi terenak di dunia. Untuk menulis pesan dan mengirim surat sendiri bisa kamu lakukan dengan dikenakan biaya bervariasi tergantung jauh atau dekat daerah yang menjadi tujuan pengiriman. Tenang saja jika kamu ingin mengirim surat ke luar negeri karena pengiriman pos di sini juga bisa ke mancanegara.

Kedai Kupi Kuli di Museum Kata

Kedai Kupi Kuli

Bagaimana? Sangat menarik untuk menjadi destinasi wisata liburan akhir tahun kamu kan? Lokasinya yang mudah dicari juga sangat mendukung untuk kamu jadikan destinasi liburan akhir tahun tanpa ribet, atau jika kamu ingin lebih praktis lagi sekarang sudah banyak tour agent yang menawarkan liburan dengan destinasi ke pulau Belitung, bisa kamu coba lihat paket penawarannya, siapa tahu museum kata ini termasuk. Selamat mengenang cerita di museum kata!

Jangan lupa untuk mengkonsultasikan liburan ke Negeri Laskar Pelangi, Belitung bersama Tim Labiru Tour dan rasakan Liburan Seru bareng Labiru. Hubungi segera tim Tour Advisor kami dengan menghubungi WA / Telp di 0813-2689-4433.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda